Hands-On Motherboard ASUS ROG STRIX X470-F Gaming

Reading time:
August 3, 2018

Kehadiran motherboard high-end untuk menyambut Ryzen Pinnacle Ridge, atau Ryzen 2000 series, pun terlihat menarik, terutama untuk motherboard dengan chipset X470. Di motherboard yang menggunakan chipset X470, vendor motherboard akan menggunakan segala macam teknologi terbaik yang mereka miliki untuk jajaran motherboard tersebut. Terutama untuk Asus, yang mengekspansi lini motherboard legendaris mereka ROG (Republic Of Gamers), untuk bisa menjangkau lebih banyak user terutama gamer, dengan lini Strix. Motherboard yang kali ini datang ke lab Jagat Review adalah Asus ROG Strix  X470-F Gaming, dan dalam artikel ini, akan dibahas fitur yang dimiliki oleh motherboard ini.

1 1s

Asus ROG Strix  X470-F Gaming ini tergolong sebagai sebuah motherboard premium. Motherboard ini memiliki posisi tepat berada di bawah motherboard ROG Crosshair VII Hero yang merupakan motherboard andalan Asus untuk platform AM4 saat ini. Tentunya, ROG Strix X470-F Gaming ini akan hadir dengan fitur yang melimpah. Mari kita mulai pembahasan lebih lanjut untuk motherboard ROG Strix X470-F Gaming ini!

Paket Penjualan

Box penjualan ROG Strix X470-F Gaming ini memiliki warna dasar hitam doff, yang disertai dengan art logo ROG yang memiliki warna gradasi dari merah ke biru. Juga di bagian depan, terdapat gambar motherboard ini sendiri dilengkapi dengan tulisan ROG Strix X470-F Gaming. Box seperti ini merupakan sebuah ciri khas dari seri Asus Strix sejak pertama kali menjadi bagian dari lini ROG. Di bagian belakang, sama seperti seri motherboard Asus lain, terdapat gambar fitur-fitur utama yang ditawarkan motherboard ini. Menariknya, di box motherboard ini, informasi tersebut sangatlah detail.

1 2s 1 3s

Kelengkapan paket penjualan yang disertakan untuk motherboard ini dapat dikatakan lengkap, bahkan untuk kelas sebuah motherboard high-end. Berikut ini adalah paket penjualan yang disertakan pada ROG Strix X470-F Gaming:

  • Manual Book
  • DVD aplikasi/driver
  • Asus ROG Strix Certificate
  • 4x Kabel SATA III 6Gbps
  • 1x set baut M.2
  • 1x Strix Door Hanger
  • 1x 2 Way SLI HB Bridge
  • 1x paket cable tie
  • 1x set stiker ROG
  • 1x Extension Cable RGB Strip (80 cm)
  • 1x Extension Cable Addressable LED

Tampilan Fisik

Asus ROG Strix X470-F Gaming datang dengan tampilan khas Strix yang selalu menghadirkan motherboard dengan tema warna all black. Motherboard ini menggunakan PCB bewarna hitam doff, di mana pada motherboard ini, hampir pada seluruh bagian PCB nya terdapat sablon art bewarna hitam yang dapat dikatakan seperti graffiti, membuat motherboard ini terlihat sangat menarik. Ini merupakan pertama kalinya kami melihat terdapat sebuah motherboard yang memberikan stripping berupa graffiti pada motherboard. Biasanya, di motherboard lain, strippingyang ada hanya berupa garis-garis saja. Tidak hanya sampai situ saja, di ROG Strix X470-F Gaming ini juga terdapat high-quality metal heatsink untuk chipset yang di bagian atasnya diberikan sebuah stiker hologram yang berisikan graffiti ROG dalam berbagai bentuk. Tampilan ini membuat motherboard ini menjadi sangat eye catching.

2 1s

Sebagai motherboard high-end yang ditujukan untuk gamer, kehadiran I/O shroud sudahlah menjadi kewajiban. Di bagian atas I/O shroud terdapat diffuser bewarna putih susu. Tepat pada di bawah diffuser tersebut terdapat LED RGB. Untuk fitur LED RGB motherboard Asus, semua fitur tersebut dapat diatur melalui software Aura Sync. LED RGB pada motherboard ini hanyalah terdapat pada bagian I/O shroud. Sangat terlihat bahwa pada motherboard ini RGB bukanlah segalanya. Asus tampaknya lebih ingin menonjolkan “Cyber Outlook” yang kita lihat seperti graffiti ini. Tampilan ini membuat motherboard ini terlihat sangat futursitik.

2 2s 2 3s 2 4s 2 4As

 

Terdapat 4 DIMM yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal hingga DDR4-3600. Kecepatan tertinggi yang didukung resmi oleh pihak AMD sendiri adalah DDR4-2933. Di atas kecepatan tersebut, user harus melakukan overclock manual dan tidak ada jaminan dari pihak AMD bahwa frekuensi tersebut dapat berjalan. Untuk motherboard ROG Strix X470-F Gaming ini Anda dapat melihat list QVL memori pada link ini: Memory QVL. Kapasitas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Empat slot DIMM ini dibalut warna hitam.

2 5s

 

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX dan 8-pin ATX-12v CPU. Peletakan dari konektor 24-pin ATX ini berada pada posisi yang terbilang cukup tepat, dengan lokasi sedikit menjorok ke bagian atas motherboard, yang akan mempermudah pemasangan kabel ke konektor tersebut saat motherboard terpasang ke casing.

2 6s
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…