Hands-On Review Proyektor: Optoma ML750

Reading time:
September 20, 2019

Sebuah proyektor yang memiliki ukuran ringkas dengan perlengkapan yang pendukungnya untuk mudah dibawa bepergian, merupakan suatu perangkat yang mungkin akan banyak dibutuhkan oleh beberapa kalangan. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas proyektor dengan ciri-ciri tersebut, besutan dari salah satu produsen proyektor ternama asal Taiwan, yaitu Optoma. Beberapa waktu lalu, kami kedatangan proyektor Optoma dengan nama seri ML750 yang memiliki desain sangat compact dan mungil.

DSCF9983

Optoma ML750 disebut sebagai Portable LED Projector, di mana “portable” ini tentu akan merujuk pada kemudahan pengguna saat membawa perangkat ini. Hal itulah yang dicoba diantisipasi oleh Optoma dengan menghadirkan paket penjualan yang lain daripada yang lain. Mulai penasaran? Langsung saja kita bahas hal-hal terkait dari proyektor ini dalam hands-on berikut ini!

Paket Penjualan

Optoma ML750 yang datang ke meja pengujian kami tidak disertai dengan box bawaannya. Namun menurut infoormasi dari Datascrip sebagai distributor resminya, paket penjualan Optoma ML750 yang tersaji ini berada di dalam tas khusus ini. Paket penjualannya bisa dikatakan mirip dengan beberapa proyektor portable yang sempat kami beberapa tahun lalu. Berikut adalah perlengkapan yang disertakan oleh Optoma pada proyektor mungilnya ini.

DSCF9527 Paket Penjualan Optoma ML750
DSCF9529
Kabel Adapter
DSCF9533
Kabel Universal I/O to VGA

 

Semua kelengkapan pendukung Optoma ML750 terdapat didalam tas. Ukuran dari tas khusus proyektor ini tergolong cukup ringkas, sehingga mudah untuk dibawa dan disimpan di dalam tas untuk dibawa bepergian.

Optoma ML750

Proyektor Optoma ML750 ini memiliki bodi berwarna hitam di sekujur bodinya. Ukurannya terbilang sangat ringkas dan compact dengan dimensi 104 x 106 x 38 mm. Hal ini membuatnya benar-benar mendukung konsep “portable” yang disandang oleh proyektor Optoma ini. Selain itu, bobot dari proyektor ini hanya berkisar 380 gram. Penggunanya tentu akan merasa nyaman untuk membawanya kemana pun.

DSCF9563

Secara fisik, Optoma ML750 terlihat cukup minimalis, bahkan ukurannya bisa dibilang mirip dengan komputer mini Intel NUC. Proyektor ini memiliki dimensi 104 x 106 x 38 mm, Hal ini membuatnya benar-benar mendukung konsep “portable” yang disematkan untuknya. Optoma menggunakan warna hitam di sekujur proyektor yang satu ini yang dibalut dengan body dari bahan plastik. Warna hitam untuk bodi dari proyektor ini membuatnya tidak mudah kotor.

Optoma menyertakan beberapa kipas pendingin, mulai di bagian depan, belakang, samping dan samping kanan. Di tiap sisinya, proyektor ini memiliki lubang ventilasi yang berfungsin untuk membuang hawa panas yang dihasilkan. 

DSCF9537 asdasd

Resolusi native dari proyektor ini adalah WXGA 1280 x 800 piksel dengan aspect ratio 16:10. Resolusi yang ditawarkan bisa dikatakan cocok untuk kebutuhan pengguna mobile, seperti bisnis atau bisa juga untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini membuat Optoma ML750 bisa menawarkan kualitas proyeksi terbaik ketika digunakan di resolusi tersebut. Sementara untuk resolusi maksimal, proyektor ini mendukung resolusi 1920 x 1080 piksel melalui konektor HDMI.

DSCF9557

Lampu yang digunakan Optoma di proyektor minimalisnya ini menawarkan brightness hingga 700 ANSI Lumens dan disebut menggunakan daya 65 Watt saat beroperasi. Angka 700 ANSI Lumens bisa dikatakan tidak terlalu tinggi, namun sudah sangat memadai untuk kebutuhan proyeksi. Optoma ML750 ini hadir dengan menawarkan contrast ratio 15000:1.

Lensa yang digunakan pada Optoma ML750 ini tidak memiliki mekanisme optical zoom. Hal ini tentu akan membuat penggunanya mau tidak mau harus mengatur jarak proyektor ke bidang proyeksi untuk mendapatkan ukuran proyeksi sesuai yang dibutuhkan. Proyektor ini bisa menghasilkan proyeksi dengan hingga 80″ dengan jarak proyektor ke bidang proyeksi berkisar hingga 2,58 meter.

004

Beralih pada konektivitas Optoma ML750 yang semuanya terletak di bagian belakang proyektor. Optoma membenamkan beberapa konektivitas esensial seperti slot power DC-in, USB Type-A 2.0, HDMI/MHL, Universal I/O dan microSD. Ketersediaan port microSD dan USB 2.0 pada proyektor ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan presentasi tanpa harus ribet menghubungkan proyektor ke perangkat lain seperti laptop. Selain port konektivitas, terdapat receiver untuk remote dan Kensington Lock di dekat deretan port tersebut. Menariknya, meskipun ukurannya yang mungil, ternyata Optoma menyertakan speaker 1W pada proyektor ini.

DSCF9539 DSCF9725

Di bagian atas proyektor tentu saja terdapat beberapa tombol yang tersusun dalam bentuk persegi. Terdapat tombol power yang terpisah di antara tombol-tombol pengaturan. Pada tiap tombol disertakan lampu indikator. Namun pada tombol power terdapat dua warna, biru dan merah. Untuk warna biru mengindikasikan bahwa proyektor berfungsi secara normal. Sedangkan warna merah menandakan bahwa proyektor dalam keadaan sleep/mati. Sedangkan tombol-tombol yang tersusun dalam bentuk persegi merupakan tombol menu yang berfungsi untuk menampilkan OSD (On-Screen Display) menu konfigurasi.

DSCF9545

Di bagian bawah proyektor terdapat lubang mounting yang bisa digunakan untuk pemasangan di tripod. Karena bobot dari proyektor ini tidak terlalu berat, hanya di kisaran 380 gram, proyektor ini seharusnya dapat dipasang dengan mudah di tripod untuk kamera DSLR yang ada saat ini. Selain itu, terdapat juga kaki depan proyektor yang dapat diatur ketinggiannya untuk membantu memposisikan hasil proyeksi proyektor ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…