Review Andromax R2 (Bundling Smartfren)

Author
Irham
Reading time:
April 24, 2016

Andromax R2 merupakan handset 4G terbaru yang diluncurkan oleh Smartfren. Dimana perangkat ini menjadi handset pertama yang mendukung teknologi VoLTE di tanah air. Produk ini merupakan perangkat yang diproduksi oleh OEM Hisense dan dikategorikan sebagai smartphone yang cukup terjangkau.

Harga yang terjangkau tak mengurangi kualitas produk. Andromax R2 jauh dari kesan ‘murahan’ jika dilihat dari desain dan spesifikasi yang dihadirkan. Nampaknya Smartfren juga tetap mengutamakan kepuasaan pengguna Andromax untuk menikmati smartphone dalam genggaman. Ditawarkan secara bundling dengan paket perdana 4G dari smartfren tentunya memberikan daya pikat tersendiri bagi Andromax R2.

Namun apakah perangkat ini memang cukup memuaskan untuk penggunanya, untuk mengetahui lebih lanjut tentunya telah kami bahas di review berikut ini.

Desain

Meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun Andromax R2 memiliki desain yang cukup keren untuk smartphone sekelasnya. Dikemas dengan material berbahan metal sebagai rangka, Andromax R2 juga tampil dengan desain unibody yang cukup elegan. Sekilas, perangkat ini terlihat mempunyai kemiripan desain dengan iPhone 4 namun dengan ukuran layar yang lebih besar serta dimensi yang lebih tipis

Andromax-R2-3.

Cover bagian belakang memiliki tampilan bergaris diagonal dengan permukaan yang licin dan rata tanpa lengkungan. Meski demikian, perangat ini tetap nyaman digenggam karena perangkat ini memiliki ukuran yang terasa pas dalam genggaman. Kesan glass di bagian belakang cukup nyaman dilihat, sehingga Andromax R2 sama sekali tidak tampak seperti smartphone murahan meski harganya memang terjangkau.

Andromax-R2-2

Andromax R2 juga memiliki kemiripan dengan Hisense Pureshot. Bahkan jika dibandingkan Hisense Pureshot, Andromax R2 tampak lebih kokoh. Tentunya ini juga berkat kerangka dengan material stainless yang diusungnya, yang juga membuat Andromax R2 jadi lebih terlihat menawan. Selain logo 4G dan juga Andromax di bagian belakang, terdapat pula logo Hisense yang menandakan produsen smartphone tersebut.

Andromax-R2-4 Andromax-R2-5

Tombol power diletakan di sebelah sisi kiri perangkat, juga dengan desain tombol berbahan metal. Sementar untuk tombol volume terletak dibagian kiri perangkat. Selain itu di sisi kanan dan atas dan bawah terdapat strip hitam, yang biasanya berfungsi sebagai antena. Entah apakah ini hanya untuk mempercantik desain atau memang sebagai jalur antena reciever. Grill speaker berada di bagian bawa nampak sangat mirip dengan desain grill speaker pada iPhone.

Andromax-R2-6 Andromax-R2-7

Slot SIM Card terletak di sebelah kanan perangkat dengan tipe SIM berukuran Micro. Slot SIM 1 mendukung jaringan 4G dan slot SIM 2 memiliki dukungan 3G/GSM. Sementara di bagian kiri terdapat slot MicroSD card, apabila pengguna ingin menambahkan ruang penyimpanan. Slot microUSB berada dibagian bawah. Sedangkan slot jack 3,5mm berada dibagian atas.

Andromax-R2-9 Andromax-R2-10

Spesifikasi

Spesifikasi yang ditawarkan Andromax R2 ini bisa dibilang cukup menarik jika melihat harga yang ditawarkan. Andromax R2 menggunakan layar IPS  berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720×1280, yang dilapisi dengan pelidung layar Dragontrail Glass. SoC yang digunakan yaitu Snapdragon 415 (Octa-Core 1.4 GHz Cortex A53, Adreno 405), dengan RAM berkapasitas 2 GB dan internal memori 16 GB.

CPU-Z-Andromax-R2

Untuk kamera, Andromax R2 dibekali dengan sensor berukuran 13 MP dibagian belakang lengkap dengan LED flash Dual-Tone dan teknologi BSI. Sementara untuk kamera depan dilengkapi dengan sensor kamera berukuran 5 MP yang juga dilengkapi dengan lampu flash.

Andromax R2 memiliki baterai non-removable Li-Po dengan kapasitas 2320mAh. Tidak begitu besar, yang kemungkinan juga disesuaikan dengan kapasitas ruang pada perangkat dengan dimensi cukup tipis ini.

Sensor pada Andromax R2 juga terbilang cukup lengkap mukai dari Acceleration, Proximity, Compas, Ambience Light hingga Gyro telah tersedia di perangkat yang satu ini. Menikmati konten seperti video 360 derajat atau game VR juga sudah bisa anda putar menggunakan smartphone ini.

Perubahan juga terlihat dari UI yang tak lagi tampak seperti yang digunakan smartfren pada beberapa produk smartphone mereka sebelumnya. UI baru pada  Andromax R2  ini lebih simpel dan tampak mirip dengan OS Cynogen. Terasa transisi yang cepat dan ringan saat digunakan, apalagi setelah melakukan update system OTA menjadikannya kian optimal. Cukup banyak aplikasi pre-install yang terpasang, antara lain seperti Smartcloud, Smartplay, Smartworld, SmartBOX, Smart Music, Smart Shield, Smartfren Appstore, dan lain-lain.

Andromax-R2-11

Di dalam paket penjualannya, Andromax R2 memiliki beberapa kelengkapan diantaranya adaptor charger, kabel USB, headset, buku panduan, serta kartu garansi. Tentunya juga dilengkapi dengan kartu perdana 4G LTE dari smartfren sebagai paket bundling yang tersedia.

Load Comments

Gadget

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Laptop

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Gaming

January 14, 2021 - 0

Pokemon Snap Switch Meluncur April 2021

Pokemon adalah salah satu franchise terpopuler dan terbesar dunia, dimana…
January 14, 2021 - 0

Gamer Habiskan Total 31,3 Miliar Jam Waktu Bermain di Steam Sepanjang 2020

Jika ada satu industri yang meraih keuntungan besar dari situasi…
January 14, 2021 - 0

EA Akan Tetap Ikut Tangani Game Star Wars

Mengejutkan adalah kata yang tepat untuk menjelaskan berita yang keluar…
January 14, 2021 - 0

Demo Game Indonesia – BIWAR: The Legend of Dragon Slayer Kini Tersedia!

Menjadi salah satu game racikan lokal yang cukup diantisipasi, banyak…