Hands-On Monitor: ViewSonic VX2458-C-mhd

Reading time:
April 8, 2019

The Monitor

IMG 9172

ViewSonic merupakan salah satu produsen yang cukup berpengalaman di industri monitor. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, bukan hal yang sulit bagi ViewSonic untuk berinovasi dalam menghadirkan beragam monitor terbaru, seperti contohnya pada ViewSonic VX2458-C-mhd ini. Monitor ini menawarkan beragam fitur yang menjadi nilai jualnya, mulai dari desain layar serta fitur lainnya yang dapat mendukung kegiatan gaming penggunanya. Saat ditempatkan di atas meja, ViewSonic VX2458-C-mhd akan memakan ruang seluas 40.29 (H) x 54.59 (W) x 19.21 (D) lengkap dengan penopang kaki layarnya yang terpasang. Dengan ukuran layar 24”, monitor ini tergolong memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu mencapai 3.37kg.

IMG 9181

ViewSonic VX2458-C-mhd memiliki ukuran layar 24”, namun dirancang dengan desain melengkung. Desain layar melengkung yang imersif pada monitor ViewSonic ini memiliki tingkat kelengkungan 1800R. Layar lengkung tersebut akan membuat jarak mata dan monitor LCD selalu sama/tidak berubah meskipun memandang sudut paling jauh di sisi kiri maupun kanan. Dengan jarak pandang tetap, mata tidak perlu melakukan pengaturan fokus secara berulang-ulang akibat perubahan jarak. Alhasil mata menjadi lebih nyaman terutama untuk pemakaian monitor LCD dalam jangka waktu berjam-jam. ViewSonic pun merancang layar LCD pada monitor ini dengan permukaan tidak mengilap. Hal ini dimaksud agar layar monitor tidak memiliki sifat memantul seperti cermin dimana hal ini membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

IMG 9159

Berbeda dengan sisi depan yang berhadapan dengan pengguna, untuk sisi belakang ViewSonic VX2458-C-mhd dibalut warna black glossy. Warna tersebut memang memberikan kesan mewah pada penampilannya, tetapi akan menjadi magnet bagi debu dan juga bekas sentuhan. Sementara itu cukup disayangkan pada sisi belakang kami tidak menemukan dukungan VESA mount.

ViewSonic VX2458-C-mhd merupakan monitor LCD LED 24” dengan aspect ratio 16:9. Monitor LCD ini mendukung resolusi gambar 1920 x 1080 piksel dengan tingkat refresh rate mencapai 144 Hz. Dukungan refresh rate yang tinggi membuat monitor baru dari ViewSonic dapat ditujukan juga bagi para gamer profesional. Kombinasi ukuran layar dan resolusi gambar seperti itu membuat ViewSonic VX2458-C-mhd memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 91 PPI (Pixels per Inch).

IMG 9169

ViewSonic VX2458-C-mhd menggunakan tipe panel VA (Vertical Alignment). Tipe panel ini bisa dikatakan menawarkan sejumlah keunggulan seperti kualitas reproduksi warna lebih baik beserta viewing angle yang lebih luas dibandingkan TN (Twisted Nematic). Tidak hanya itu berkat tingkat contrast ratio lebih tinggi membuat monitor LCD dengan panel VA mampu menampilkan warna hitam dan putih lebih baik. ViewSonic mengklaim bawah monitor ini memiliki kemampuan menghasilkan color gamut 85% NTSC dengan viewing angle mencapai sudut 178° baik horizontal maupun vertikal. Sementara untuk tingkat response time pun tergolong tinggi yaitu sebesar 1 miliseconds. Kemampuan response time yang dimiliki monitor ini tergolong tinggi, bahkan sudah memenuhi syarat sebagai monitor gaming.

Monitor ViewSonic VX2458-C-mhd ini juga datang dengan keistimewaan lainnya dengan dukungan teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan.

Tilt ke belakang
20° ke arah belakang
Tilt ke depan
5° ke arah depan

Penopang layar ViewSonic VX2458-C-mhd mengijinkan pengaturan untuk kemiringan monitor LCD hingga sudut 20° ke arah belakang dan 5° ke arah depan. Sayangnya pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri tidak didukung oleh penopang layar seperti ini.

IMG 9160

 

ViewSonic VX2458-C-mhd dilengkapi konektor 1x Display Port 1.2a, 1x HDMI 1.4a, 1x D-Sub, headphone jack, dan DC-IN. Variasi konektor display pada monitor ini tergolong lengkap mulai dari tipe analog hingga digital. Menariknya pada monitor LCD ini, fitur FreeSync dapat digunakan baik saat menggunakan konektor Display Port maupun HDMI.

Speaker and Kesington Lock

ViewSonic VX2458-C-mhd menyediakan lubang kengsington security lock untuk mengamankan dari dipindahkan.

Kaki Penyangga

Desain kaki penyangga ViewSonic VX2458-C-mhd melintang lebar. Desain penyangga tersebut mampu membuat posisi monitor kokoh dan tidak mudah bergoyang.

Tombol Joystick

Operasional menu pada ViewSonic VX2458-C-mhd mengandalkan satu tombol joystick pada sisi belakang kanan layar. Penggunaan tombol joystick menjadi keunggulan dari monitor ini. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersebunyi monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick ke empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off.

IMG 9160

Pada sisi belakang layar ViewSonic VX2458-C-mhd terdapat dua lubang ventilasi dengan komponen speaker dibaliknya. Masing-masing speaker memiliki kekuatan 3W.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…