Hands-On Printer All-In-One HP Ink Tank 415

Reading time:
March 11, 2019

Memiliki sebuah printer tidaklah sama dengan memiliki perangkat mobile seperti smartphone. Umumnya, pengguna tidak akan sering berganti-ganti model printer jika printer yang dimiliki sudah sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas sehari-harinya. Walau mungkin tidak semua orang pasti memiliki printer di rumahnya masing-masing, perangkat ini masih menjadi perangkat mendasar, terutama bagi mereka yang kesehariannya membutuhkan cetak dokumen dengan jumlah lumayan banyak.

HP Ink Tank 41509

Printer sendiri kini sudah mulai mengalami pergeseran tren, di mana dahulu tangki tinta lebih banyak dipasang di dalam printer itu sendiri, kini beberapa merk printer mulai menerapkan sistem tangki di luar printer untuk memudahkan penggunanya dalam mengatur maupun mengisi ulang sendiri isi tinta dalam tangki tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh HP terhadap printer seri Ink Tank miliknya, di mana tangki berada di samping printer dengan jaminan lebih efektif, efisien serta mudah dikontrol terutama ketika isi tinta mulai habis.

Salah satu produk Ink Tank dari HP, yakni HP All-In-One Ink Tank 415, telah hadir di Jagat Review untuk kami uji coba secara singkat. Selain menawarkan sistem Ink Tank yang tentunya lebih mudah dan tidak akan berantakan saat pengisian ulang berlangsung, HP juga menjamin bahwa printer ini mampu mencetak dalam volume tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Seperti apa performa dan kemampuan dari printer all-in-one yang satu ini?

Desain dan Spesifikasi

Dengan berdimensi sekitar 525 x 553.5 x 256.6 mm serta bobot 4,67 kg, HP Ink Tank 415 tergolong sebagai printer all-in-one yang cukup compact dan mudah untuk dipindahtempatkan. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah signifikan ketika ditaruh di ruangan terbatas.

HP Ink Tank 41515 HP Ink Tank 41519 HP Ink Tank 41501

Secara desain dan bentuknya, printer HP ini nampak seperti printer all-in-one pada umumnya, dengan kemampuan utamanya untuk melakukan pencetakan dokumen, tetapi juga dilengkapi dengan scanner tipe flatbed untuk fitur scan atau copy. Sayangnya, karena tipe scanner hanya memiliki tipe flatbed dan tidak memiliki tipe ADF (automatic document feeder), maka printer ini belum bisa mendukung cetak dokumen duplex atau bolak-balik.

HP Ink Tank 41516

Paper tray terdiri dari dua jenis, yakni tray input dan tray output, di mana tray input mampu menampung sekitar 60 lembar kertas dan tray output mampu menampung setidaknya 25 lembar kertas. Dukungan kertas yang bisa dicetak menggunakan printer ini terdiri dari ukuran kertas A4, B5, A6 serta amplop DL 22 x 11 cm, cukup untuk digunakan sebagai alat cetak, scan atau copy sehari-hari walau sayangnya belum bisa untuk mendukung ukuran kertas yang lebih besar lagi.

HP Ink Tank 41507

Pada bagian permukaan, tepat di sebelah posisi scanner, printer HP Ink Tank 415 memiliki panel kontrol utama yang terdiri dari 9 tombol fisik dan layar LCD untuk informasi terkait status printer. Display-nya sendiri bisa menunjukkan jumlah lembar cetakan/copy yang tersisa, status koneksi WiFi, status WiFi-Direct, status printhead, dan error. Sementara 9 tombol pada panel kontrol utama terdiri dari tombol untuk cancel, wireless, WiFi-Direct, Color Copy, resume, information, ePrint, dan Black Copy. Tombol power (ON/OFF) juga berada di panel kontrol yang sama.

HP Ink Tank 41521 HP Ink Tank 41518 HP Ink Tank 41511

Pada sisi kanan printer, merupakan tempat di mana tangki tinta (Ink Tank) berada. Tangkinya sendiri terdiri dari empat jenis warna, yakni warna hitam dengan kapasitas tinta 80ml, serta warna Cyan, Magenta, dan Yellow dengan kapasitas tinta 70ml. Dalam hal ini, printer bisa mencetak dokumen hingga maksimal 8000 halaman warna, serta 6000 halaman hitam putih.

HP Ink Tank 41514

Printer all-in-one HP Ink Tank 415 ini telah mendukung Wireless, sehingga pengguna bisa melakukan cetak dokumen atau file tertentu melalui aplikasi smartphone HP Smart App, atau bisa dengan ePrint di mana pengguna hanya perlu mengirimkan email kepada printer untuk kemudian printer bisa mencetak isi email yang dikirimkan tersebut. Konektivitas selain wireless yang juga terdapat pada printer terdiri dari konektor USB Type B dan konektor AC-Input untuk menghubungkan printer dengan listrik, juga menghubungkan printer dengan PC lewat USB.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh HP Ink Tank 415 ini adalah tidak ada pembatasan cetak dokumen dengan counter, yang umumnya masih ada pada printer-printer sejenis. Pada printer ini, pengguna tidak perlu khawatir jika sudah mencapai batas cetak tertentu dan butuh di-reset, karena HP tidak memberikan pembatasan tersebut sehingga pengguna tetap bisa menggunakan printer, bahkan hingga tinta sudah berulang diisi kembali. Hal lain yang juga diperkenalkan oleh HP Ink Tank terbaru adalah Air Purger. Sistem ini memiliki fungsi untuk membuang udara dalam selang tinta sehingga mencegah terjadinya gelembung udara ketika proses mencetak dimulai, sehingga proses jalur tintanya akan jauh lebih cepat karenanya dan tidak perlu menunggu hingga gelembung udara tersebut hilang dengan sendirinya. Terakhir, printer HP Ink Tank sudah menggunakan sistem Vacuum, di mana sistem ini memungkinkan printer untuk tidak lagi memerlukan bak penyerap tinta untuk menampung sisa-sisa tinta yang terbuang saat pencetakan terjadi.

HP Ink Tank 41502 HP Ink Tank 41503 HP Ink Tank 41504 HP Ink Tank 41505 HP Ink Tank 41506 HP Ink Tank 41508 HP Ink Tank 41510

Dari segi kelengkapan paket penjualan, HP memberikan paket penjualan yang lengkap untuk printer yang satu ini. Dalam isi box, terdapat satu unit printer HP Ink Tank 415, empat botol tinta, dua printhead, kabel adapter, kabel USB, CD instalasi, petunjuk penggunaan serta kartu garansi.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…