Computex 2016 Booth Raid: Genius

Author
David Novan
Reading time:
June 1, 2016

Genius adalah nama yang tentunya tidak asing lagi di telinga pengguna PC di tanah air. Bukan hanya produsen ini memiliki beragam produk peripheral untuk hampir semua kebutuhan, harga yang ditawarkannya juga sangat terjangkau. Pada Computex 2016, Genius menempati booth L609a Taipei Nangang Exhibition Center, Hall 1. Ukuran yang besar dari booth Genius ternyata menyimpan beberapa peripheral menarik yang perlu Anda ketahui.

Genius Pen

Periferal pertama yang kami temui pada booth Genius ini adalah jajaran pen bernama Genius Pen. Pen yang berguna untuk menulis atau menggambar di permukaan tablet dan smartphone ini ternyata memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Pertama, pen tersebut dirancang sangat mirip seperti pena biasa. Jadi, bila Anda sudah terbiasa menggunakan pensil atau pena untuk menulis di kertas, maka Genius Pen akan terasa sangat familiar.

Genius Pen dengan bentuk menyerupai pena yang familiar
Genius Pen dengan bentuk menyerupai pena yang familiar

 

Ketika kami menanyakan mengenai kelebihan dari pen ini, ternyata ia dapat digunakan di banyak perangkat, seperti Sketchbook, Astropad, Photoshop Sketch, Zen Brush, Concepts, Procreate, dan masih banyak lagi. Ujung dari Genius Pen juga dibuat kecil, hanya berdiameter 1,8 mm untuk memastikan garis yang tegas. Sedangkan untuk pilihan warnanya, pada saat kami berada di sana baru tersedia tiga pilihan, yaitu gold, metallic grey, dan silver grey.

Tersedia tiga pilihan warna
Tersedia tiga pilihan warna

 

Genius Pen di-charge menggunakan mini USB
Genius Pen di-charge menggunakan mini USB

 

Untuk mendukung gerakan hijau yang dicanangkan oleh Genius, pen ini menggunakan sumber daya yang bisa diisi ulang menggunakan mini USB, serta dapat bertahan hingga 3 bulan. Sedangkan untuk penggunaan biasa, pen ini dapat digunakan selama 1,5 bulan dengan waktu charge 2 hingga 3 jam. Pen ini rencananya akan diproduksi massal pada awal Juli 2016. Sebagai tambahan, pen tersebut juga akan dibuat versi anak-anaknya, dengan bentuk yang lebih manis.

Ujung pen dibuat kecil
Ujung pen dibuat kecil

 

Sebagai pendukung dari Genius Pen, tersedia pula Genius Book. Aplikasi tersebut masih dalam pengembangan, dengan fungsi untuk membantu penggunanya men-share apa yang ditulis di sana. Penerapan aplikasi yang kami temui di booth Genius adalah untuk buku menghitung anak. Setelah anak mengerjakan tugasnya di Genius Book, orangtua bisa langsung memeriksanya melalui perangkat terpisah, seperti tablet dan smartphone.

Dapat digunakan di banyak aplikasi dan perangkat
Dapat digunakan di banyak aplikasi dan perangkat

 

Genius Book, aplikasi yang dapat men-share konten di perangkat mobile
Genius Book, aplikasi yang dapat men-share konten di perangkat mobile

Genius Mouse ECO Series

Masih untuk mendukung gerakan hijau, Genius memperlihatkan jajaran mouse terbarunya, yaitu seri ECO, yang terdiri dari ECO-7015, ECO-8000, dan ECO-7000. Semua mouse seri ECO tersebut dirancang dengan perhatian terhadap ukuran tangan penggunanya serta keindahan visual. Hal ini terlihat dengan cukup banyaknya opsi warna yang bisa ditemui. Untuk ECO-7000 dan ECO-7015, tersedia pilihan warna sebanyak lima varian. Sedangkan untuk ECO-8000, terdapat tiga varian warna. ECO-7015 dan ECO-8000 menggunakan nuansa warna seperti metalik, dan terlihat dewasa. Sementara ECO-7000 menggunakan warna yang lebih muda.

