Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Author
Irham
Reading time:
March 29, 2016

Setelah mengulas produk entry level terbaru dari Xiaomi yaitu Redmi 3, berikutnya kami bekesempatan mereview produk Redmi Note 3 Pro. Produk ini terbilang sebagai smartphone di kelas menengah, dimana spesifikasi yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Berbeda dengan versi standarnya yang menggunakan SoC MediaTek  Helio X10, Redmi Note 3 Pro membawa SoC seri terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 650. Tentunya membuat kita cukup penasaran, seperti apa performa dari SoC tersebut, mengingat ini menjadi handset pertama dengan SoC Snapdragon 650 yang kami uji.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (1)

 

Disamping itu, Redmi Note 3 Pro juga memiliki resolusi kamera yang lebih besar yaitu 16 MP di bagian belakang. Tapi apakah perubahan tersebut juga membawa peningkatan yang signifikan? Untuk lebih jelasnya, kita simak ulasannya berikut ini.

Desain

Xiaomi tampaknya sengaja mentransformasikan semua desain dari seri Redmi-nya menjadi desain unibody dengan material metal. Setelah mengulas Redmi 3 yang tampil lebih elegan dengan balutan metal, kini hal yang sama kita temui pada Redmi Note 3 ataupun Redmi Note 3 Pro.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (2)

 

 

Redmi Note 3 Pro juga dibalut dengan material metal unibody, dengan ukuran dimensi 150 x 76 mm, dengan ketebalan 8.7 mm. Berbeda dengan Redmi 3, Redmi Note 3 Pro hanya memiliki tampilan aluminium body yang polos secara keselurahan  tanpa ada pola garis kotak-kotak di bagian belakangnya. Ini membuat Redmi Note 3 Pro secara tampilan tampak tidak impresif, kurang memiliki keunikan dibandingkan dengan smartphone berdesain metal unibody yang lain. Berbeda dengan Redmi 3 yang cukup mencolok dengan pola kotak-kotak-nya. Untuk unit yang kami uji adalah varian berwarna gold.

 

Secara ergonomis, Redmi Note 3 Pro tetap nyaman dalam genggaman. Dengan ukuran layarnya yang lebar yaitu 5,5 inci, Redmi Note 3 Pro memiliki screen-to-body ratio sebesar 72% dan bobot 164g. Tidak begitu besar dan berat, hanya saja agak sedikit licin dalam genggaman. Akan lebih baik jika pengguna menggunakan aksesoris cover tambahan.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (5) Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (4)

Berada tepat di bawah kamera utama 16 MP yang dilengkapi dengan lampu flash dual-tone, terdapat sensor fingerprint scanner. Gril speaker membentang di bagian belakang berada di bawah logo Mi.

 

 

Tombol power dan volume terletak di sebelah kanan perangkat. Sementara untuk  slot SIMCard/Micro SD di letakan di sebelah kiri. Slot MicroUSB berada dibagian bawah, dan lubang jack berukuran 3,5 mm berada di bagian atas. Terdapat pula sensor remote Infra Red, yang berfungsi untuk kontrol  berbagai alat elektronik rumah seperti AC, TV dan lain-lain. Sayangnya Xiaomi tidak membekalinya dengan aplikasi peramban untuk fitur tersebut, sehingga pengguna perlu mengunduh aplikasi remote terlebih dahulu di Playstore.

 

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (6) Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (3)

 

Spesifikasi

Redmi Note 3 Pro dibekali dengan layar berukuran 5,5  inci dengan panel IPS beresolusi full HD 1080 x 1920p. Berbeda dari versi standar Redmi Note 3 yang menggunakan SoC MediaTek Helio X10, SoC yang digunakan disini adalah yang produk terbaru dari seri Snapdragon 600 Qualcomm, yaitu Snapdragon 650. SoC ini memiliki 6 inti prosesor, yaitu prosesor Quad-Core 1.4 Ghz Cortex A-53 dan Dual-Core 1,8 Ghz Cortex-A72 serta GPU Adreno 510. Tentu saja jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone kelas menengah yang masih menggunakan SoC Snapdragon 615, Snapdragon 650 punya performa yang jauh lebih berkelas. Bahkan kemampuannya telah bersaing dengan SoC premium lawas. Seperti apakah kemampuannya? Akan kita bahas di uji performance.

CPU-Z-redmi-note-3

Memorinya dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB dan ROM dengan kapasitas 32 GB. Ekspansi memori tambahan tersedia melalui slot MicroSD yang tersedia secara hybrid dengan dual slot SIM-Card.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (9) Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (8)

 

Urusan kamera, Redmi Note 3 Pro memiliki resolusi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Redmi 3 atau Redmi Note 3 standard, yaitu dengan 16 MP di bagian belakang lengkap dengan dual-tone LED Flash dan Phase Detection Auto Focus, serta kamera depan berukuran 5 MP.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (10)

 

Redmi Note 3 Pro menggunakan baterai non-removable berkapasitas 4000mAh . Fitur unggulan lain yang terdapat pada Redmi Note 3 Pro adalah sensor fingerprint scanner yang terletak di bagian belakang, serta sensor remote Infra Red yang berada di bagian atas. Soal sensor tak perlu khawatir, karena Redmi Note 3 Pro sudah dilengkapi dengan berbagai sensor mulai dari Accelerometer, ambience light, GPS, hingga gyroscope.

Untuk paket penjualannya Redmi Note 3 Pro dibekali dengan aksesori charger, kabel USB dan buku panduan.

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro-(20)

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…