Test Perbandingan 13 VGA NVIDIA GeForce GTX 950

Reading time:
February 18, 2016

Konsumsi Daya

Metode pengujian: Pengukuran konsumsi daya dilakukan dengan menggunakan alat “wattmeter”. Pengukuran konsumsi daya pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat daya tertinggi yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat konsumsi daya setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan_Power_Load_F Tes_Perbandingan_Power_Idle_F

Untuk konsumsi daya, apakah hal ini sejalan dengan performanya? Ya, perumpamaan itu terjadi pada Zotac GTX 950 aMP! Edition. Performanya kencang dari Zotac GTX 950 aMP! Edition harus dibayar dengan konsumsi daya yang tinggi, mencapai 196 Watt. Di posisi kedua tertinggi diduduki oleh Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dengan mengkonsumsi daya listrik sebesar 174 Watt saat full-load. Peringkat ketiga tertinggi pada pengujian ini diduduki oleh graphic card Gigabyte GTX 950 WindForce. Hasil ini cukup mengejutkan mengingat graphic card yang terakhir ini memiliki base clock dan Turbo boost clock yang tak setinggi dua graphic card di atasnya.

Pada saat idle, konsumsi daya peserta test perbandingan kali ini cukup bervariasi, berada di rentang 35-48 Watt. Ada dua graphic card yang cukup menonjol pada kondisi idle ini. Graphic card tersebut adalah Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dan Zotac GTX 950 OC yang memiliki idle tertinggi dalam pengujian ini dengan 48 watt. Sedangkan Colorful iGame950-205 Ymir-U menjadi yang terendah konsumsi daya saat idle, di angka 35 Watt.

Suhu Operasi

Metode pengujian: Pengukuran temperatur graphics card dilakukan dengan menggunakan aplikasi GPU-Z. Pengukuran temperatur pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat temperatur tertinggi yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat temperatur terendah setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows. Pengukuran dilakukan dengan suhu ruangan berkisar 26-27 °C.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan__GTX950_Suhu_Max_F Tes_Perbandingan__GTX950_Suhu_Idle_F

Untuk urusan suhu kerja, Gigabyte berhasil mendominasi pengujian ini. Di saat Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dengan sistem pendinign WindForce-nya mampu mengungguli pesaing-pesaingnya dengan mencatatkan suhu kerja maksimal saat full-load di angka 60 °C, Gigabyte GTX 950 OC dan Gigabyte GTX 950 WindForce mampu unggul dalam kondisi idle. Sedangkan untuk suhu kerja maksimal saat full-load di raih dua graphic card, yaitu MSI GTX 950 2GD5T dan Digital Alliance GTX 950 StormX Dual. Dari grafik ini juga kita bisa buktikan jika graphic card yang hanya menggunakan sistem pendingin dengan heatsink alumunium sederhana tanpa heatpipe akan mendapatkan suhu kerja maksimal yang tinggi meskipun base clock-nya bukanlah yang tertinggi.

Tingkat Kebisingan

Metode pengujian: Pengukuran tingkat kebisingan graphics card dilakukan dengan menggunakan db Meter yang diletakan 30 cm dari sebelah kanan casing. Pengukuran ini diukur pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat suara yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat suara terendeh yang dihasilkan sistem pengujian setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows. Pengukuran dilakukan di ruangan dengan kondisi suara  32-33 db.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan__GTX950_Sound_Max_F Tes_Perbandingan__GTX950_Sound_Idle_F

Untuk urusan tingkat kebisingan yang dihasilkan,  MSI GTX 950 2GD5T dengan sistem pendingin Armor X2 yang disandingkan dengan kipas Propeller Blade menjadi yang terbising saat graphic card dalam keadaan full-load. Memang graphic card ini mampu menjaga tingkat kebisingannya di angka 34,9 db saat idle, namun saat dalam kondisi full-load, putaran kipas dengan Propeller Blade tersebut menghadirkan suaranya yang cukup kencang. Sedangkan graphic card paling hening di antara ke-13 peserta adalah Zotac GTX 950 OC.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

June 14, 2021 - 0

Review HP Envy x360 13-bd0062TU: Laptop 2-in-1 EVO Kelas Premium yang Relatif Terjangkau

Harga, Paket Penjualan dan Garansi HP Envy x360 13-bd0062TU dibanderol…
June 10, 2021 - 0

Review Acer Aspire 5 Ryzen 5000: Laptop Kencang yang Mudah Di-Upgrade

Gaming Test Pengujian Gaming langsung saja kami lakukan pada konfigurasi…
June 9, 2021 - 0

Review HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU): Laptop 2-in-1 Unik, Harga Bersahabat!

Berbekal Intel Core i3 Gen 11th dan layar sentuh plus…
June 3, 2021 - 0

Review Lenovo Ideapad Gaming 3 N1ID: Kencang Buat Gaming dan Edit Video, Cuma Rp 11 Jutaan

Harga, Varian dan Paket Penjualan Untuk perangkat laptop Lenovo Ideapad…

Gaming

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
June 17, 2021 - 0

Nomura Bagi Detail Baru Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

CHAOS! CHAOS! dan CHAOS!, pengumuman yang dijadikan Square Enix sebagai…
June 17, 2021 - 0

Spekulasi Abandoned  Merupakan Game Silent Hill Baru Menguat!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan kasus game…