Genius ECO-7015
Genius ECO-7015

 

Semua mouse seri ECO tersebut adalah nirkabel, dan menggunakan sumber daya baterai isi ulang. Hal yang menarik dari baterai yang digunakan oleh seri ECO tersebut adalah umur penggunaannya sangat panjang. Mouse tersebut sekali charge dapat digunakan selama 100 jam. Kemudian, Anda dapat melakukan recharge sebanyak 500 kali. Bila dihitung, maka mouse ini dapat bertahan selama setidaknya 100 tahun. Mouse ini juga memiliki sistem Circuit Protection, untuk melindungi dari overcharge ketika Anda terlalu lama menghubungkannya ke listrik ketika mengisi ulang.

Genius ECO-8000
Genius ECO-8000

 

Dilihat dari rancangannya, seri ECO disiapkan untuk semua pengguna, baik bertangan kanan maupun kiri, alias Ambidexterious. Sedangkan untuk sensornya, seri ECO menggunakan sensor blue eye yang dapat digunakan di semua jenis permukaan. Mouse yang bisa digunakan pada Mac dan Windows 10 ini, selain pada Windows sebelumnya, memiliki receiver yang dapat menerima hingga 7 buah mouse nirkabel Genius lain.

Genius ECO-7000
Genius ECO-7000

 

Smart Genius Apps dan Bluetooth Speaker

Pada kesempatan sama, Genius juga memperlihatkan aplikasi Smart Genius. Aplikasi tersebut dapat digunakan pada keyboard Genius yang diproduksi pada 2016 ini, seperti seri KB-300, KB-M225, dan KB-130. Melalui bantuan aplikasi tersebut, Anda dapat menugaskan beragam fungsi pada tombol F1 hingga F12 di keyboard. Beragam fungsi, seperti membuka alamat web yang penting, mengatur volume, merestart dan mematikan computer, bahkan sampai membuka program chatting. Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri fungsi apa yang ingin digunakan melalui tab personal. Hanya dengan drag-and-drop, semua fungsi tersebut dapat diposisikan ke tombol yang diinginkan.

Aplikasi Smart Genius, dengan kemampuan menugaskan shortcut pada keyboard
Aplikasi Smart Genius, dengan kemampuan menugaskan shortcut pada keyboard

 

Hal lain yang menarik dari booth Genius adalah adanya speaker Bluetooth SP-906BT Plus. Speaker berukuran telapak tangan ini ternyata ditujukan untuk pengguna yang sering bepergian di alam bebas, tetapi tidak ingin menggunakan earphone untuk mendengarkan music. Itu sebabnya speaker ini disertai pula dengan kaitan besi ala pemanjat tebing. Speaker portable yang sempat kami coba ini, ternyata memiliki suara Bass yang cukup bagus dan mampu dimainkan hingga 10 jam nonstop!

Speaker Bluetooth SP-906BT Plus memiliki bass besar dan waktu baterai hingga 10 jam
Speaker Bluetooth SP-906BT Plus memiliki bass besar dan waktu baterai hingga 10 jam

 

Tersedia pula varian warna lain yang menarik
Tersedia pula varian warna lain yang menarik

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 12, 2024 - 0

Film Super Mario Bros. Kedua Tayang April 2026

Mulai memahaminya sebagai “mesin pencetak uang” yang super efektif, Nintendo…
March 12, 2024 - 0

Gamer Berkumpul, lkut Berkabung dengan Kepergian Akira Toriyama

Seperti kehilangan kepingan masa kecil, ini mungkin yang dirasakan banyak…
March 12, 2024 - 0

Street Fighter 6 Bagi Penampakan Perdana Akuma

Kami mungkin bias, namun menyebutnya sebagai salah satu karakter paling…
March 12, 2024 - 0

Final Fantasy XVI Versi PC Hampir Rampung, Mungkin Rilis Demo

Pendekatan yang jauh berbeda dan unik dibandingkan dengan seri-seri Final…