Direct Release: Bertujuan Jadi Platform Komunitas Nomor Satu, LINE Square Gelar Offline Summit untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna Setianya

Reading time:
December 20, 2018

JAKARTA – 19 Desember 2018 – LINE Square, layanan yang menyediakan tempat bagi komunitas untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi informasi terkait minat yang sama secara anonim, baru saja menggelar offline gathering atau pertemuan secara langsung untuk mendengar dan memenuhi kebutuhan para pengguna. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan user experience dalam menggunakan layanan ini, serta berbagai ide yang dapat membantu pertumbuhan komunitas di Indonesia melalui program seperti LINE Square Membership Program yang diluncurkan Oktober 2018 lalu.

1545216297792

“Sebagai layanan yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan komunitas di Indonesia dan ingin menjadi platform komunitas nomor satu di Tanah Air, LINE Square akan terus berupaya untuk melakukan inovasi guna mengakomodasi kebutuhan para anggotanya,” jelas Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. “Dengan user interface (UI) dan fitur baru, kami berharap dapat memberikan manfaat yang lebih lagi bagi para pengguna, sehingga para komunitas bisa berkomunikasi lebih baik dan tumbuh lebih pesat lagi.”

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh LINE Square untuk mengembangkan layanan ini adalah dengan menyelenggarakan sebuah loyalty program yang disebut LINE Square Membership Program. Selain memperoleh berbagai keuntungan, komunitas yang terpilih dalam program ini juga mendapatkan sebutan khusus, yaitu Super Square. Pada 11 November lalu, tim LINE Square mengundang para admin Super Square batch pertama ke kantor LINE Indonesia untuk mengikuti offline gathering. Pertemuan tersebut menghasilkan beragam opini dan masukan dari para admin mengenai produk dan layanan LINE Square, serta harapan mereka terhadap LINE Square Membership Program.

Sebetulnya, offline gathering ini bukanlah aktivitas pertama yang dilakukan oleh LINE Square dalam menjangkau pengguna mereka; sebelumnya, tim LINE Square telah melakukan wawancara dan survei secara rutin yang bertujuan untuk membentuk layanan yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Walaupun demikian, offline gathering  ini berbeda dengan riset sebelumnya, karena pada acara ini Tim LINE Square bertemu secara langsung dengan para pengguna, sehingga dapat memperoleh pandangan dari dua sisi, baik dari sudut pandang admin maupun dari sudut pandang pengguna.

Salah satu contoh dari pandangan tersebut adalah pendapat terkait pembaruan fitur Main Page. Para partisipan offline gatheringmenyatakan bahwa sebagai pengguna, mereka dapat menemukan Square yang diinginkan secara lebih mudah melalui penggunaan kata kunci di dalam search bar yang terdapat di bagian atas Main Page. Selain itu, mereka berpendapat bahwa bagian Kategori yang diurutkan berdasarkan keaktifan Square dan pengukuran lainnya juga membantu pengguna dalam menemukan Square yang sesuai dengan kategori minat mereka.

Selain Main Page, peningkatan fitur In-Square juga menerima sambutan yang baik. Kebanyakan pengguna berpendapat jika fitur seperti ‘Mention’ dan Reply’ telah membuat percakapan dan unggahan-unggahan anggota di chat room jadi lebih menarik danreal-time. Adapun fitur Push Notification yang dikirim ke pengguna saat ada Mention, Komentar, atau Reaksi dari sesama anggota memungkinkan mereka untuk masuk ke dalam percakapan secara lebih mudah tanpa harus melihat percakapan secara terperinci.

Sebagai admin, para partisipan pun mengatakan bahwa kini pengelolaan Square menjadi lebih mudah dengan adanya fitur khusus bagi admin, seperti Post Announcement yang memungkinkan mereka berbagi informasi penting kepada para anggotanya. Mereka juga berpendapat bahwa fitur pengaturan jumlah partisipan di setiap chat room memungkinkan mereka untuk melakukan diskusi berskala besar maupun kecil, sesuai dengan kebutuhan.

Respon para admin terhadap LINE Square Membership Program sangat positif. Mereka menyatakan bahwa manfaat dari program ini, seperti penyediaan tempat berkumpul dan berdiskusi gratis serta beragam kupon potongan harga telah membantu mereka menekan anggaran yang biasanya membengkak saat harus mengadakan pertemuan offline. Selain itu, melalui proses pemilihan yang ketat dan adil, para admin dari Super Square ini merasa diperhatikan dan diakui. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan tim dari LINE Square.

Guna menunjang para komunitas lebih baik lagi, tim LINE Square berharap untuk memperluas kerja sama dengan berbagai merek yang bergabung di dalam LINE Square Membership Program, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih beragam bagi para anggota Super Square. Adapun merek-merek yang menjadi target tidak hanya yang berasal dari industri makanan dan minuman, tetapi juga dari beragam industri lainnya.

Sebagai platform komunitas terbesar di Indonesia, LINE Square akan mengadakan aktivitas offline gathering dengan para admin Super Square secara rutin dan berkelanjutan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan komunitas di Indonesia.

Sejak peluncurannya pada Juli 2017 lalu, LINE Square saat ini telah menjadi rumah bagi 380,000 komunitas yang berasal dari berbagai bidang, seperti Studi/ Pendidikan, Fesyen, Kecantikan, Permainan, Film, dan Sosial. Melalui fitur dan user interface yang baru, LINE Square berupaya untuk memberikan manfaat yang lebih baik lagi bagi para pengguna untuk mendukung pertumbuhan komunitas di Indonesia.

LINE Square bisa diakses melalui sejumlah saluran di dalam aplikasi LINE. Pengguna bisa mengetuk ikon LINE Square yang terdapat di tab Friends, menekan logo LINE Square yang terdapat di bagian kanan atas di Timeline, atau melalui fitur More Tab.

Sebagai bagian dari misi “Closing the Distance”, LINE selalu berupaya untuk menyediakan beragam layanan yang bermanfaat bagi para pengguna setianya, salah satunya melalui platform yang saat ini tumbuh dengan cepat, LINE Square. Melalui program dan user interface  yang baru, LINE ingin memangkas jarak dan memperkaya pengalaman para pengguna dalam berkomunitas.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…