Review HP Spectre x360 14: Laptop Tipis OLED 2-in-1 Terbaik?

Author
Irham
Reading time:

HP Spectre adalah line up tertinggi dari produk notebook HP yang ditujukan untuk pengguna kelas atas, yang membutuhkan sebuah perangkat kerja yang memiliki mobilitas tinggi. Dan kali ini tim Jagat Review kedatangan produk HP Spectre terbaru yaitu HP Spectre x360 14.

Review HP Spectre X360

Tak hanya memiliki body yang compact, seri notebook HP Spectre juga memiliki tampilan yang sangat premium, dan membuat orang-orang akan menoleh dengan tampilannya yang sangat berkelas tersebut.

Selain itu spesifikasi yang ditawarkan juga tak kenal kompromi, seperti produk HP Spectre x360 14 ini yang sudah menggunakan spesifikasi paling terkini. Nah, untuk lebih jelasnya simak saja review lengkapnya berikut ini.

Desain

HP Spectre x360 14 memiliki desain mewah dengan material yang digunakan yaitu Alumunium untuk keseluruhan body. Terdapat aksen metal glossy di bagian tepi yang membuatnya terlihat semakin mewah. Desain pinggiran Gem-cut dan sudut Corner-cut tetap dipertahankan di HP Spectre x360 generasi terbaru ini.

Review HP Spectre X360

 

Perangkat ini memiliki Form Factor yaitu notebook Convertible atau 2-in-1. Tentunya sebagai Laptop Convertible/2-in-1, HP Spectre x360 14 dapat difungsikan pula sebagai perangkat Tablet.

Baca Juga: Review HP ZBook Firefly 14 G7: Mobile Workstation Tipis, Ringan dan Murah

Review HP Spectre X360

HP juga Tetap mempertahankan desain khas HP Spectre x360 tetapi dengan ukuran bodi sedikit lebih besar untuk mengakomodir layar 3:2. Untuk produk HP Spectre x360 14 yang kami review ini adalah vwarna Nightfall Black Aluminum dengan Copper Luxe Accents. Secara keseluruhan, HP Spectre x360 14 punya penampilan super mewah dan elegan – Sesuai dengan kelasnya sebagai produk Laptop yang Premium

Review HP Spectre X360

Secara peresisi, perangkat ini memiliki ukuran dimensi yaitu panjang 29,83 cm, dengan  lebar 22,01 cm dan tebal 1.69 cm. Sisi lebar memang  agak membesar karena perangkat ini memiliki layardengan rasio 3:2.

Lalu untuk bobotnya, HP Spectre x360 14 terbilang cukup ringan yaitu hanya  1,29 Kg. Sementara bobot charger-nya (Tanpa kabel Power) yaitu sebesar 204 gram. Total bobot yang dibawa pengguna yaitu sebesar 1,49 Kg.

Review HP Spectre X360

Adaptor Charger memiliki output 65 Watt dengan konektor USB Type-C . Pengguna bisa nge-Charge smartphone jika diperlukan, tanpa perlu bawa lagi Charger Smartphone yang tentunya akan membuat beban bawaan lebih ringan. Kabel juga dikemas ekslusif dengan Braided Cable sehingga tidak mudah kusut dan rusak.

Layar 

Beralih ke layar, Notebook ini memiliki layar touchscreen berukuran 13.5 inci . Ya, walaupun pakai nama HP Spectre x360 14, ukuran layar Laptop ini ternyata hanya 13.5 Inch. Penamaan seperti itu tampaknya dilakukan agar calon pembeli tidak tertukar dengan HP Spectre x360 13 yang menggunakan layar 13.3 Inch 16:9.

Review HP Spectre X360

Tentunya ukuran 13.5 Inch membuatnya cocok untuk mereka yang membutuhkan Laptop dengan ukuran layar besar, tetapi tidak menginginkan Laptop layar 14 Inch karena terasa cukup besar bodinya. Rasio dan resolusi layar yaitu 3K 3:2 (3000 x 2000 Pixel) @60 Hz. Penggunaan Aspect Ratio 3:2 membuat sisi tegak layar menjadi lebih panjang sehingga membuat ruang kerja di layar menjadi lebih luas secara vertikal.

Ini membuat pengguna dapat melihat lebih banyak konten dalam satu layar sehingga tidak perlu melakukan banyak Scroll seperti saat melihat Website, dokumen, Spreadsheet (Excel), dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Review HP Pavilion 14-dv0065tx: GPU-nya Kencang! 

