Extreme PC Day – Campus Roadshow: Unjuk Teknologi Terkini di Yogyakarta

Reading time:
December 21, 2017

Tanggal 20 Desember 2017 kemarin, acara penutup untuk rangkaian Extreme PC Day – Campus Roadshow, akhirnya selesai digelar. Setelah membawakan acara perkenalan teknologi terkini ini di empat kota besar di Jawa dan Bali, tim Jagat Review dan Intel akhirnya menuju Yogyakarta, tepatnya di Universitas Islam Indonesia (UII), untuk membawakan acara kelima, sekaligus penutup untuk tahun 2017 ini. Teknologi baru dari Intel kembali menjadi suguhan utama di acara ini, dengan didukung produk-produk dari ASRock, ASUS ROG, Biostar, dan WD SSD.

Extreme PC Day Yogyakarta 01 Extreme PC Day Yogyakarta 02

Tidak berbeda dengan apa yang sudah dibawakan di empat kota sebelumnya, yaitu Denpasar, Bekasi, Surabaya, dan Bandung, tim Jagat Review kembali menampilkan live demo serta penjelasan terkait produk baru dari Intel, yang tentunya hadir dengan teknologi terkini. Kurang lebih 400 peserta hadir di aula UII untuk menyaksikan acara ini. Selain itu, ada juga beberapa tamu spesial, yaitu delapan pemenang turnamen OC di empat kota sebelumnya, yang juga hadir di UII ini. Untuk apa? Jawabannya ada di bagian akhir artikel ini!

Unjuk Teknologi Terkini dari Intel

Karena padatnya acara di penutup Extreme PC Day – Campus Roadshow ini, sejak pagi tim Jagat Review sudah bersiap membawakan acara di aula UII. Kali ini, Alva Jonathan, kapten tim Jagat OC, turut memperkuat tim Jagat Review yang membawakan acara, tentu saja bersama dengan Dedy Irvan, Gatot Tri Yuwono, dan Yufianto Gunawan. Beberapa demo pun dibawakan tim Jagat Review, terkait dengan teknologi Intel, dengan dukungan produk dari ASRock, ASUS ROG, dan Biostar, serta SSD WD Blue 250 GB.

Extreme PC Day Yogyakarta 04

Demo pertama yang dibawakan adalah gaming laptop kencang dengan ukuran tipis, dengan menampilkan ASUS ROG GX501 Zephyrus. Laptop ini menawarkan kemampuan tinggi karena diperkuat dengan Core i 7th Gen. HQ Series, dengan pengolah grafis yang sangat bertenaga untuk melibas game-game terkini. Memang, melihat dimensi laptop ini yang cukup ringkas, sulit dibayangkan kalau laptop ini bisa memungkinkan para penggunanya untuk memainkan game dengan kualitas tinggi, ataupun mengerjakan pekerjaan berat, dengan sangat nyaman.

Berikutnya, demo beralih ke desktop, terutama untuk masalah botleneck yang disebabkan oleh storage. Tim Jagat Review menampilkan demo Intel Optane Memory, accelerator yang memungkinkan PC dengan HDD menawarkan performa sekelas SSD. Beberapa demo yang menunjukkan perbedaan HDD dengan Intel Optane + HDD dibawakan dengan sistem berbasis Core i7-7700K dan motherboard ASRock Z270 Taichi.

Extreme PC Day Yogyakarta 05 Extreme PC Day Yogyakarta 07

Beralih ke Core i 8th Generation. Tim Jagat Review menampilkan prosesor desktop Core i7-8700K, dari keluarga Core i 8th Gen. “Coffee Lake”, menunjukkan perbedaan performa yang ditawarkan dengan prosesor dari generasi sebelumnya, baik di simulasi aplikasi produktivitas maupun di game. Demo ini sendiri dibawakan dengan sistem berbasis motherboard dari Biostar, yaitu Racing Z270 GT8 dan Racing Z370 GT6. Selain di desktop, Core i 8th Gen. ini juga hadir untuk laptop, dalam wujud prosesor “Kaby Lake R”, yang juga ditunjukkan kemampuannya di hadapan para peserta acara Extreme PC Day – Campus Roadshow ini.

Extreme PC Day Yogyakarta 06

Terakhir, demo yang dibawakan tim Jagat Review adalah untuk prosesor Core i X Series dengan basis motherboard LGA 2066, yaitu ASRock X299 Taichi. Tidak tanggung-tanggung, prosesor yang ditampilkan adalah Core i9-7980XE, dengan 18 core/36 thread, yang merupakan prosesor desktop terkencang Intel untuk saat ini. Terlihat bahwa Core i9 ini menawarkan performa yang sangat tinggi, yang memungkinkan penggunanya melakukan mega tasking, menjalankan berbagai aplikasi sekaligus, dengan nyaman.

eSports: Bukan Sekadar Bermain Game

Salah satu topik menarik, eSports, turut dibahas di Extreme PC Day – Campus Roadshow, di UII ini. Selain sempat membahas eSports, yang akan coba dipertandingkan sebagai nomor eksebisi di ASIAN Games 2018, yang akan digelar di Indonesia, turnamen mini pun digelar untuk lebih mendekatkan para peserta dengan aktivitas ini. eSports ini sendiri memang menjadi tren tersendiri dalam beberapa waktu ini, di mana pemain game pun dipadang sebagai seorang altet, bukan sekadar “pemain game” saja.

