Review Lenovo Thinkpad L13 dan L13 Yoga: Laptop Premium Dengan Kenyamanan Tinggi

Author
Irham
Reading time:
August 29, 2020

Spesifikasi

ThinkPad L13 memiliki panel layar IPS berukuran 13,3 inci dengan resolusi FullHD 1920x1080p. Layar ini memiliki dukungan 45% NTSC dengan tingkat kecerahan 250 Nits. Permukaannya telah memiliki Anti-Glare sehingga bebas pantulan dan membuat pengguna lebih nyaman tanpa khawatir di intip. Engsel layar dapat diluruskan hingga 180°.

Review ThinkPad L13

Sedangkan pada Thikpad L13 Yoga, ini memiliki panel layar dan ukuran yang sama yaitu IPS 13,3 inci FHD (1920×1080). Akan tetapi visibilitasnya lebih baik yaitu dengan 72% NTSC dan tingkat kecerahan 300 nits. Engsel layar juga dapat diputar hingga 360 derajat.

Review ThinkPad L13

 

Kedua laptop ini yaitu ThinkPad L13 dan ThinkPad L13 Yoga memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Untuk prosesornya sama-sama menggunakan Intel Core i7 10510U – Comet Lake dengan fabrikasi 14nm. Prosesor ini memiliki konfigurasi 4Core/8Thread dengan TDP sebesar 15W. Base clocknya mencapai 1.8GHz, dengan maksimal boost 4,9GHz. Prosesor ini juga memiliki 8 MB Intel Smart Cache, seta Intel UHD Graphics.

Untuk RAMnya juga sama, baik ThinkPad  L13 dan ThinkPad L13 Yoga sama sama menggunakan RAM on board dual channel dengan kapasitas 16GB DDR4 2666 MHz. Jadi tidak ada slot SO-DIMM untuk upgrade bagi pengguna.

Storage menjadi salah satu pembeda antara ThinkPad  L13 dan ThinkPad L13 Yoga. Dimana ThinkPad L13 menggunakan – 1 TB SSD NVMe PCIe, sedangkan L13 Yoga menggunakan  512 GB SSD NVMe PCIe.

Pada sistem operasinya, ThinkPad L13menggunakan Windows 10 Pro. Sedangkan L13 Yoga menggunakan Windows 10 Pro S Mode. Sangat disarankan untuk langsung merubah Windows 10 in S Mode menjadi Windows 10 biasa saat menggunakan ThinkPad L13 Yoga. Mengubah Windows 10 in S Mode menjadi Windows 10 biasa tidak dipungut biaya tambahan. Pada pengujian ini, kami mematikan S Mode pada ThinkPad L13 Yoga.

Baik ThinkPad L13 dan L13 Yoga,  dilengkapi dua buah speaker dengan posisi menghadap ke bawah. Speaker menghadap ke bawah membuat kualitas suara dipengaruhi material meja/alas laptop. Namun untuk audionya, perangkat ini juga menyediakan Dolby Audio Premium untuk mengubah Audio Profile.

Pada aspek konektvitas, laptop ini memiliki modul Wi-Fi – Intel Wireless-AC 9560, Wi-Fi AC, Mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi, dan Bluetooth 5.

Untuk tombol dan interfacenya, perangkat ini memiliki beberapa port diantaranya yaitu

Kiri:

Review ThinkPad L13
  • 2X Type-C USB 3.1 Gen 1
    • Dapat digunakan pula untuk menyuplai daya listrik ke Laptop (Charging)
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
    • Mendukung Power Delivery
  • 1X Network Extension for Ethernet
  • 1X USB 3.1 Gen 1 (Mendukung fitur Always On – Dapat melakukan Charging perangkat USB saat Laptop On, Off, Sleep, atau Hibernate)
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan:

Review ThinkPad L13
  • Tombol Power On/Off
  • MicroSD Card Reader
  • 1X USB 3.1 Gen 1
  • 1X HDMI
  • 1X Kensington Lock SlotDSCF0495S

Pada paket penjualannya juga dilengkapi dengan aksesoris Type-C USB to Ethernet jika membutuhkan konektivtas jaringan dengan kabel.

