Review Rapoo M100 Silent: Murah, Multi-Mode, dan Tidak Berisik

Reading time:
March 2, 2020

Mouse selama ini lebih identik dengan alat input untuk sebuah PC, baik desktop maupun laptop. Namun, seiring dengan perkembangan penggunaan perangkat pendukung produktivitas harian, bisa jadi seseorang saat ini akan membutuhkan mouse sebagai alat input untuk perangkat lain, seperti tablet atau bahkan smartphone. Melihat kebutuhan tersebut, produsen pun mulai menghadirkan mouse multi-mode/multi-fungsi, yang bisa digunakan untuk PC maupun untuk tablet atau smartphone. Salah satunya adalah mouse dengan harga yang terbilang murah yang kami review kali ini, Rapoo M100 Silent.

DSCF9343

Rapoo M100 Silent

Hadir sebagai mouse yang terjangkau, M100 Silent dikemas dalam blister pack yang sangat sederhana. Walaupun begitu, Rapoo terbilang tidak pelit dalam menyediakan perlengkapan untuk mouse ini. Di dalam kemasan paket penjualan, selain unit mouse, kami juga menjumpai USB dongle untuk koneksi wireless 2.4 Ghz, baterai AA, serta quick guide untuk penggunaan mouse ini.

DSCF9344
USB dongle untuk konektivitas wireless 2.4 GHz.

Rapoo M100 Silent ini merupakan mouse multi-mode, yang berarti dia mendukung lebih dari satu jenis koneksi, serta bisa dihubungkan dengan beberapa perangkat. Selain dengan koneksi wireless 2.4 GHz ke dongle, mouse ini juga mendukung koneksi Bluetooth. Menariknya, M100 Silent ini dilengkapi dengan dua channel Bluetooth, sehingga dia bisa terhubung ke dua perangkat sekaligus melalui Bluetooth, tanpa memerlukan proses pairing ulang saat beralih antar perangkat.

DSCF9348

Ukuran mouse ini bisa dikatakan ringkas, cenderung kecil, tetapi tetap cukup nyaman saat dipegang sekalipun oleh orang dengan tangan yang cukup besar. Memang, untuk pengguna dengan ukuran tangan yang cukup besar, satu-satunya cara mengoperasikan mouse ini adalah dengan claw grip. Namun, desain yang dipilih oleh Rapoo tetap membuatnya tidak menyulitkan pengoperasian, serta tidak mengganggu tumpuan telapak tangan, yang berpotensi mengurangi kenyamanan serta membuat tangan cepat lelah saat menggunakan mouse. Tekstur agak kasar yang dihadirkan di sisi kiri-kanan mouse ini juga membuatnya tidak terasa licin saat digunakan. Beserta dongle dan baterai, berat mouse ini hanya di kisaran 78 gram.

DSCF9362

Mouse ini hanya menawarkan tombol klik kiri dan klik kanan, serta scroll wheel yang juga berfungsi sebagai klik tengah. Bisa dikatakan, konfigurasi “klasik” seperti ini sudah cukup jarang dijumpai karena cukup banyak produsen mouse yang sudah menghadirkan tombol tambahan di mouse dengan harga terjangkau sekalipun. Namun, mengingat fitur multi-mode yang diusung mouse ini, serta harganya yang mudah, ini cukup bisa dimaklumi.

Beralih ke sisi bawah mouse, terdapat switch on/off, satu tombol tambahan, serta kompartemen untuk baterai. Tombol tambahan yang ada di sisi bawah ini merupakan tombol mode, yang bisa digunakan untuk berpindah antar mode, yaitu wireless, Bluetooth 3.0, dan Bluetooth 4.0. Sementara di kompartemen baterai, selain ada tempat untuk satu baterai AA, ada juga tempat untuk menyimpan dongle.

