Review Lenovo IdeaPad Flex 5i : Laptop Lengkap Untuk Semua

Author
Irham
Reading time:
September 4, 2020

Tim JagatReview kedatangan lagi produk dari Lenovo, yaitu Lenovo IdeaPad Flex 5i untuk pengujian review. Dan mungkin laptop ini adalah laptop yang menjawab kebutuhan kalian ketika saat ini sedang mencari laptop baru.

Seperti smartphone, memilih laptop juga tidak bisa menilainya dengan satu kebutuhan saja. Tidak ada produk yang sempurna karena  semua produk menawarkan keunggulan yang berbeda, dan pengguna hanya bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Lenovo memiliki produk terbaru yaitu IdeaPad Flex 5i, yang mana produk ini ditujukan bagi pengguna yang menginginkan perangkat kerja yang sesuai namanya, Fleksibel untuk beragam aktivitas. Menawarkan desain Convertibel (2-in-1), seri IdeaPad Flex menjadi penerus dari seri sebelumnya yaitu IdeaPad C-Series, yang juga sama-sama memiliki desain convertible.

Lalu seperti apa produk terbaru dari Lenovo ini, untuk siapa laptop ini diperuntukan. Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Lenovo IdeaPad Flex 5i adalah laptop dengan form Factor 2-in-1, dimana pengguna bisa mengoperasikan perangkat ini dengan empat mode. Yaitu mode laptop, mode stand, mode tent, dan mode tablet. Perangkat ini memiliki engsel yang dapat diputar 360 derajat.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Untuk material bodynya, perangkat ini seara keseluruhan mengusung polycarbonate. Meskipun menggunakan material polycarbonate, namun tampilan yang ditawarkan tetap terkesan mewah. Ini mirip dengan pendahulunya yaitu Lenovo IdeaPad C340.

Sedangkan untuk varian warna yang tersedia yaitu Light Teal, Graphite Grey dan Light Teal. Untuk unit Lenovo Flex 5i yang kami review yaitu Platinum Grey, dengan finshing matte pada permukaan body.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Secara presisi, perangkat ini memiliki dimensi yaitu panjang 32,1 cm, tebal untuk sisi paling tipis yaitu 1,79mm, dan sisi tebal 2,08cm. Karena perangkat ini memiliki ketebalan yang berbeda di bagian depan dan belakang (engsel).

Untuk bobotnya, laptop ini memiliki bobot sebesar 1,57 kg. Ditambah dengan charger 212 gram, pengguna akan mengangkut sekitar 1,78kg saat berpergian.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Untuk keyboardnya, masih mengusung layout khas ala layout khas Lenovo IdeaPad. Yang juga disertai dengan lampu backlit berwarna putih. Pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan denagn menekan tombol Fn+ Spacebar. Terdapat dua tingkatan untuk kecerahan backlit.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Posisi touchpad berada sejajar dengan tombol spacbar, sehingga membuat pengguna nyaman saat mengetik. Dengan posisi ini, telapak tangan pengguna tidak mudah menyentuh area touchpad saat mengetik. Dilengkapi pula dengan Windows Precision Driver, sehingga pengguna bisa menggunakan navigasi gesture.

Di samping keyboard terdapat speaker stereo untuk kebutuhan audio pengguna. Sistem audio didukung dengan Dolby Audio, yang akan memberikan suara yang lebih megah. Pengguna juga bisa mengatur suara melalui sistem suara tersebut.

Spesifikasi

Untuk layarnya, Lenovo IdeaPad Flex 5i memiliki panel IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920x1080p @60Hz, yang juga dilengkapi dengan touchscreen. Tingkat kecerahanya yaitu 250 nits, dengan 45% NTSC. Seperti laptop “touchscreen” pada umumnya, layar laptop ini juga memiliki permukaan yang glossy yang membuat warna yang ditampilkan lebih menonjol.

Bingkai layar terlihat tipis, yaitu dengan ketebalan 7mm pada bagian sisi kanan dan kiri, 9mm pada bagian atas dan 10mm di bezel bagian bawah. Di bezel bagian atas terdapat kamera 720p @30FPS untuk kebutuhan webcam.

