Review Lenovo IdeaPad Slim 3: Baterai Irit, Performa Oke

Author
Irham
Reading time:
November 23, 2020

Beberapa waktu lalu kami telah menghadirkan review untuk notebook Lenovo Ideapad Slim 5i, yang hadir dengan desain tipis dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Dan kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan lineup lainnya dari Lenovo Ideapad Slim, yaitu Ideapad Slim 3.

Sesuai namanya, Slim yang artinya desain dari perangkat ini memiliki body yang tipis. Namun berbeda dengan Yoga series, seri ini tidak menghadirkan desain convertibel. Sedangkan untuk “3” artinya perangkat ini masuk ke kategori notebook entry level dari Lenovo.

Selain itu, tanpa embel-embel “i” diakhiran namanya, seperti IdeaPad Slim 5i, maka produk ini mengusung prosesor AMD. Dan untuk Lenovo IdeaPad Slim 3 yang kami review ini datang dengan menggunakan prosesor AMD Athlon Silver.

Penasaran seperti apa kemampuan laptop ini, langsung saja simak review lengkap Lenovo IdeaPad Slim 3 berikut ini.

Desain

Lenovo Ideapad Slim 3 tentunya memiliki desain body yang ramping, dimana material body yang digunakan yaitu polikarbonat. Perangkat ini memiliki mengusung konsep clamshell, dengan layar yang dapat dibentangkan hingga 180 derajat. Jadi meskipun bukan laptop convertible, namun  Ideapad Slim 3  tetap menawarkan fleksibilitas yang tinggi bagi penggunanya.

review Lenovo IdeaPad Slim 3i

Sekilas desain bodi yang ditampilkan terlihat mirip seperti IdeaPad S145. Terdapat semacam tekstur kombinasi persegi dan garis diagonal pada bodi laptop. Tekstur ini membuat perangkat tidak licin saat dipegang.

review Lenovo IdeaPad Slim 3i

Untuk warna yang ditawarkan diantaranya yaitu  Abyss Blue, Cherry Red, dan Platinum Grey. Sedangkan untuk unit  Ideapad Slim 3 yang kami review yaitu varian warna Business Black. Perangkat ini memiliki ukuran dimensi secara presisi yaitu Panjang  32.7 cm, Lebar  24.1 cm dan Tebal  1.99 cm.

Bobotnya cukup ringan yaitu pada laptop sebesar 1,43kg dan pada adapator chargernya sebesar 213 gram. Sehingga secara keseluruhan, pengguna perlu membawa beban sebesar total 1,64Kg.

review Lenovo IdeaPad Slim 3i

Ukuran layar  yang ditawarkan yaitu 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) @60 Hz. Cukup menarik spesifikasi layar yang ditawarkan pada laptop yang satu ini, karena biasanya untuk laptop di kelas harga ini masih menggunakan layar HD/1366 x 768 piksel.

Panel layar yang digunakan yaitu TN, dengan tingkat kecerahan sebesar 220 nits dan cakupan warna yaitu 45% NTSC. Panel ini juga dilapisi dengan lapisan  Anti-Glare, yang akan meningkatkan kenyamanan pakai pengguna  tanpa pantulan cahaya mengganggu.

review Lenovo IdeaPad Slim 3i

Bingkai kanan dan kiri terlihat cukup tipis, sementara bingkai atas agak sedikit tebal untuk tempat kamera 480p 30fps. Kamera ini juga dilindungi dengan fitur  Trueblock Privacy Shutter. Terdapat fitur flip-to-boot pada layar, yaitu laptop akan secara otomatis menyala saat layar dibuka. Fitur yang biasanya ada di Lenovo Yoga terbaru.

Untuk aspek audionya, terdapat 2 Speaker stereo yang terletak di bawah kanan-kiri mengarah ke pengguna. Speaker ini didukung pula dengan software Dolby Audio untuk mengatur preset audio.

Lalu untuk kelengkapan konektivitasnya, perangka ini memiliki beberapa port yang diantaranya yaitu :

  • Kiri
    • 1x DC-IN
    • 1x HDMI
    • 1x USB 2.0
    • 2x USB 3.1 Gen 1
  • Kanan
    • 1x Audio Jack Combo 3.5mm
    • 1x Novo Button – untuk masuk mode recovery dari Lenovo

Sedangkan dari sisi konektivitas, Lenovo  Ideapad Slim 3 mengandalkan Qualcomm Atheros QCA6174, yang memiliki dukungan Wi-Fi AC dan juga mendukung MU-MIMO. Tak cuma itu, laptop ini juga sudah menggunakan Bluetooth v5.0 , yang biasanya ada di Laptop dengan harga lebih tinggi.

Beralih ke keyboard, desain dan layout yang ditawarkan masih khas Lenovo IdeaPad Slim series. Keyboard ini cukup nyaman digunakan untuk mengetik, dengan tombol power yang terpisah dari layout keyboard.

Sedangkan untuk layout touchpad, posisinya Center to spacebar yang tentunya akan nyaman digunakan bekerja tanpa khawatir tersentuh telapak tangan.  Tombol klik kanan dan kiri tidak ditampilkan terpisah, melainkan menyatu dengan seluruh permukaan touchpad. Touchpad ini juga telah mendukung Windows Precision Driver.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi dapur pacunya, Lenovo Ideapad Slim 3 ini hadir dengan mengandalkan prosesor AMD Athlon Silver 3050U. Meskipun menggunakan nama Athlon. Tetapi sudah menggunakan arsitektur CPU seperti Ryzen.

Yaitu dengan fabrikasi 14nm, dengan TDP 15W dan memiliki konfigurasi 2-Core/2-Thread, Base Clock 2.3 GHz, Max Boost Clock up to 3.2 GHz dan 4 MB L3 Cache.

Lalu diaspek memorinya, laptop ini menggunakan 4 GB DDR4-2400 MHz Single Channel, On Board. Tapi bagi pengguna yang ingin melakukan upgrade, tak perlu khawatir karena laptop ini masih menyediakan  satu slot SODIMM kosong. Dan untuk pengujian kali ini langsung kami juga langsung melakukan upgrade ke 8 GB (2x 4 GB) Dual Channel.

Di bagian storagenya, tersedia SSD PCie NVMe dengan kapasitas 256 GB. Namun pengguna hanya bisa mengganti SSD dengan  slot sama dengan kapasitas yang lebih tinggi jika ingin melakukan upgrade, karena tidak tersedia  SATA 2.5” di laptop ini.

Lalu pada bagian GPU-nya laptop ini menggunakan IGP AMD Radeon Graphics dengan spesifikasi yang ditawarkan yaitu 128 Shader unit, dengan menggunakan Shared memory dari RAM laptop. Pengguna bisa mengatur shared memory melalui BIOS.

IGP akan secara otomatis mengambil RAM utama dengan ukuran:

  • Saat kondisi RAM 4 GB, IGP mengambil 512 MB kapasitas RAM
  • Saat kondisi RAM 8 GB, IGP mengambil 2 GB kapasitas RAM
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 25, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Pamer Gameplay Perdana!

 Anda yang memang mencintai genre game fighting sepertinya tidak…
April 25, 2024 - 0

Gears of War 6 Akan Diumumkan Juni 2024?

Sempat tertinggal di awal persaingan generasi terkini karena jumlah game…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Menyebut Stellar Blade sebagai salah satu game action RPG yang…
April 25, 2024 - 0

Tandai Promosi Resmi Stellar Blade di Indonesia, Larissa Rochefort Jadi EVE!

Oleh: Rama Irvino     Selalu membahagiakan tentu saja melihat…