Lenovo Perkenalkan Phab 2 Pro, Smartphone “Tango” Pertama

Reading time:
June 10, 2016

Setelah perjuangan selama sekitar 18 bulan, Lenovo akhirnya berhasil merampungkan smartphone “Tango” pertama di dunia, yang baru saja mereka perkenalkan sebagai Phab 2 Pro. Smartphone ini sendiri diperkenakan secara resmi di Tech World 2016, acara akbar Lenovo, yang tengah berlangsung di San Francisco, AS. Phab 2 Pro ini sendiri akan menempati posisi produk premium di jajaran produk smartphone baru Lenovo, dan akan hadir dalam waktu dekat ini!

Lenovo - Phab 2 Pro
Yang Yuanqing, CEO Lenovo, ketika mengungkap isi mystery box pertama di panggung, Phab 2 Pro.

Lenovo menyebutkan, walaupun perangkat ini mengusung teknologi canggih dari Google, Tango, mereka tidak ingin perangkat ini hanya dipandang sekedar sebagai perangkat pertama yang mendukung teknologi canggih tersebut. Mereka menggarap smartphone ini dengan serius, sehingga smartphone ini menjadi sebuah produk premium, dengan kemampuan tinggi, yang mendukung Tango. Keseriusan pihak Lenovo itu sempat diceritakan oleh Jeff Meredith, GM & VP, Android & Chrome Business Group, Lenovo, kepada para perwakilan media, sebelum perilisan resmi Phab 2 Pro ini.

Berdasarkan penjelasan Mr. Meredith, tim pengembang Phab 2 Pro memiliki tantangan tersendiri dalam menyertakan Tango ke dalam smartphone tersebut, karena Tango membutuhkan modul kamera sebanyak 4 buah untuk bekerja, yaitu main camera, depth camera, serta motion-tracking camera. Penggunaan empat kamera untuk Tango tersebut membuat mereka harus melakukan desain board yang tidak biasa, serta menggunakan pendingin khusus yang mendinginkan kamera, sensor, dan SoC dari perangkat. Mereka juga bekerja sama dengan Qualcomm untuk menangani tantangan komputasi dari kamera dan sensor untuk Tango ini, karena jumlah data masif yang dihasilkan dari kamera dan sensor akan membutuhkan perlakukan khusus untuk memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dari Tango. SoC yang digunakan oleh smartphone ini adalah Snapdragon 652.

Lenovo - Jeff Meredith
Jeff Meredith memberikan penjelasan mengenai keunggulan Phab 2 Pro di panggung Tech World 2016.

Kegigihan tim pengembang akhirnya membuahkan hasil, di mana mereka berhasil menciptakan Phab 2 Pro, dengan layar 6.4 inci, yang mengakomodasi modul Tango dengan baik. Ukuran 6.4 inci ini merupakan perbaikan signifikan dari development kit dari Google, di mana perangkat “Tango” tersebut membutuhkan bodi perangkat dengan ukuran layar 7 inci. Ukuran layar 6.4 inci ini disebut Lenovo juga memungkinkan mereka menyertakan baterai dengan kapasitas 4050 mAh ke Phab 2 Pro. Selain itu, ukuran layar ini disebut juga sesuai dengan tren penggunaan smartphone saat ini.

Layar 6.4 inci di Phab 2 Pro sendiri mendukung resolusi QHD (2560 x 1440 piksel) dengan panel IPS. Perangkat ini dibekali dengan kapabilitas audio tingkat tinggi, dengan dukungan Dolby Atmos, serta memiliki kemampuan perekaman suara Dolby 5.1. Perangkat ini memiliki kamera selfie 8 MP serta kamera utama 16 MP. Lenovo jga menyertakan fitur fingerprint scanner untuk aspek keamanan.

Lenovo - Phab 2 Pro (Pict)

Phab 2 Pro ini akan mulai dipasarkan pada bulan September 2016. Perangkat ini akan mengusung harga US$ 499. Lenovo juga akan menghadirkan dua keluarga Phab 2 lain, yaitu Phab 2 “polos” dan Phab 2 Plus. Keduanya mengusung ukuran layar yang sama dengan Phab 2 Pro, tetapi dibekali set fitur yang lebih sedikit, dan tentu saja akan dipasarkan dengan harga lebih rendah.

Berbicara mengenai Tango itu sendiri, teknologi ini memungkinkan pengguna memanfaatkan smartphone untuk pengalaman augmented reality yang lebih baik. Teknologi ini memungkinkan smartphone memiliki computer vision dengan memanfaatkan modul 4 kamera yang digunakan. Data-data yang diambil dari kamera, dan juga sensor, akan dimanfaatkan untuk mengenal posisi smartphone di dunia nyata, tanpa perlu GPS, dan menampilkan konten-konten khusus di layar memanfaatkan AR.
Load Comments

Gadget

April 30, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 5-6.9 Juta

Setelah membahas rekomendasi smartphone pilihan kami di rentang harga kurang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 3-4.9 Juta

Setelah membahas Smartphone Rekomendasi dari kami, tim Jagat Review, yang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 1-2.99 Juta

Menjelang Hari Raya Lebaran, tidak sedikit yang berpikir untuk membeli…
April 28, 2022 - 0

Review Jimmy BX5: Vacuum Cleaner yg Bisa Berantas Virus dan Tungau

Kali ini kita akan menguji penyedot debu atau Vacuum cleaner…

Laptop

June 21, 2022 - 0

ASUS ROG Terbaru dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Resmi Luncur di Indonesia

Terdapat beberapa laptop yang diluncurkan, termasuk TUF Gaming, Zephyrus G14,…
June 20, 2022 - 0

Review Infinix INBook X2 Core i3 8GB:

Nyari laptop murah, yang punya desain dan performa oke memanglah…
June 14, 2022 - 0

Review MSI Summit E14 EVO A12M: Laptop Tipis 12 Core Paling Murah

Laptop yang hadir berikut ini adalah MSI Summit E14 EVO…
June 6, 2022 - 0

Review Acer Swift 5 Aerospace: Versi Lebih Murah, Tetap Keren dan Sangar!

Perkenalkan, ini Ini adalah Acer Swift 5 Aerospace dengan layar…

Gaming

June 24, 2022 - 0

From Software: Game Baru Kami Sudah Di Tahap Pengembangan Akhir!

Kualitas adalah alasan mengapa banyak gamer selalu menantikan kehadiran proyek…
June 24, 2022 - 0

Leaker Ternama Sinyalkan Berita God of War Ragnarok Minggu Depan

  Berapa banyak informasi yang harus dibocorkan oleh satu orang…
June 24, 2022 - 0

Playstation 5 Langka, Xbox Series Menang Lagi di Jepang

Jika Anda dan saya berbicara bahwa ada satu titik di…
June 24, 2022 - 0

PC Game Pass – 5 Game Menarik di Xbox & Bethesda Game Showcase

Musim panas identik dengan beragam ajang pagelaran gaming besar seperti…