Hands-On Review: Logitech k400 Plus – 2-in-1 Plus Kontrol Volume

Reading time:
August 26, 2016

Penggunaan

Instalasi k400 Plus ke PC dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena sistem operasi bisa langsung mendeteksi keyboard dan touchpad di alat input yang satu ini. Hal itu berlaku di sistem operasi Windows 10 maupun Windows 7. Pengguna hanya perlu memasang Unifying Receiver dan perangkat ini sudah bisa digunakan.

Jangan lupa menyalakan k400 Plus melalui switch on/off ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Jangan lupa menyalakan k400 Plus melalui switch on/off ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Semua tombol shortcut yang ada di k400 Plus inipun bisa langsung digunakan tanpa perlu melakukan konfigurasi apapun. Fungsi seperti back, home, minimize/maximize, search, open music player, kontrol prev/next, play/pause, serta kontrol volume semua dapat berfungsi dengan baik. Namun, saat melihat icon shortcut untuk tiga di kanan tombol ESC, kami mendapati ketiganya mirip dengan icon yang umum digunakan Google untuk navigation bar di Android. Oleh karena itu, kami mencoba menggunakan k400 Plus ini di smartphone Android yang mendukung USB OTG. Hasilnya, ketiga tombol tersebut memang bisa merepresentasikan fungsi dari tombol navigasi di Android.

Logitech k400 Plus 07

Beralih ke penggunaan k400 Plus untuk pekerjaan sehari-hari. Dari sisi keyboard, perangkat yang satu ini bisa dikatakan menawarkan kenyamanan bagi penggunanya. Feel yang diberikan mirip dengan k400r, di mana tombol yang ada di keyboard ini tidak terasa berat ketika ditekan serta memiliki penampang yang cukup luas, membuat kami merasa nyaman ketika menggunakannya untuk menulis berbagai artikel selama kurang lebih seminggu penuh. Jarak antar tombol memang terlihat cukup rapat, tetapi desain tiap tombol bisa membuat jarak yang terlihat rapat tersebut tidak mengganggu saat penggunaan. Terbukti, jarak tersebut tidak membuat kami sering melakukan kesalahan penekanan tombol.

Logitech k400 Plus 12

Selama penggunaan sisi keyboard dari k400 Plus ini, kami hanya mendapatkan satu kesulitan saja, yaitu untuk tombol arah atas & bawah yang tersedia. Berbeda dengan k400r yang memiliki tombol arah atas & bawah dalam ukuran penuh, tombol arah atas & bawah di k400 Plus hadir dalam wujud dua tombol yang disusun dalam satu petak tombol ukuran normal. Hal ini membuat kami seringkali kesulitan menekan arah atas atau bawah dengan benar karena posisi dan ukurannya cukup menyulitkan. Bahkan, hingga penggunaan beberapa hari pun, kami masih mendapati kesulitan saat menekan tombol atas/bawah.

Logitech k400 Plus 08

Sementara dari sisi touchpad, walaupun terasa sedikit lebih sempit dibandingkan k400r, dengan tombol klik kiri dan kanan yang lebih kecil, hal itu tidak mengurangi kenyamanan k400 Plus. Kami tetap dapat melakukan navigasi cursor dengan nyaman memanfaatkan touchpad di k400 Plus ini. Namun, touchpad ini tampaknya memiliki kelemahan terhadap air. Ketika kami menyentuhnya dengan jari yang sedikit basah, touchpad memberikan respon yang kurang baik, dan pergerakan cursor menjadi terputus-putus.

Tiga tombol kontrol volume diberikan Logitech di bagian atas touchpad. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi “tugas” k400 Plus sebagai perangkat input dengan kontrol untuk PC-to-TV entertainment dari tempat duduk penggunanya. Ukuran tombol yang cukup besar patut diakui memang mempermudah kami melakukan kontrol volume ketika mencoba menggunakan perangkat ini sesuai “rekomendasi” dari Logitech di atas. Hanya saja, kami merasa ada satu hal yang kurang, di mana tombol yang seharusnya juga penting untuk PC-to-TV entertainment, yaitu prev, next, dan play/pause ternyata hanya ditempatkan di tombol fungsi yang berukuran cukup kecil. BIla Logitech menempatkan ketiga tombol tersebut seperti tiga tombol kontrol volume, kontrol PC-to-TV entertainment di perangkat ini bisa dikatakan sangat memadai.

Logitech k400 Plus 09

Logitech tidak memberikan mekanisme untuk mengatur kemiringan dari k400 Plus ini, sehingga pengguna harus menggunakannya dalam posisi flat. Selain itu, tidak ada lampu indikator apapun di keyboard ini, baik untuk “warning” daya baterai maupun untuk “Caps Lock”. Hal itu memang terkesan sepele, tetapi mungkin akan meningkatkan kenyamanan pengguna lebih jauh lagi dalam menggunakan perangkat 2-in-1 yang satu ini.

Kesimpulan

(+) Perangkat input 2-in-1 yang ringkas

(+) Keyboard nyaman digunakan

(+) Shortcut cukup lengkap

(+) Tombol kontrol volume

(+) Kompatibilitas dengan Android

 

(-) Tidak ada lampu indikator sama sekali

(-) Tombol khusus PC-to-TV entertainment kurang lengkap

(-) Tidak ada mekanisme pengatur kemiringan perangkat

 

sdr
sdr

Logitech memang lebih mengedepankan perangkat input ini sebagai pendukung PC-to-TV entertainment, tetapi itu bukan berarti k400 Plus tidak cocok untuk penggunaan standar di komputer sehari-hari. Kenyamanan yang ditawarkan, baik dari sisi keyboard maupun touchpad, patut diacungi jempol. Perangkat ini juga memiliki ukuran yang ringkas, sehingga memudahkan pengguna memindahkannya dari satu PC ke PC lain, atau membawanya beraktivitas ke luar ruangan dengan mudah.

k400 Plus tampaknya tidak hanya ditujukan untuk PC-to-TV entertainment berbasis komputer dengan OS keluarga Windows saja. Logitech tampaknya juga mempertimbangkan makin banyaknya set-top-box dengan basis Android yang digunakan sebagai home entertainment system. Mereka menghadirkan dukungan yang baik untuk Android di perangkat ini.

Tombol kontrol volume yang secara khusus ditempatkan di atas touchpad memang terasa membantu ketika kami menggunakan k400 Plus untuk kontrol PC multimedia yang terhubung ke TV. Hanya saja, kami merasa tombol khusus yang disediakan seharusnya lebih dari kontrol volume saja. Hadirnya tombol kontrol multimedia, seperti prev/next dan play/pause tentu saja akan menambah kesan komplit dari perangkat ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 11, 2024 - 0

Masuk First Take, Nobuo Uematsu Bawa OST Final Fantasy VII Rebirth – “No Promises to Keep”

Karir yang cukup panjang dan ragam karya yang tidak tergantikan…
March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…