Hands-On Review Monitor: ViewSonic VX2457-mhd

Reading time:
October 19, 2016

Monitor

viewsonic-vx2457-mhd-monitor

Warna black glossy sukses menghadirkan penampilan elegan pada monitor LCD ViewSonic VX2457-mhd. Pada sisi bawah tengah layar terlihat bagian bodi dari bahan plastik transparan dengan lampu biru yang menandakan monitor LCD dalam keadaan menyala. Saat digunakan, ViewSonic VX2457-mhd akan memakan ruang sebesar 55,9 x 42,3 x 23 cm. Sementara itu untuk bobot, ViewSonic VX2457-mhd memiliki berat sekitar 4 kg.

viewsonic-vx2457-mhd-screen

ViewSonic VX2457-mhd merupakan monitor LCD LED ukuran 23,6 inci dengan dengan tingkat resolusi gambar Full HD 1920×1080 piksel. Kombinasi ukuran layar dan resolusi gambar seperti itu membuat ViewSonic VX2457-mhd memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 94 PPI (Pixels per Inch). Menariknya monitor LCD ini memiliki tingkat refresh rate maksimal 75 Hz sehingga saat fitur VSync aktif, game 3D mampu meraih frame rate hingga 75 fps. Umumnya monitor LCD konvensional hanya memiliki tingkat refresh rate maksimal 60 Hz.

Monitor LCD ini menggunakan panel tipe TN (Twisted Nematic) dengan kemampuan menghasilkan 16,7 juta variasi warna. Memang penggunaan panel tipe TN akan membuat tingkat reproduksi warna dan lebar sudut pandang monitor LCD ini tidak sebaik IPS (In-Plane Switching). Walaupun begitu, tingkat response time 1 miliseconds jamak sekali ditemui pada monitor LCD dengan panel tipe seperti ini dan ViewSonic VX2457-mhd memang datang dengan kemampuan tersebut. ViewSonic VX2457-mhd memang dirancang untuk mengakomodir aktivitas bermain game dan monitor LCD dengan response time secepat itu memang lebih disukai. Dengan response time seperti itu ViewSonic VX2457-mhd siap menampilkan adegan cepat dengan sempurna tanpa menimbulkan gejala image ghosting.

ViewSonic juga tidak luput untuk merancang layar LCD dengan permukaan tidak mengilap agar tidak memiliki sifat memantul seperti cermin dimana hal ini akan membuat sesi pemakaian menjadi lebih nyaman. Tidak sampai disitu saja, permukaan layar LCD juga diperkuat hard coating dengan tingkat kekerasan 3H untuk menjamin durabilitas selama pemakaian.

viewsonic-vx2457-mhd-freesync

Salah satu keistimewaan ViewSonic VX2457-mhd adalah hadirnya teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan. Teknologi FreeSync pada ViewSonic VX2457-mhd mendukung rentang refresh rate 47-75 Hz sehingga mampu menangani rentang frame rate 47-75 fps saat diaktifkan.

viewsonic-vx2457-mhd-menu-12

Selain AMD FreeSync, ViewSonic VX2457-mhd juga menghadirkan sejumlah fitur pendukung untuk aktivitas gaming seperti pengaturan tingkat response time dan low input lag. Terdapat pula fitur black stabilization untuk menampilkan detail gambar lebih jelas pada adegan gelap/kurang cahaya. Sementara fitur advanced dcr akan membuat tampilan warna hitam lebih sempurna pada adegan dengan kondisi gelap dan warna putih lebih sempurna pada adegan dengan kondisi terang sekaligus mempertajam gambar.

viewsonic-vx2457-mhd-basestand

Penopang layar ViewSonic VX2457-mhd mengijinkan pengaturan untuk kemiringan monitor LCD hingga sudut 23 ° ke arah belakang dan 5° ke arah depan. Pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri memang tidak didukung oleh jenis penopang layar seperti ini. Penopang layar ViewSonic VX2457-mhd menggunakan bahan keseluruhan dari plastik tetapi hal tersebut tidak mengurangi kemampuan dalam menopang monitor LCD. Walaupun begitu, desain penopang seperti ini membuat ViewSonic VX2457-mhd menjadi rentan terhadap sentuhan atau dorongan ringan yang membuat layar mudah bergoyang.