Extreme PC Day Yogyakarta 08 Extreme PC Day Yogyakarta 14

Turnamen eSports yang digelar ini menggunakan game CS:GO, salah satu game eSports populer. ASUS ROG meminjamkan beberapa gaming laptop mereka untuk turnamen ini, yang tentu saja memastikan game dimainkan dengan lancar, nyaman untuk kelas eSports kompetitif. Tiga peserta yang menjadi yang terbaik di turnamen mini ini pun mendapatkan hadiah yang dipersembahkan oleh ASUS ROG.

Extreme PC Day Yogyakarta 21 Extreme PC Day Yogyakarta 22 Extreme PC Day Yogyakarta 23

Overclocking: Aktivitas yang Tidak Kalah Menarik

Kembali, overclocking menjadi topik yang dibawakan di Extreme PC Day – Campus Roadshow terakhir di tahun 2017 ini. Alva Jonathan memperkenalkan aktivitas ini ke hadapan para peserta, sembari menunjukkan bahwa overclocking tidaklah sesulit yang dibayangkan, dan bisa dilakukan dengan sangat mudah, di motherboard ASRock Z270 Taichi dan Biostar Racing Z270 GT8. Setelah sesi perkenalan ini, workshop OC yang mengajak peserta mencoba langsung praktik overclocking pun digelar, kembali dengan menggunakan Core i5-7600K yang dipadukan dengan SSD WD Blue 250 GB dan motherboard dari kedua brand ternama itu.

Extreme PC Day Yogyakarta 09 Extreme PC Day Yogyakarta 10 Extreme PC Day Yogyakarta 11 Extreme PC Day Yogyakarta 12

Setelah workshop selesai, dua turnamen mini untuk overclocking digelar, masing-masing dengan menggunakan motherboard dari ASRock dan Biostar. Sebanyak 16 tim, 8 untuk masing-masing turnamen, mencoba beradu kemampuan untuk menjadi yang terbaik. Tim terbaik di kedua turnamen mini tersebut akan langsung maju ke AOCT Campus Cup 2017, atau babak “grand final” dari rangkaian turnamen overclocking di acara Extreme PC Day – Campus Roadshow yang telah digelar sejak akhir November 2017 lalu ini.

 

 

Extreme PC Day Yogyakarta 25 Extreme PC Day Yogyakarta 26 Extreme PC Day Yogyakarta 27 Extreme PC Day Yogyakarta 28 Extreme PC Day Yogyakarta 29 Extreme PC Day Yogyakarta 30

AOCT Campus Cup 2017: Kembali Mencari Overclocker Kompetitif Baru

Masih ingat dengan delapan orang tamu spesial yang kami sebut di awal acara ini? Ya, mereka diundang untuk datang ke Yogyakarta, tepatnya ke UII, untuk berpartisipasi di AOCT Campus Cup 2017, turnamen overclocking tingkat kampus kelas pemula yang diharapkan bisa menjadi awal pencarian bibit-bibit overclocker baru Indonesia. Mereka akan berhadapan dengan pemenang turnamen mini overclocking yang baru selesai digelar di Extreme PC Day – Campus Roadshow di UII ini.

Extreme PC Day Yogyakarta 19 Extreme PC Day Yogyakarta 20 Extreme PC Day Yogyakarta 24 Extreme PC Day Yogyakarta 18 Extreme PC Day Yogyakarta 17

Keenam tim tersebut harus menghadapi empat tantangan dari panitia, dua di motherboard ASRock Z270 Taichi dan dua lagi di Biostar Racing Z270 GT8, dengan sistem berbasis Intel Core i5-7600K, SSD WD Blue 250 GB, RAM Team Dark DDR4 2x 4 GB, PSU Seasonic X750-II, serta HSD PC Cooler S90D. Tim yang berhasil melewati keempat tantangan tersebut dan mendapatkan poin terbaik akan dinobatkan sebagai jawara AOCT Campus Cup 2017 ini. Setelah melalui empat tantangan tersebut, tim UCF, wakil dari acara yang digelar di Bekasi, berhasil menjadi juara dan mendapatkan hadiah utama prosesor Intel Core i “Coffee Lake”; disusul tim PENS – Kudus, wakil dari acara yang digelar di Surabaya, di posisi kedua; serta RJOC, salah satu peserta wakil dari acara yang digelar di Yogyakarta, di posisi ketiga.

Extreme PC Day Yogyakarta 31 Extreme PC Day Yogyakarta 32 Extreme PC Day Yogyakarta 33

Itulah ringkasan dari Extreme PC Day – Campus Roadshow di UII, Yogyakarta, yang menjadi penutup rangkaian acara yang digelar di penghujung tahun 2017 ini, oleh tim Jagat Review, Intel, dan didukung juga oleh ASRock, ASUS ROG, Biostar, serta WD SSD.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…