Review MSI Prestige 15: Laptop Video Editor yang Ringan dan Tipis

Reading time:
August 3, 2020
DSCF9813

Banyak content creator, video editor, desainer grafis, fotografer dan pekerja di dunia kreatif yang membutuhkan mesin tangguh yang mudah dibawa-bawa. Kombinasi tipis-kencang dengan layar yang cocok untuk pengaturan warna secara detail, susah ditemukan.

Kali ini, MSI hadir dengan solusi mereka di kelas Prestige yang cocok untuk kebutuhanyang sempat disebutkan di atas: laptop content creator bertenaga yang ringan dan tipis. Seperti apa performanya? Simak pembahasan laptop MSI Prestige 15 kami berikut ini!

Desain dan Spesifikasi

CPUZ CPU

MSI Prestige 15 memiliki dapur pacu utama berupa prosesor Intel Core i7-10710U yang berkode nama Comet Lake dengan fabrikasi 14 nm, memiliki 6-Cores/12-Threads, TDP 15 Watt, Base Clock 1.1 GHz dengan Maximum Turbo Boost Clock 4.7 GHz, serta Intel Smart Cache 12 MB. Laptop ini juga mengusung RAM sebesar 32 GB DDR4 2666 MHz Dual Channel dan tersedia dua slot SO-DIMM, dengan storage utama berupa 1 TB SSD M.2 NVMe PCIe, dan tersedia slot M.2 kedua untuk menambah SSD.

Cukup menariknya, MSI Prestige 15 ini menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB GDDR5 versi Max-Q secara langsung untuk Discrete Graphics, di mana biasanya Laptop Content Creation dengan prosesor Intel U-Series masih menggunakan GeForce MX Series. Sementara untuk Intergrated Graphics, laptop menggunakan Intel UHD Graphics dengan 24 EU.

GPUZ NVIDIA GPUZ INTEL

Bodi utama dari MSI Prestige 15 ini menggunakan form factor Clamshell layaknya laptop klasik pada umumnya, dengan material Alumunium yang membuat bobot tetap ringan dan kokoh. Laptop ini telah memiliki standarisasi militer MIL-STD-810G yang membuatnya lebih tahan banting dan kuat dari berbagai hal yang mungkin terjadi.

DSCF9859 MIL STD 810G

Laptop memiliki desain stylish dan elegan dengan bodi yang cukup ramping, dengan pilihan warna Carbon Grey. Laptop memiliki dimensi 35.6 x 23.3 x 1.59 cm dengan bobot laptop 1.73 kg dan charger seberat 330 gram, membuatnya jadi laptop content creator yang tipis dan ringan di kelasnya.

DSCF9846 DSCF9849 DSCF9858

Layar utama MSI Prestige 15 sebesar 15.6″ MSI True Pixel Display IPS Level, dengan resolusi 4K (3840 x 2160 piksel), refresh rate 60 Hz, color gamut 100% Adobe RGB, Delta E<2, dengan per Unit Factory Calibrated dan telah diverifikasi oleh Calman. MSI menyediakan software MSI True Color yang digunakan untuk mengatur Color Profile pada layar dengan beragam pilihan, termasuk sRGB, DCI P3 hingga Customize. Permukaan layar telah Anti-Glare untuk mengurangi pantulan cahaya, berbingkai tipis dengan screen-to-body ratio mendekati 90%, serta memiliki kamera 720p 30 FPS pada sisi atas layar dan engsel layar bisa dibuka hingga 180 derajat.

MSI True Color

Komparasi Tampilan Layar MSI VS Objek Asli

Kami mencoba menguji kemampuan layar Laptop MSI Prestige 15 dengan cara “tidak biasa”, yaitu dengan membandingkan tampilan gambar pada layar MSI Prestige 15 dengan objek aslinya. Semakin baik kualitas layar maka gambar yang ditampilkan akan mirip seperti objek aslinya.

