Review Lenovo IdeaPad 120S-14IAP: Laptop Murah 3 Jutaan dengan SSD & Windows 10

Reading time:
November 20, 2017

The Notebook

Lenovo IdeaPad 120S tampil stylish dengan warna Mineral Grey di sekujur bodi. Penampilan laptop murah ini memang tidak mencerminkan harganya dan lebih terasa seperti laptop premium. Siapa menyangka Lenovo dapat menghadirkan penampilan seperti ini pada laptop dengan harga tidak lebih dari 4 juta rupiah ini. Lenovo IdeaPad 120S sendiri tersedia dalam dua warna dengan pilihan kedua adalah Denim Blue.

Dalam kondisi layar ditutup, Lenovo IdeaPad 120S memiliki tebal bodi hanya sebesar 1,86 cm saja. Hanya berbeda 0,41 cm saja dibandingkan diameter baterai AA (1,45 cm). Tidak banyak laptop murah yang menawarkan bodi setipis. Umumnya bodi setipis ini ditemukan pada laptop premium dengan harga beberapa kali lipat Lenovo IdeaPad 120S.

Untuk sisi panjang dan lebar, Lenovo IdeaPad 120S memiliki ukuran 33,4 x 23,5 cm. Tergolong normal untuk laptop dengan ukuran layar 14 inci. Rampingnya bodi Lenovo IdeaPad 120S disempurnakan dengan ringannya bobot laptop ini yang hanya sebesar 1,4 kg saja.

Lenovo IdeaPad 120S menggunakan layar LCD LED ukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang menghasilkan tingkat kepadatan piksel 111 PPI. Tipe panel yang digunakan adalah TN (Twisted Nematic) yang memang jamak ditemukan pada laptop murah. Meskipun tidak sehebat panel IPS untuk akurasi warna dan viewing angle, kemampuan layar Lenovo IdeaPad 120S dalam menampilkan warna masih tergolong cukup baik untuk kelas panel TN. Karakteristik viewing angle panel TN yang sempit juga menguntungkan jika membutuhkan privasi lebih. Permukaan layar pun memiliki permukaan tidak mengilap sehingga menambah kenyamanan saat digunakan.

Engsel Lenovo IdeaPad 120S memungkinkan layar diputar hingga nyaris mendekati sudut 180° dari kondisi ditutup.

Pada sisi kiri Lenovo IdeaPad 120S dapat ditemukan konektor DC-IN, 1x Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1x HDMI, dan 1x Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps).

Sementara pada sisi sebaliknya dapat ditemukan slot microSD, headphone microphone combo jack, dan Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps).

Jarang sekali ditemukan laptop di kelas harga 3 jutaan yang menawarkan keyboard dengan tingkat kenyamanan seperti Lenovo IdeaPad 120S. Tombol tidak terasa “lembek” saat ditekan dengan sensasi feedback tergolong baik. Tidak ditemukan sensasi memantul saat menekan tombol sehingga mengetik tetap terasa nyaman dalam jangka waktu lama. Tombol keyboard Lenovo IdeaPad 120S sendiri memiliki jarak penekanan yang pendek hanya sejauh 1,2 mm saja.

Tombol power on/off ditempatkan membaur dengan tombol keyboard lainnya. Penempatan yang sangat riskan terlebih bersebelahan dengan tombol Delete yang akan sering digunakan. Untunglah penekanan tombol secara singkat tidak langsung membuat laptop mengalami proses ShutDown/Sleep/Hibernate.

Penampang sisi bawah Lenovo IdeaPad 120S. Tampak dua lubang speaker dan empat kaki penyangga dari bahan karet.

Komponen internal Lenovo IdeaPad 120S dapat dengan mudah diakses dengan membuka penutup sisi bawah laptop. Sepertinya Lenovo menggunakan komponen yang sama dengan varian IdeaPad 120S dengan layar lebih kecil. Banyaknya ruang kosong tanpa komponen mengindikasikan hal itu.

Mainboard utama Lenovo IdeaPad 120S. Lenovo menanam komponen prosesor dan memori/RAM langsung pada PCB motherboard sehingga memungkinkan untuk membuat laptop dengan bodi setipis mungkin. Tidak ditemukan slot SO-DIMM sehingga kapasitas memori/RAM dikunci di 4 GB. Sisi atas motherboard dilengkapi lempengan logam yang berfungsi sebagai heatsink pendingin. Sistem pendingin Lenovo tidak dilengkapi kipas sehingga menghasilkan tingkat kebisingan 0 dB.

Lenovo IdeaPad 120S hanya mendukung penggunaan perangkat storage dengan konektivitas M.2. Laptop ini dijual langsung dengan SSD 128 GB M.2 SATA 6 Gbps dari Lite-On di dalamnya.

Lenovo IdeaPad 120S dilengkapi dua speaker dengan tingkat RMS 1 Watt. Di kelas harga 3 jutaan memang kita tidak dapat mengharap tinggi pada kualitas suara yang dihasilkan dan memang inilah kesan yang kami dapatkan dari speaker Lenovo IdeaPad 120S. Untuk sekedar mendengarkan saja kualitas suara memang tidak terlalu mengecewakan. Tetapi jika ingin mendapatkan kualitas maksimal saat mendengarkan musik atau menonton, kami sarankan menggunakan speaker atau head/earphone dengan kemampuan lebih baik di Lenovo IdeaPad 120S.

Lenovo IdeaPad 120S dilengkapi wireless card Atheros/Qualcomm QCA9377 yang mendukung standar konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.1. Tidak banyak laptop di kelas harga seperti ini menawarkan konektivitas nirkabel seperti ini. Bahkan laptop dengan harga di atas Lenovo IdeaPad 120S belum tentu menawarkannya.

Komponen baterai memakan ruang paling besar di dalam bodi Lenovo IdeaPad 120S. Baterai memiliki kapasitas 32 Wh.

Perangkat catu daya Lenovo IdeaPad 120S memiliki kemampuan menyuplai listrik hingga 45 Watt. Untunglah perangkat charger ini hanya memiliki bobot sekitar 175 gram saja sehingga tidak menambah beban terlalu banyak saat dibawa bersama laptop.

Load Comments

Gadget

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Laptop

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Gaming

November 24, 2020 - 0

Biaya Denuvo Bocor, Sekitar 2,3 Miliar Rupiah per Tahun!

Anda yang sempat mengikuti berita terkait kasus Ransomware yang menyerang…
November 23, 2020 - 0

Chrysler Building Tak Hadir di Spider-Man: Miles Morales Karena Copyright

Copyright? Berapa sering Anda mendengar kata yang satu ini? The…
November 23, 2020 - 0

Emulator Nintendo Switch – Yuzu Unjuk Progress

Patreon sepertinya adalah salah satu “hal terbaik” yang pernah terjadi…
November 23, 2020 - 0

12 Minutes Ditunda ke 2021

Penundaan sepertinya sudah menjadi berita yang terhitung umum di industri…