Direct Release: Sistech Kharisma Hadirkan Microsoft Azure untuk Adopsi Platform Cloud

Reading time:
December 21, 2020
Microsoft Azure for cloud computing

Diberitakan kalau Microsoft Azure melirik dan mendapatkan respons yang baik di Indonesia melalui serangkaian kerja sama bisnis dengan perusahaan TI dan pengelola penjualan platform digital. Saat ini menjadi momentum untuk mendayagunakan teknologi Microsoft dengan infrastruktur cloud yang tangguh namun fleksibel untuk melayani lebih banyak perusahaan dan pelanggan dalam skala prioritas dan ekspansi.

PT Sistech Kharisma sebagai Authorized Distributor dan Cloud Solution Provider (CSP) Indirect Microsoft hadir ditengah sebagai mitra kerja yang akan menjembatani digital gap atau kesenjangan digital yang ada, dengan mengeksplorasi setiap kesempatan yang ada bersama-sama, untuk mengakselarasi kegiatan bisnis agar semakin lincah (agile) dan cerdas (smart), yang berlandas pada Microsoft Azure.
Pengembangan bisnis dengan penggerak inovasi berbasis teknologi seperti Microsoft Azure bisa memenuhi rangkaian proyek pengembangan solusi untuk pasar e-commerce, sektor finansial dan operasional sebagai sektor utama bisnis saat ini.

Secara kasat mata hal ini bisa dilihat dari melonjaknya transaksi ecommerce dan aktivitas logistik berikut aspek finansialnya selama masa pandemi ini. Disamping itu, diperlukannya pengelolaan data yang komprehensif dalam manajemen data yang sehat dan berbagai sektor lainnya juga.

Diluncurkan pada Februari 2010, dengan nama terdahulu dikenal sebagai Windows Azure, Microsoft Azure sendiri memiliki 25 layanan gratis yang bisa digunakan untuk eksperimen, termasuk AI, Container, Machine Learning (ML) dan semua itu bisa dilakukan tanpa server (serverless).

Komputasi awan (Cloud computing) yang diusung oleh Microsoft Azure meliputi: Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Sebagai PaaS, teknologi ini memungkinkan untuk membangun sebuah aplikasi di cloud sebagai web application maupun aplikasi yang berjalan di atas virtual machine dan API application.

Sebagai open cloud computing, pengembangan yang dilakukan diatas Microsoft Azure bisa kompatibel dengan Solusi open source pihak ketiga seperti Docker, Linux, GitHub, Node.js, WordPress dan Cloudera.
“Mengingat teknologi cloud itu luas dan beragam, ada baiknya perusahaan atau bisnis UKM bekerja sama dengan vendor TI lokal untuk konsultasi teknis dalam perencanaan transformasi digital ke dalam sistem kerja perusahaan dan ada kesempatan untuk mencobanya dengan pendaftaran gratis” ujar Suriafi, Direktur Sales PT Sistech Kharisma memberikan pandangannya.

Microsoft Azure cloud platform

Dengan berbasis cloud, Microsoft Azure membantu organisasi atau perusahaan mengatasi tantangan dalam bisnis.

Salah satu tantangan tersebut adalah pengelolaan data dalam jumlah yang besar dan berlangsung 24/7, untuk penyimpanan, manajemen, proses dan analisa untuk keputusan bisnis dalam hitungan jam.
Dengan menggunakan Microsoft Azure, perusahaan mendapatkan keuntungan atau manfaat dalam penghematan anggaran yang biasanya dialokasikan di awal untuk pengadaan perangkat TI dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan proyeksi kapasitas ke depan. Selain itu, untuk pengadaan perangkat ini juga menghabiskan waktu untuk delivery dan deployment.

Sementara itu, bagi perusahaan yang menggunakan Windows Server di data center sendiri, utilisasi fasilitas yang tersedia di Microsoft Azure merupakan daya tarik tersendiri untuk integrasi melalui Azure hybrid cloud solutions dan transisi ke cloud. Biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan ekspansi kapasitas dan kemampuan yang digunakan pada suatu jangka waktu tertentu. Disamping tetap ada pilihan untuk investasi pada perangkat server dan lisensi Windows Server yang lebih baru.

Salah satu perkembangan positif yang akan mendukung ekspansi Microsoft Azure di Indonesia adalah rencana dari Microsoft Corporation untuk membangun data center senilai USD 1 miliar atau setara dengan Rp. 14 triliun lebih sebagaimana diberitakan di media nasional.

Apabila data center Microsoft ini bisa segera terwujud dalam beberapa tahun ke depan, pengembang aplikasi cloud di Indonesia mempunyai opsi data center terdekat untuk tingkat konektivitas yang lebih tinggi karena semua resource yang diperlukan berada dalam letak geografis yang sama dan terkoneksi dengan 66 cloud region, termasuk Azure Data Center yang akan dibangun di Taiwan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…