Hasil komparasi dapat terlihat pada tiga gambar berikut ini:

Screen Comparison 03 Screen Comparison 02 Screen Comparison 01

Berdasarkan hasil komparasi tersebut, terlihat bagaimana layar MSI Prestige 15 ini mirip sekali dengan obyek aslinya. Tentu saja tingkat kemiripan yang tinggi ini akan menguntungkan para content creator, di mana penting bagi mereka untuk bisa melakukan edit di layar agar kualitas dan hasil warna tampak seperti tampilan aslinya. Karenanya, layar MSI Prestige 15 ini cocok untuk dipasangkan dengan printer profesional untuk percetakan kualitas tinggi, misalnya seperti Epson SureColor P807.

EPSON P807

Untuk audio, MSI Prestige 15 dilengkapi dengan 2 buah speaker dengan posisi menghadap ke bawah, yang juga disertai dengan software Nahimic untuk bisa mengatur Audio Profile. Karena speaker menghadap ke bawah, maka kualitas suara yang dapat terdengar akan ditentukan oleh material meja atau alas di mana laptop tersebut ditempatkan.

DSCF9852 DSCF9839 DSCF9842

 

MSI Prestige 15 memiliki konektor yang terdiri dari 2x Thunderbolt 3.0, 1x HDMI, dan 1x 3.5 mm Audio Combo Jack di sisi kirinya, dan slot MicroSD Card Reader serta 2x USB 3.2 Gen 2 di sisi kanannya. Untuk konektivitas, laptop ini dilengkapi dengan Wi-Fi 6 atau Wi-Fi AX serta Bluetooth v5.1.

DSCF9848

Keyboard-nya memiliki desain dan layout khas MSI Prestige Series dengan tombol besar, travel distance 1.5 mm dan backlit putih yang bisa diatur tingkat kecerahannya dengan menekan tombol F8. Sementara Touchpad berada di posisi Center-to-Body dengan permukaan ekstra luas dan didukung Windows Precision Driver.

MSI memberikan software yang dinamakan MSI Creator Center pada Prestige 15 ini, di mana software ini bisa disebut sebagai “Dragon Center” untuk laptop Conten Creation dari MSI. Fitur Creation Center ini mencakup di antaranya:

  • Creator Mode: ketika diaktifkan, fitur ini akan melakukan Auto Tuning pada laptop untuk membuat performa lebih optimal saat menggunakan software yang berhubungan dengan content creation seperti Photoshop, Premiere, Power Director, dan lain sebagainya.
  • System Monitoring: fungsi ini memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi laptop, mulai dari penggunaan hardware, hingga melihat suhu dan clock speed.
  • System Tuner: fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur Performance Proile yang terdiri dari High Performance, Balanced, Silent, dan Super Battery; serta mengatur kecepatan kipas.
  • Battery Master: penyedia fitur Battery Callibration dan Battery Health Option.
MSI Creator Center System Monitoring MSI Creator Center Creator Mode 01 MSI Creator Center Battery Master
Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

September 6, 2021 - 0

Review Acer Nitro 5 (AN515-57): Super Kencang, Dingin dan Ada Thunderbolt

Lagi-lagi tim Jagat Review kedatangan laptop Acer Nitro 5 AN515-57…
September 1, 2021 - 0

Review Lenovo ThinkPad X1 Nano: Mungil, Ringan, Kencang, Lengkap dan Keren!

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari…
August 30, 2021 - 0

Cara Maksimalkan Produktivitas di Laptop Huawei dan Ekosistemnya

Dari segi spesifikasi Hardware, Laptop Huawei memang tidak banyak berbeda…
August 27, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari…

Gaming

September 20, 2021 - 0

“Proyek Penting” Pertama Ulang Tahun 25 Persona Berisikan Konser dan Streaming Anime di Jepang

Hype adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil…
September 20, 2021 - 0

Dev. Detroit Become Human Racik Game Star Wars?

Developer yang berfokus mengembangkan game dengan genre “interactive story” memang…
September 20, 2021 - 0

Otak Balan Wonderworld Belajar Bikin Game Sendiri

Berapa banyak dari Anda yang mengenal sosok Yuji Naka? Di…
September 20, 2021 - 0

RPG Baru SEGA Ternyata Game Mobile, Dihujani Dislike

Salah timing? Atau berbagi panggung dengan developer yang salah? Apa…