Hands-On Review Proyektor: Optoma ML750

Reading time:
September 20, 2019

Penggunaan

Optoma menghadirkan proyektor portable nan mungilnya ini untuk memudahkan penggunanya, terutama dalam melakukan perjalanan bisnis dan juga dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Ketika pertama kali menggunakan Optoma ML750 ini di ruangan yang biasa kami gunakan untuk melakukan pengujian proyektor dalam kondisi gelap, proyektor ini mampu menghasilkan proyeksi yang terang dan jelas. Ukuran dari hasil proyeksi proyektor ini pun bisa dikatakan cukup besar dengan jarak dikisaran 2,5 meter lebih. Ketika kami mengukurnya, proyeksi yang ditampilkan memiliki diagonal kurang lebih 80 inci. Hal ini menunjukkan bahwa Optoma ML750 tidak mendukung proyeksi short throw untuk mencapai ukuran layar proyeksi sebesar itu. 

DSCF9983

Seperti yang sudah kami sebutkan di halaman sebelumnya, proyektor Optoma ML750 dirancang sebagai proyektor portable dengan mengusung penggunaan yang mudah. Ketersediaan slot microSD dan USB type-A 2.0 dapat dimanfaatkan sebagai sumber file. Proyektor ini memiliki user interface saat proyektor dihubungkan dengan microSD atau USB pengguna. Akan muncul beberapa pilihan menu yang hendak diakses melalui proyektor. Mulai dari Photos, Video, Music, Office Viewer dan Setup.

DSCF9547

Untuk menu video, proyektor ini sayangnya hanya mampu membuka file video dengan format .mp4 dengan resolusi maksimal 720p. Pada menu Photos, proyektor ini dapat membuka file foto dengan format jpg dan bmp. Pada menu Office Viewer, proyektor ini mampu membuka beberapa file dokumen seperti pdf, MS.word, MS.excel dan MS.PowerPoint. 

002 menu USB 003 Office Viewer

Optoma ML750 ini hanya dilengkapi dengan vertical keystone. Artinya, pengguna harus menempatkan proyektor tegak lurus dengan bidang proyeksi saat digunakan untuk mendapatkan bentuk proyeksi yang pas. Ini tentunya akan menambah kesulitan pengguna ketika menggunakan proyektor ini dari ruangan dengan ukuran yang terbatas. Namun, dengan ruangan besar dan bidang proyeksi besar, proyektor ini seharusnya tidak akan menimbulkan masalah serupa.

DSCF9535
Vertical Keystone bisa diatur menggunakan tombol atas/bawah di remote, atau tombol di bodi proyektor.

 

Picture Mode

Optoma ML750 sendiri menggunakan teknologi DLP untuk pemrosesan cahaya untuk proyeksi. Proyektor ini memiliki 4 mode preset display mode, mulai dari Cinema Mode, Bright Mode, Photo Mode dan PC Mode. Berikut ini adalah perbedaan dari penggunaan keempat preset tersebut:

Catatan:

  • Hasil di bawah didapatkan dengan memotret hasil proyeksi. Tampilan pada gambar di bawah belum tentu sama dengan tampilan saat Anda melihat langsung ke hasil proyeksi.
  • Pengujian dilakukan dengan menggunakan setting default yang disertakan oleh Optoma. Sebelum melakukan pengujian, kami melakukan reset to factory default untuk mengembalikan semua konfigurasi ke nilai default.
  • Kondisi ruangan saat pemotretan hasil proyeksi gelap.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Cinema” active=”active”]
Cinema Mode

Cinema Mode

 

[/tab]
[tab title=”Bright”]
Bright Mode

Bright Mode

[/tab]
[tab title=”Photo”]
Photo Mode

Photo Mode

[/tab]
[tab title=”PC Mode”]
PC Mode

PC Mode

[/tab]
[/tabs]

Penggunaan di Ruangan Gelap/Terang

Berikut ini perbedaan hasil proyeksi di konfigurasi Cinema Mode di ruangan pengujian dalam kondisi seluruh lampu dinyalakan (ruangan terang) dan seluruh lampu dimatikan (ruangan gelap).

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Ruangan Gelap” active=”active”]

Ruangan Gelap

Ruang Gelap Ruang Gelap 02

 

[/tab]
[tab title=”Ruangan Terang”]
Ruangan Terang

Ruang Terang

Ruang Terang 01

 

[/tab]
[/tabs]

Di ruangan terang, perangkat ini terlihat kurang bisa menampilkan proyeksi yang terlihat baik. Mengingat rating konsumsi daya dari proyektor ini yang cukup rendah, hal ini terlihat wajar. Lampu yang disertakan untuk proyektor ini sendiri memang tidak menampilkan ANSI Lumens yang tinggi.

Kesimpulan

DSCF9537

Tidak bisa dipungkiri, Optoma ML750 memang didesain khusus sebagai proyektor portabel yang memudahkan pengguna untuk membawanya ke luar rumah atau kantor. Tas yang disertakan sebagai paket penjualannya sangat mendukung sekali penggunanya untuk mobile dan patut diapresiasi. Bobotnya yang ringan serta ukurannya yang compact dengan sebesar telapak tangan, juga menjadi bagian pendukung kemudahan membawa perangkat ini.

Di satu sisi, ukuran ringkas pada Optoma ML750 memang tidak bisa banyak menyertakan port koneksinya. Optoma hanya meletakkan konektor HDMI, USB 2.0 dan slot microSD. Namun, ketersediaan port HDMI seharusnya sudah tidak akan membuat kesulitan pengguna saat akan menghubungkan proyektor ini ke laptop atau PC Desktop. Optoma juga menyediakan remote control yang mempermudah penggunaan proyektor ini.

Optoma ML750 ini terbilang menawarkan hal yang menarik dari penggunaan Power LED sebagai sumber cahayanya. Hal ini tentunya akan membuat proyektor hanya membutuhkan daya yang rendah untuk beroperasi, sembari tetap menawarkan brightness yang baik, serta kualitas tampilan yang baik, ala proyektor DLP pada umumnya. Optoma mengklaim bahwa proyektor ini mampu menghasilkan ukuran layar  80″ dengan jarak antara proyektor dengan layar proyeksi 2.58 meter. Sayangnya, Optoma tidak menyematkan fitur mekanisem zoom pada proyektor ini. Sehingga Anda harus mengatur jarak antara proyektor dan layar proyeksi untuk mendapatkan ukuran gambar yang lebih besar.

Berdasarkan informasi dari PT Datascrip selaku distributor, proyektor Optoma ML750 ini dipasarkan dengan harga Rp 11.660.000. Harga yang ditawarkan mungkin terasa tinggi, tetapi seharusnya sudah sepadan dengan teknologi yang diusung oleh proyektor ini. Garansi yang diberikan PT Datascrip untuk proyektor Optoma ini selama 3 tahun (service & sparepart) dan lampu 1000 jam atau 1 tahun.

 

(+) Ukuran ringkas

(+) Paket penjualan dilengkapi carrying bag

(+) Bodi hitam, tidak mudah kotor

(+) Port koneksi memadai

(+) Tersedia remote control

 

(-) Tidak ada mekanisme optical zoom

(-) Lampu kurang kuat untuk ruangan terang

(-) Harga cukup tinggi

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…