[Direct Release] Ruangguru Rilis Laporan Dampak 2020, Layani Lebih dari 22 Juta Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Author
Irham
Reading time:
February 4, 2021

Ruangguru hari ini mengumumkan Laporan Dampak Ruangguru 2020. Laporan ini menyampaikan berbagai dukungan, baik dalam bentuk bantuan sosial pendidikan dan inovasi produk, serta capaian dan dampaknya selama tahun 2020.

Berdasarkan Laporan Dampak Ruangguru 2020, ada lebih dari 22 juta masyarakat Indonesia yang telah menerima dampak positif, baik melalui bantuan sosial pendidikan, atau melalui hasil inovasi produk berkelanjutan selama masa pandemi. Selain itu, Ruangguru juga memberikan akses peningkatan keterampilan mengajar kepada lebih dari 300.000 guru, serta mendampingi 500 komunitas guru dan keluarga yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: Kelas Pintar Hadirkan “GURU,” Pendamping Belajar Siswa Dirumah 

Ruang Guru Annual Impact Report

“Tahun 2020 adalah ujian bagi kita semua. Latar belakang pandemi memaksa kita untuk tetap berkarya, bahkan di tengah keterbatasan. Kami percaya bahwa kegiatan belajar tidak boleh berhenti, dan guru memiliki peranan besar dalam kesuksesan kegiatan belajar mengajar. Semangat inilah yang mendorong kami untuk berkontribusi melalui kekuatan kami, yaitu teknologi. Laporan Dampak Ruangguru 2020 adalah upaya kami untuk menilai efektivitas dan dampak yang tercipta dari seluruh program, inisiatif, serta produk dan layanan yang diberikan oleh Ruangguru. Fakta bahwa lebih dari 22 juta masyarakat Indonesia baik dari kalangan pelajar dan guru merasakan dampak positif dari kerja keras kami merupakan hal yang menggembirakan bagi seluruh tim Ruangguru. Di 2021, kami akan menggunakan apa yang telah kami pelajari pada tahun 2020, untuk terus berkembang, berinovasi dan berkolaborasi untuk menorehkan dampak positif di Indonesia,” ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.

“Di tengah pandemi, platform daring menjadi salah satu solusi yang diandalkan untuk memastikan kegiatan dapat tetap berjalan dengan baik, meskipun sulit dan menantang. Program inovasi produk dan kemitraan di Ruangguru selama tahun 2020 difokuskan untuk akselerasi adopsi digital dengan lebih mudah, dengan hambatan seminim mungkin dan dengan pendampingan. Saat ini, pembelajaran daring memiliki penerimaan yang lebih baik di antara para pelajar sekolah dan pelajar sepanjang hayat, dan sudah lebih banyak guru di Indonesia yang berhasil meningkatkan keterampilan mereka untuk mengajar jarak jauh. Peningkatan pengguna sebesar 7 juta pengguna, dari 15 juta ke 22 juta pengguna, di tahun 2020 merupakan kepercayaan besar yang diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada kami. Kami akan terus berupaya untuk menghadirkan inovasi berdampak bagi pendidikan berkualitas di Indonesia,” imbuh Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

“Sektor pendidikan merupakan prioritas wajib di Kabupaten Banyuwangi. Kami ingin anak-anak Banyuwangi dapat meneruskan sekolah, memiliki kemampuan akademis yang baik dan mampu bersaing dengan anak-anak daerah lain. Untuk itu, pemerataan kualitas pendidikan dan peningkatan kompetensi siswa mutlak diperlukan. Mulai 2018 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bermitra dengan Ruangguru dalam melaksanakan program beasiswa berupa pendampingan akses belajar daring untuk para siswa yang juga dilengkapi dengan fasilitas belajar gratis, motivasi, konseling, dan rangkaian program lain dari Ruangguru. Pendekatan holistis ini mencetak capaian hasil positif setelah diukur menggunakan Try Out (TO) dengan peningkatan nilai sebesar 32% di antara para siswa SD dan SMP yang berpartisipasi dalam program. Semoga bekal ini dapat memacu generasi muda Banyuwangi untuk berinovasi memajukan daerahnya,” tutur Bapak Abdullah Azwar Anas, M.Si., Bupati Banyuwangi.

Baca Juga: Zenius Luncurkan ZuG, Gratis Untuk Para Guru

“Pendidikan merupakan sektor kunci karena dengan pendidikan yang baik, maka terciptalah SDM berkualitas dan produktif. Ruangguru membantu kami melaksanakan program pelatihan guru di Padang Panjang. 103 guru dilatih selama 1 tahun, menggunakan metode daring dan luring, dengan pendampingan secara berkala. Alhasil, kompetensi guru yang diukur menggunakan Try Out Uji Kompetensi Guru (TO UKG) meningkat sebesar 56% dan proporsi guru yang berhasil meraih nilai TO UKG di atas nilai rata-rata UKG Nasional 2015 naik sebesar 63%. Kami optimis guru-guru tersebut dapat menjadi jawara daerah dan turut menebarkan ilmu yang mereka dapatkan kepada rekan sejawatnya, sehingga terus meningkatkan kualitas pendidikan di Padang Panjang,” terang Bapak H. Fadly Amran, BBA, Walikota Padang Panjang.

“Laporan Dampak Ruangguru 2020 disusun dengan menggabungkan berbagai macam metode kuantitatif dan kualitatif terhadap penerima program dan pengguna produk. Secara kuantitatif, kami menilai tingkat engagement akses di aplikasi, tingkat partisipasi dan keaktifan peserta, dan tingkat kepuasan peserta. Kami juga melaksanakan evaluasi belajar di awal dan di akhir program untuk melihat perubahan kompetensi peserta, baik secara kognitif maupun afektif. Asesmen kualitatif juga kami laksanakan secara berkala, melalui diskusi kelompok, wawancara mendalam dan survei kualitatif kepuasan program. Kami berharap Laporan Dampak Ruangguru dapat menjadi masukan berbasis bukti yang dapat digunakan oleh publik secara luas untuk berkontribusi ke dalam sektor pendidikan,” tambah Amri Ilmma, Head of Public Policy Ruangguru.

Versi lengkap dari Laporan Dampak Ruangguru 2020 dapat diunduh di sini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 19, 2024 - 0

Naik 7.500%, Fallout 4 Jadi Game Terlaris di Benua Eropa Minggu Ini

Peran dan pengaruh sebuah film adaptasi game memang seringkali dianggap…
April 19, 2024 - 0

Film Seri The Witcher Netflix Akan Berakhir di Season 5

  Datang sebagai salah satu film seri fantasi yang begitu…
April 19, 2024 - 0

Larian Studios Langsung Kerjakan 2 Proyek Baru, Optimis Akan Jadi Yang Terbaik

Sebelum tahun 2023 kemarin, nama Larian Studios memang terhitung sebagai…
April 19, 2024 - 0

Jika Laku, Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Buka Kemungkinan Sekuel

Sebuah seri yang sudah lama dinanti oleh banyak penikmat JRPG,…