 

Stylus

Lenovo Thinkpad L13 series 2

Khusus untuk  notebook ThinkPad L13 Yoga dilengkapi Stylus ThinkPad Pen Pro yang memudahkan saat aktivitas menggambar ataupun menulis. Pada bagian body di sisi kanan dekat dengan  palmrest, terdapat ruang khusus untuk menyimpan stylus. Saat disimpan, baterai stylus akan terisi secara otomatis. Juga tersedia Lenovo Pen Setting untuk mengatur fungsi tombol dan menampilkan kapasitas baterai pada stylus.

Security

Lenovo juga melengkapi notebook ThinkPad L13 dan L13 Yoga dengan sistem keamanan yang diantaranya yaitu Biometric Login menggunakan fingerprint sensor yang terletak di sebelah kanan touchpad.

Review ThinkPad L13

 

Biometric login lainnya yaitu dengan teknologi face recognition menggunakan Infra Red Camera. Selain itu kamera web ini juga  didukung dengan Glance By Mirametrix, dengan beberapa fungsi yang ditawarkan seperti:

  • Presence Detection

Fitur ini akan mendeteksi keberadaan pengguna di depan Laptop. Jika tidak dideteksi, Laptop secara otomatis akan mengunci layar, atau mematikan layar, atau mengaktifkan Screensaver

Fitur ini akan membuat Laptop lebih aman jika dipadukan dengan Biometric Login

  • Snap Window

Fitur ini membuat pengguna dapat memindahkan posisi Window dari layar Laptop ke layar eksternal atau sebaliknya cukup dengan mengarahkan pandangan.

  • Smart Pointer

Sama seperti Snap Window tetapi yang dipindahkan adalah posisi kursor Mouse. Cocok sekali digabungkan dengan kemampuan Snap Window karena Window dan kursor Mouse akan langsung pindah secara bersamaan ke layar tujuan.

  • Smart Display

Dengan fitur ini, tampilan pada layar akan di BLUR saat muka pengguna tidak mengarah ke layar Laptop seperti saat menoleh

  • Privacy Guard

Kamera infra merah akan mendeteksi keberadaan orang lain di sekitar pengguna dan akan melakukan BLUR tampilan pada layar jika orang itu melihat ke arah layar. Membuat privasi tampilan lebih terjaga

  • Privacy Alert

Sangat cocok dikombinasikan dengan fitur Privacy Guard. Fitur ini membuat Laptop menampilkan ikon notifikasi jika ada pengintip. Posisi ikon akan muncul di kanan atas layar jika pengintip ada di sisi kanan, begitupula sebaliknya.

  • Posture Warning

Fitur ini akan menampilkan notifikasi yang menunjukkan posisi pengguna terlalu dekat dengan Laptop sehingga membuat tulang punggung terlalu menekuk

Review ThinkPad L13

Pada bagian webcam juga terdapat  “ThinkShutter webcam privacy cover”, yaitu penutup kamera yang akan mencegah privasi pengguna dibobol apabila sampai kejadian kamera pada notebook tersebut mengalami hacking.  Sementara sistem keamanan pada drive didukung dengan  Discrete Trusted Platform Module (dTPM) 2.0 untuk enkripsi data agar lebih aman.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Uji Performa Cinebench R15 20X Loop (Dengan Power Adapter) Terlihat…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

Uji Performa Terdapat 5 preset pengaturan performa yang dapat diubah…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Spesifikasi  Untuk spesifikasi dapur pacunya, ASUS ROG Zephyrus Duo 15…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

Uji Performa Laptop HP Envy 15 menyediakan pengaturan Performance Profile…

Gaming

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 12, 2021 - 0

Capcom Sempat Rencanakan Ada Wong untuk RE Village!

Dengan lebih banyak seri Resident Evil utama yang meluncur ke…