Review Notebook Gaming: Gigabyte P55W v6

Reading time:
November 27, 2016

Hasil Pengujian – System Benchmark

PCMark 7

gigabyte-p55w-v6-pcmark-7 gigabyte-p55w-v6-pcmark-7

PCMark 7 Creativity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan viewing, editing, transcoding, dan storing file foto dan video.

PCMark 7 Entertainment berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan recording, viewing, streaming, dan transcoding acara televisi beserta film. Performa sistem dalam melakukan importing, organizing, dan browsing file musik beserta bermain game juga diuji disini.

PCMark 7 Productivity berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa sistem dalam melakukan loading halaman werbsite dan menjalankan aplikasi office kelas rumahan.

PCMark 7 Computation berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komputasi CPU dan GPU.

PCMark7 Storage berisi sekumpulan pengujian untuk menilai performa komponen storage pada sebuah sistem.

PCMark 8

PCM8 gigabyte-p55w-v6-pcmark-8-home

PCMark 8 Home berisi sekumpulan beban pengujian yang menggambarkan aktivitas pengguna pada umumnya pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Writing, Casual Gaming, Photo Editing, dan Video Chat.

gigabyte-p55w-v6-pcmark-8-creative

PCMark 8 Creative berisi sekumpulan beban pengujian yang menggambarkan aktivitas pengguna tingkat lanjut pada sistem rumahan mereka. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing, Photo Editing, Batch Photo Editing, Video Editing, Media To Go, Mainstream Gaming, dan Video Group Chat. Pengujian ini memiliki beban lebih berat terhadap sistem dibandingkan PCMark 8 Home.

gigabyte-p55w-v6-pcmark-8-work

PCMark 8 Work berisi sekumpulan beban pengujian yang menggambarkan aktivitas pengguna di lingkungan perkantoran. Beban pengujian mencakup aktivitas Web Browsing dan Writing.

gigabyte-p55w-v6-pcmark-8-storage

PCMark 8 Storage berisi sekumpulan beban pengujian untuk mengukur performa komponen storage seperti HDD, SSD, dan Hybrid Drive pada sebuah sistem. Pengujian ini akan menguji performa storage pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Adobe Photoshop, Adobe After Effects, World of Warcraft, & Battlefield 3.

Cinebench

CINEBENCH R15 SS

Cinebench merupakan aplikasi pengujian untuk mengukur kemampuan prosesor atau graphics card saat melakukan render sebuah objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik. Grafik di bawah merupakan hasil pengujian pada komponen prosesor.

gigabyte-p55w-v6-cinebench-r115-01 gigabyte-p55w-v6-cinebench-r115-02 gigabyte-p55w-v6-cinebench-r15-01 gigabyte-p55w-v6-cinebench-r15-02

Autodesk 3DS Max

Intel NUC6i7KYK 3DS Max SS

3DS Max merupakan salah satu aplikasi 3D modeling populer dan umum digunakan di industri film, game, dan masih banyak lagi. Kami menggunakan aplikasi ini untuk menguji performa prosesor dalam melakukan render pada objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu yaitu detik. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

gigabyte-p55w-v6-3ds-max

Blender

Intel NUC6i7KYK Blender SS

Blender merupakan aplikasi 3D modeling bersifat gratis dan juga open source. Kami menggunakan aplikasi ini untuk menguji performa prosesor dalam melakukan render pada objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu yaitu detik. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

gigabyte-p55w-v6-blender

Handbrake

Handbrake

Handbrake merupakan salah satu aplikasi transcoding video gratis yang cukup popular. Aplikasi tersebut mampu memanfaatkan sejumlah thread prosesor dan sangat menyukai prosesor dengan clock speed tinggi. Oleh karena itu aplikasi tersebut sangat ideal untuk menguji “kekuatan” sebuah prosesor. Hasil pengujian disajikan dalam average frame per second alias jumlah frame yang dapat dikonversi/diolah prosesor setiap detiknya.

gigabyte-p55w-v6-handbrake-01 gigabyte-p55w-v6-handbrake-02

Video Source: 3840 x 1714 pixels (H.264; Bitrate 73,244 Mb/s; Total Frame 17616)

Video Output: 1920 x 1080 pixels (H.264; Handbrake Normal Preset)

Photoshop CC

gigabyte-p55w-v6-photoshop

Photoshop CC merupakan aplikasi manipulasi gambar versi terbaru dari Adobe. Kami masih menguji menggunakan Action bernama Photoshop Speed Test yang telah sedikit kami modifikasi untuk lebih mencerminkan operasi-operasi yang biasa dilakukan apabila bekerja dengan Photoshop.