DSCF9356

Sensor yang digunakan mouse ini adalah sensor optical, dengan resolusi hingga 1300 dpi. Sayangnya, di mouse ini tidak ada mekanisme yang bisa digunakan untuk mengatur tingkat sensitivitas sensor secara on-the-fly. Walaupun begitu, kita tetap bisa menggunakan fitur yang ada di sistem operasi untuk mengatur tingkat sensitivitas bila dirasa dibutuhkan.

Untuk baterai, Rapoo menyebutkan bahwa satu baterai AA standar bisa digunakan hingga 9 bulan untuk M100 Silent ini. Kami tentu saja tidak memiliki waktu sepanjang itu untuk membuktikan daya tahan baterai dari mouse ini. Namun, belakangan ini, mouse wireless bisa dikatakan semakin hemat baterai dan daya tahan baterai panjang, hingga 9 bulan, seperti yang diklaim Rapoo untuk mouse ini, bisa dikatakan bukan hal yang tidak mungkin dicapai.

Penggunaan

Beralih ke pengujian penggunaan dari Rapoo M100 Silent ini. Hal pertama yang kami coba adalah kemampuan multi-mode dari mouse ini. Kami menghubungkan mouse ke PC desktop dengan menggunakan dongle, ke laptop dengan memanfaatkan Bluetooth 4.0, serta ke smartphone dengan memanfaatkan Bluetooth 3.0. Beralih antar mode bisa dilakukan dengan mudah, dengan menekan tombol di sisi bawah mouse. Jadi, di satu waktu, mouse ini teoretis bisa terhubung ke tiga perangkat sekaligus. Sayangnya, tidak ada indikator yang menunjukkan mode koneksi apa yang sedang aktif dari mouse ini, jadi kita harus menggerakkan mouse dulu untuk melihat koneksi apa yang tengah aktif.

DSCF9350

Saat digunakan, klik kiri dan klik kanan dari mouse ini terbilang responsif dan cukup nyaman untuk kelasnya. Rapoo juga tidak berlebihan dalam memberikan sebutan “Silent” untuk mouse ini, karena memang klik kiri dan klik kanan cenderung tidak menimbulkan suara. Memang, tidak benar-benar tanpa suara sama sekali, tetapi suara yang dihasilkan hampir tidak terdengar dan sama sekali tidak mengganggu.

DSCF9359

Sementara untuk pergerakan cursor, kami sempat sedikit menjumpai gerakan cursor seperti terpatah-patah saat menggunakan koneksi wireless 2.4 GHz ke PC desktop. Saat kami mencoba memindahkan dongle dari satu port USB ke port USB lain, gerakan cursor menjadi normal. Kami juga sempat mencoba memindahkan dongle ke PC lain dan gerakan cursor dengan mouse ini terbilang normal. Bisa jadi, masalah yang sempat kami alami disebabkan karena hal di luar mouse.

Penutup

Mouse Rapoo M100 Silent ini ditawarkan di harga yang terbilang murah, yaitu di kisaran Rp 130 ribu. Untuk harga itu, mouse multi-mode yang satu ini bisa dikatakan menarik. Klik kiri dan klik kanan yang “silent” juga menjadi nilai lebih tersendiri dari mouse ini.

DSCF9347

M100 Silent ini memang tidak dilengkapi dengan tombol tambahan, yang mungkin akan jadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh pengguna. Walaupun begitu, melihat harga mouse ini, bisa dimaklumi bila Rapoo tidak menghadirkan tombol tambahan untuk mouse ini. Sebagai informasi tambahan, Rapoo juga menyediakan varian mouse wireless multi-mode di atas M100 Silent ini yang dilengkapi dengan tombol tambahan di sisi kiri mouse.

Hal menarik lain, mouse M100 Silent ini tersedia dalam beberapa opsi warna. Rapoo menawarkan mouse ini dalam warna hitam/abu-abu tua, putih, biru, biru muda, merah, dan pink. Jadi, untuk yang membutuhkan mouse murah untuk kesehariannya, terutama yang ringkas, ringan, dan bisa digunakan di beberapa perangkat dengan mudah, M100 Silent ini bisa jadi pilihan yang menarik.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…