viewsonic-vx2457-mhd-cable-holder

Pada sisi belakang telapak kaki penopang layar dapat dipasangkan sebuah klip untuk me-manage kabel-kabel yang terhubung ke monitor LCD. Klip tersebut dapat dipasang dan dilepas dengan mudah.

viewsonic-vx2457-mhd-vesa-mount

ViewSonic VX2457-mhd memiliki empat lubang baut untuk memasang perangkat VESA-mount ukuran 10×10 cm, sehingga mendukung skenario penggunaan dengan ditempel di dinding.

viewsonic-vx2457-mhd-display-audio-connectors

ViewSonic VX2457-mhd menyediakan konektor display seperti 1x Display Port 1.2, 1x HDMI 1.4, 1x D-Sub, 3,5 mm audio in jack, dan 3,5 mm audio out jackTiga tipe konektor display tidak hanya memberikan keleluasaan untuk pengguna tetapi juga membuat ViewSonic VX2457-mhd dapat digunakan secara luas mulai dari PC modern hingga PC tua sekalipun dengan hadirnya konektor D-Sub. Dengan tiga konektor display juga membuat pengguna dapat menghubungkan hingga tiga perangkat sekaligus pada monitor LCD ini. Teknologi AMD FreeSync sendiri dapat diaktifkan saat konektor Display Port digunakan untuk menghubungkan monitor LCD ini dengan PC. Akan tetapi cukup disayangkan, ViewSonic tidak menyertakan kabel Display Port saat pengguna membeli produk ini. Terdapat pula konektor audio untuk menghubungkan monitor LCD ini langsung ke perangkat speaker/headphone.

viewsonic-vx2457-mhd-power-connector

Konektor daya listrik ViewSonic VX2457-mhd menandakan penggunaan komponen internal power supply.

viewsonic-vx2457-mhd-kensington-security-lock

ViewSonic VX2457-mhd menyediakan lubang kensington security lock di sudut monitor LCD untuk keamanan selama digunakan.

viewsonic-vx2457-mhd-ventilation

Pada sisi belakang layar dapat ditemukan lubang ventilasi dengan arah menghadap atas. Lubang ventilasi tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat keluarnya udara panas dari dalam bodi monitor LCD tetapi juga menjadi tempat keluarnya suara. Terlihat dibalik lubang ventilasi terdapat dua buah speaker dengan rating masing-masing sebesar 2 Watt.

viewsonic-vx2457-mhd-operational-buttons-indicator viewsonic-vx2457-mhd-operational-buttons

Operasional menu pada ViewSonic VX2457-mhd masih mengandalkan cara tradisional dengan penggunaan sejumlah tombol. Mekanisme pengoperasian menu dengan tombol seperti ini memang membutuhkan adaptasi dalam penggunaannya dan kesabaran tersendiri mengingat pengguna harus menekan kombinasi tombol dengan meraba dimana posisi mata melihat menu pada layar. Akan tetapi jika sudah terbiasa, pengoperasian menu terasa lebih mudah daripada saat pertama kali menggunakannya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 12, 2024 - 0

Street Fighter 6 Bagi Penampakan Perdana Akuma

Kami mungkin bias, namun menyebutnya sebagai salah satu karakter paling…
March 12, 2024 - 0

Final Fantasy XVI Versi PC Hampir Rampung, Mungkin Rilis Demo

Pendekatan yang jauh berbeda dan unik dibandingkan dengan seri-seri Final…
March 12, 2024 - 0

Preview Rise of the Ronin: Tidak Sesulit Souls!

Bermain di dua pihak, ini mungkin kesan yang mengakar kuat…
March 11, 2024 - 0

Masuk First Take, Nobuo Uematsu Bawa OST Final Fantasy VII Rebirth – “No Promises to Keep”

Karir yang cukup panjang dan ragam karya yang tidak tergantikan…