Storage Test

Crystal Disk Mark

gigabyte-p55w-v6-crystal-disk-mark-01 gigabyte-p55w-v6-crystal-disk-mark-02

Temperature & Power Consumption

Suhu Operasional

gigabyte-p55w-v6-cpu-temp gigabyte-p55w-v6-gpu-temp

Pengujian performa sistem pendingin Gigabyte P55W v6 memperlihatkan hasil seperti di atas. Dapat terlihat temperatur GeForce GTX 1060 mencapai angka di atas 90 °C dengan kecepatan kipas “Normal” dan mengalami penurunan sekitar 6 °C pada kecepatan kipas maksimal. Temperatur kerja graphics card seperti itu memang tergolong tinggi. Sementara untuk prosesor terlihat temperatur kerja tergolong cukup rendah saat graphics card dalam keadaan idle. Lain halnya saat prosesor dan graphics card bekerja seperti saat menjalankan game 3D dimana kami menjumpai kenaikan temperatur kerja. Desain sistem pendingin milik Gigabyte P55W v6 dengan satu area pelepasan panas untuk prosesor dan graphics card tampaknya menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu untuk aktivitas dengan beban kerja berat pada prosesor atau graphics card atau keduanya, kami sangat menyarankan untuk mengaktifkan kipas pada kecepatan maksimal agar temperatur komponen dapat ditekan serendah mungkin.

Walaupun temperatur kerja tergolong tinggi, performa sistem pendingin Gigabyte P55W v6 masih patut diacungi jempol mengingat kemampuannya menangani panas yang dihasilkan oleh Core i7 6700HQ dan GeForce GTX 1060 secara bersamaan dengan mengandalkan satu kipas saja. Kami sendiri tidak mengalami gejala ketidakstabilan saat mencicipi Gigabyte P55W v6 meskipun diterpa temperatur setinggi itu.

Thermal Imaging

FLIR ONE iOS Android

Untuk melihat titik panas pada permukaan notebook/laptop, kami menjalankan game 3D untuk waktu cukup lama lalu melakukan pengukuran dan pemotretan thermal imaging. Pemotretan thermal imaging menggunakan perangkat FLIR ONE. Area dengan warna paling terang menunjukkan temperatur paling tinggi.

gigabyte-p55w-v6-flir-01

Area sebaran panas pada Gigabyte P55W v6. Penempatan sistem pendingin termasuk prosesor dan graphics card di bawah keyboard memang membuat sebagian area keyboard menghangat terutama di sebelah kiri.

gigabyte-p55w-v6-flir-05

Tombol keyboard di area ini sering sekali digunakan oleh gamer saat bermain game 3D terutama dengan genre FPS. Terlihat temperatur permukaan mencapai angka hingga 45 °C. Tentu saja hal ini akan membuat tombol keyboard akan terasa hangat saat disentuh. Walaupun begitu untuk aktivitas ringan seperti saat mengetik, temperatur permukaan seharusnya akan lebih rendah dibandingkan saat menjalankan game 3D.

gigabyte-p55w-v6-flir-07

Tombol keyboard di area kanan terlihat memiliki temperatur jauh lebih rendah dibandingkan area kiri sehingga tidak terasa hangat saat disentuh.

gigabyte-p55w-v6-flir-06

Temperatur permukaan bodi tepat di atas lubang ventilasi pembuangan panas dari dalam bodi notebook/laptop.

gigabyte-p55w-v6-flir-04 gigabyte-p55w-v6-flir-03

Area palmrest menunjukkan temperatur masih berada dalam batas normal meskipun tangan kiri akan terasa agak hangat saat diletakkan pada bodi notebook/laptop saat bermain game 3D.

gigabyte-p55w-v6-flir-02

Temperatur permukaan touchpad saat game 3D sedang dijalankan.

Load Comments

Gadget

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…

Laptop

October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Storage Test – CrystalDiskMark Read – 7083 MB/s Write –…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Storage Test CrystalDiskMark Read – 6854 MB/s Write – 5091…
October 11, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-c0093AX: Super Kencang dengan AMD Ryzen 9 dan RTX3070!

Storage Test Crystal Disk Mark SSD Utama Read – 3453…
October 11, 2021 - 0

Review Lenovo Legion 5i (2021): Laptop Gaming Kencang & Super Lengkap

Storage Test CrystalDiskMark SSD Utama Read – 6771 MB/s Write…

Gaming

October 18, 2021 - 0

Gotham Knights Perkenalkan Antagonis – Court of Owls

Hype yang mengitari nama Gotham Knights memang sedikit meredup sejak…
October 18, 2021 - 0

Organisasi FIFA: Kami Terbuka Bekerjasama Dengan Dev. Lain

Kerjasama 10 tahun yang langsung memburuk begitu diskusi kedua organisasi…
October 18, 2021 - 0

Steam Larang Game Berisikan Crypto, EGS Terima dengan Tangan Terbuka

Rajin berselancar di internet, bahkan pada saat membaca berita ini,…
October 18, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel’s Guardians of the Galaxy

Langkah Marvel untuk kembali aktif di industri game memang terhitung…