Review Smartphone Android: ZTE Blade A711

Author
Irham
Reading time:
January 7, 2016

Sensor Fingerprint mungkin masih menjadi satu fitur yang belum banyak diterapkan pada smartphone-smartphone saat ini, terutama untuk kategori smartphone kelas menengah kebawah. Biasanya ini masih menjadi fitur premium yang juga disematkan pada smartphone-smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S6, Sony Xperia Z5, dan juga iPhone 6.

10

Namun smartphone yang satu ini tergolong smartphone dengan harga yang paling terjangkau untuk menawarkan fitur anyar tersebut. Blade A711 yang diluncurkan ZTE beberapa waktu lalu telah hadir dengan sensor fingerprint, dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu 2 jutaan rupiah.

Kali ini kami berkesempatan menguji kemampuan dari smartphone ZTE Blade A711. Seperti apa kemampuan smartphone ini, bisa anda simak di review berikut ini.

Desain & Spesifkasi

ZTE Blade A711 memiliki desain yang terbilang minimalis dengan ukuran layar besar 5,5 inci dan ketebalan body yang cukup ramping. Tidak ada yang terlihat istimewa jika dilihat dari kontur body yang dihadirkan, tampak familiar dengan beberapa smartphone lainnya seperti Huawei ataupun Oppo. Namun ZTE cukup fokus dengan bahan material yang digunakan sebagai pembungkus smartphone, dimana perangkat ini berbalut bahan Aluminium Alloy. Sehingga menjadikan bobot perangkat ringan, tapi cukup kokoh. Sayangnya tekstur luar perangkat licin, terutama permukaan pada bagian belakang. Meski sangat halus, kesan dalam genggaman sedikit kurang memuaskan, beresiko terjatuh karena terlalu licin. Mungkin perlu casing tambahan agar lebih nyaman dipegang

2

Tampak depan

Dimensi perangkat memiliki ukuran presisi yaitu 155,3 x 77,2 dengan ketebalan 8,6 mm. Bobot perangkat cukup ringan yaitu 160 gram. Varian warna metalic yang dihadirkan oleh Blade A711 juga membuat tampilan smartphone cukup berkelas. Logo ZTE tertera dibagian belakang, sementara pada bagian depan tidak ada logo apapun. Lapisan cat tampaknya tidak cukup aman dari goresan, sehingga anda perlu sedikit berhati-hati saat meletakannya di saku tas anda.

9

Tampak belakang

Tombol-tombol terletak disisi sebelah kanan perangkat, baik tombol volume maupun tombol power. Fingerprint yang merupakan salah satu keunggulan ZTE Blade A11 diletakan dibagian belakang perangkat, tepatnya dibawah sensor kamera 3 MP. Fingerprint pada posisi tersebut lebih nyaman dijangkau oleh jari telunjuk pengguna saat mengoperasikannya.  Tombol kapasitif yaitu menu, home screen, dan back ditampilkan secara unik dan cukup berbeda dengan yang ada di smartphone Android kebanyakan.

4

Tombol power dan Volume

Speaker terletak dibagian belakang perangkat. Terdapat satu buah speaker yang berada di bawah logo ZTE. Speaker ini menghasilkan suara yang cukup keras dan powerfull, namun lebih terkesan treble.

ZTE Blade A711 memiliki lubang sport MicroUSB untuk konektivitas dan pengisian daya terletak di bagian bawah perangkat, sedangkan slot jack 3,5 mm untuk earphone dibagian atas.

3 5

Slot microUSB dan lubang jack

__

ZTE Blade A711 juga telah dibekali dengan SoC yang mumpuni yaitu Qualcomm Snapdragon 615 yaitu octa-core 64-bit dengan clockspeed 1,5 GHz dan GPU Adreno 405/550MHz. Untuk memori  ZTE Blade A711 memiliki RAM 2GB dengan memori internal sebesar 16 GB.  Kapasitasnya storage bisa diperluas menggunakan microSD hingga 128 GB. Namun karena perngkat ini memiliki slot SIM Hybrid, maka anda harus mengorbankan salah satu SIM Card jika ingin memasang MicroSD.

CPU-Z

CPU-z

ZTE Blade A711 memiliki ukuran layar 5,5 inci beresolusi  1.920 x 1.080 piksel dengan menggunakan teknologi panel IPS. Sedangkan kamera ZTE Blade A711 memiliki sensor 13 MP untuk bagian belakang dan sensor 5MP untuk bagian depan. Manajemen daya pada perangkat dibekali dengan baterai yang cukup besar, yaitu 3000mAh. Ini tentunya telah cukup untuk mengakomodir perangkat yang memiliki layar 5,5 inci.

Blade A711  tentunya sudah diperkenalkan sebagai smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE. Secara spesifikasi, perangkat ini memiliki dukungan untuk dua slot SIM-Card hybrid, dengan type nano SIM. SIM 1 mendukung konektivitas 4G sementara slot lainnya untuk konektivitas untuk SIM 3G/GSM.

15

Slot nano & MicroSD (Hybrid) 

Di dalam Box Blade A711 menyematkan pula dengan beberapa unit tambahan seperti aksesoris Adapter Charger & Kabel USB, buku panduan, serta buku garansi.Sayangnya pada sampel produk yang kami terima tidak dilengkapi dengan headset. Entah apakah pada paket penjulan resminya dilengkapi dengan aksesoris yang cukup penting tersebut.

11 12 13

Paket penjualan

Sistem Operasi /Software UI

ZTE Blade A711 berjalan  menggunakan operasi sistem operasi Android Lollipop 5.1.1. Adapun UI yang digunakan yakni Nubia UI 3.0.1 yang merupakan user interface khas milik ZTE. UI ini tampaknya memberikan proses yang mulus pada perangkat, sehingga terasa ringan dan lancar saat dioperasikan bahkan dari boot awal. Semua ikon aplikasi ditampilkan di menu awal, tidak menggunakan drawer dengan desain yang terbilang simpel.

home about-phone

OS dan tampilan UI

Pada aplikasi kamera, terdapat beberapa fitur unik seperti smile shuter dan juga fingerprint shutter untuk memudahkan pengguna mengambil gambar. Selain itu sistem keamanan seperti screenlock bisa menggunakan verifikasi fingerprint. Untuk mengaktifkan screenlock fingerprint, pengguna bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan.

menu-kamera

Menu aplikasi kamera

Pertama-tama anda perlu memasukan sampel sidik jari anda dengan beberapa kali menyentuh sensor pemindai. Setelah terekam, fitur ini sudah dapat anda gunakan. Fingerprint juga bisa anda gunakan sebagai shortcut launch aplikasi. Anda bisa merekam jari lain selain yang anda gunakan di awal, yang nantinya dapat anda pilih aplikasi mana yang akan dibuka saat anda menyentuh sensor pemindai dengan jari tertentu. Misalnya telunjuk untuk membuka layar, jari tengah untuk membuka aplikasi kamera, jari manis untuk membuka email dan seterunya.

7

Sensor fingerprint

fingerprint1  fingerprint2

Pengaturan fingerprint

Layar

16

Bermain games Asphalt 8

Dilengkapi dengan layar 5,5 inci Full HD 1.920 x 1.080 dengan teknologi IPS. Tampilan layar kaya akan warna dan dengan tingkat kecerahan yang cukup maksimal. Baik saat berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Semua konten masih dapat dipandang dengan jelas.  Grafis dengan kepadatan piksel 401ppi memberikan kesan halus, asyik untuk menikmati konten video maupun games.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…