Untuk mesin utamanya, Lenovo IdeaPad Flex 5i Processor menggunakan prosesor generasi terbaru yaitu Intel Gen 10th Ice Lake. Lenovo menyediakan tiga model untuk laptopnya ini yaitu dengan prosesor Intel Core i7 1065G7, Core i5 1035G1 dan Core i3 1005G1.

Lenovo IdeaPad Flex 5i yang kami review menggunakan Intel Core i7 1065G7, yang difabrikasi dengan arsitektur 10nm 4Core/8Thread, memiliki base clock 1,3 GHz dan Boost Clock 3,9GHz. Prosesor ini juga memiliki 8MB Intel Smart Cache dengan TDP sebesar 15W.

Prosesor Intel Core 10th Gen “Ice Lake” seperti Core i7 1065G7 ini sudah dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) Intel Deep Learning Boost. Sejumlah skenario penggunaan teknologi AI seperti mempermudah proses Selection di Photoshop dan Melakukan Auto Reframe di Premiere seperti mengubah video 16:9 menjadi video 9:16 untuk keperluan di Social Media.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i : Laptop Convertible dengan Performa Maksimal

Prosesor Intel Core 10th Gen “Ice Lake” seperti Core i7 1065G7 juga dilengkapi instruksi AVX512 yang dapat mengakselerasi “Compute-Intensive Workload” seperti Scientific Simulations, Financial Analytics, Artificial Intelligence (AI)/Deep Learning, 3D Modeling and Analysis, Image and Audio/Video Processing, Cryptography serta Data Compression.

Di aspek grafis, Lenovo IdeaPad Flex 5i menggunakan NVIDIA GeForce MX330 2 GB GDDR5. Discrete graphics ini memiliki 384 CUDA cores, dengan GPU Clock 1531 MHz dan memory clock 1752 MHz. Dengan memori 2 GB GDDR5, kartu grafis ini juga berjalan di bus width 64-bit.

Disamping itu, ada pula Integrated Graphics Intel Iris Plus Graphics (64EU) yang  kemampuannya dimanfaatkan untuk akselerasi teknologi AI (Intel Deep Learning Boost). Intel Iris Plus Graphics juga memiliki fitur Quick Sync untuk akselerasi saat pengolahan video seperti di Software Adobe Premiere

Beralih ke spesifikasi Memory/RAM, perangkat ini memiliki RAM DDR4 3200MHz dual Channel dengan kapasitas 16GB. RAM ini terpasang On Board, tidak ada slot SO-DIMM bagi pengguna untuk melakukan upgrade. Sedangkan untuk media penyimpanannya, Lenovo IdeaPad Flex 5i menggunakan 1 TB SSD NVMe PCIe.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Untuk interface yang tersedia, ditempatkan pada bagian kanan dan kiri laptop. Tombol dan konektor yang tersedia antara lain yaitu

Kiri:

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i
  • 1X DC-IN untuk suplai daya listrik ke Laptop
  • 1X HDMI
  • 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 yang mendukung fitur Power Delivery
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

Review Lenovo IdeaPad Flex 5i
  • Tombol Power
  • 1X SD Card Reader
  • 2X USB 3.1 Gen 1

 

Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, Lenovo IdeaPad Flex 5i memiliki dukungan Wi-Fi ac (5GHz/2,4GHz) dan juga Bluetooth V4.2.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan pada Lenovo IdeaPad Flex 5i yaitu tersedianya aksesori Stylus pada paket penjualan. Dengan aksesori ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna saat melakukanaktivitas menulis ataupun menggambar,

Stylus ini memiliki sensitifitas 4096 pressure level. Untuk dayanya menggunakan baterai berjenis AAAA.Stylus dapat Stylus dapat disimpan bersama laptop dengan menggunakan sebuah Holder yang dipasang ke slot USB. Tersedai Software Lenovo Pen Setting untuk mengatur fungsi tombol dan memeriksa kapasitas baterai.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…