Layar menggunakan panel OLED dengan cakupan warna 100% DCI-P3, Delta E < 2 dan memiliki tingkat kecerahan mencapai 400 nits. Layar latpop juga Mendukung HDR dengan VESA Certified DisplayHDR.

Tersedia Software HP Display Control untuk mengatur Color Profile layar dengan pilihan.

Review HP Spectre X360
  • Default
  • Web (sRGB)
  • Printing and Imaging (Adobe RGB)
  • Photos and Videos (DCI-P3)
  • Native – Tidak ada optimalisasi warna
  • Auto – Color Profile layar secara otomatis menyesuaikan berdasarkan Software apa yang dijalankan. Misalnya jika kita menjalankan Chrome atau Edge maka Color Profile Web (sRGB) langsung diaktifkan. Pengguna juga dapat mengatur secara manual Color Profile apa yang akan diaktifkan, saat sebuah Software dijalankan.

Layar HP Spectre x360 14 juga dilengkapi fitur Focus Mode di Software HP Command Center. Saat diaktifkan, Window aplikasi yang sedang digunakan akan dibuat tetap terang sementara Window aplikasi di latar akan diredupkan.

Selain membuat pengguna lebih fokus dan tidak terdistraksi, fitur ini diklaim mampu menghemat baterai karena tidak semua bagian layar dinyalakan terang. Permukaan layar Laptop ini Glossy seperti umum ditemukan pada Laptop layar Touchscreen.

Menariknya, permukaan layar sudah menggunakan Anti-reflection Corning Gorilla Glass yang mengurangi efek menyilaukan pada layar sekaligus membuat layar lebih tahan tumbukan dan goresan saat disentuh dengan jari atau Stylus.

Layar juga sudah menggunakan desain bingkai layar MicroEdge Display yang super tipis di tiga sisi. Ini membuat Screen to Body Ratio mencapai 90%. Untunglah, HP tetap menempatkan Kamera 720P @30 FPS dengan ukuran modul 2.2 MM pada area bingkai atas.

Keyboard dan Touchpad

Desain dan Layout keyboard dari HP Spectre x360 14 ternyata mirip seperti HP Envy x360 (2020) yang pernah kami Review sebelumnya. Keyboard dibuat menggunakan bahan organik yang dapat diperbarui dengan Switch tipe Scissor. Travel Distancenya yaitu sebesar 1.5 mm. Keyboard memiliki Backlit putih dengan dua tingkat kecerahan. Pengguna dapat mengubahnya dengan menekan tombol F4.

Tombol Power menyatu dengan Keyboard dengan posisi disebelah atas tombol Backspace. Untungnya, saat kami coba tekan beberapa kali, Laptop tetap dalam kondisi menyala dan tidak masuk ke kondisi Sleep. Laptop baru masuk kondisi Sleep jika tombol ditahan beberapa detik.

Lalu untuk touchpadnya, Layar 3:2 membuat HP Spectre x360 14 mempunyai Touchpad yang luas dan lebar. Posisi sejajar cenderung Center to Body dan sejajar dengan tombol Spacebar+Alt kanan. Touchpad juga sudah menggunakan Windows Precision Driver.

Stylus

Untuk operasional layar Touchscreen diberikan HP Rechargeable MPP 2.0 Tilt Pen pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti membuat catatan atau menggambar. Stylus ini juga mendukung Microsoft Pen Protocol 2.0.

Fungsi keseluruhan Stylus langsung aktif, tanpa memerlukan konektivitas tambahan seperti Bluetooth. Fungsi tombol dapat dikostumisasi dengan menggunakan Software HP Pen Control

Untuk penggunaan stylus, layar juga dilengkapi fitur Palm Rejection sehingga akan lebih nyaman bagi pengguna.  Stylus menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, dengan  konektor USB Type-C untuk isi pengisian daya.

Stylus diklaim punya daya tahan hingga 30 hari. Terdapat indikator lampu di ujung sebelah atas Stylus yang menunjukkan status Charging dan baterai. Stylus dapat dibawa dengan ditempelkan pada sisi kiri bodi dengan tenaga magnet atau dimasukkan pada tempat Stylus di Sleeve Bag.

Audio

Laptop ini dilengkapi dengan empat buah speaker, dengan posisi yaitu  dua di sisi sebelah atas Keyboard mengarah langsung ke pengguna dan dua di sisi samping mengarah ke permukaan meja. Speaker menggunakan tune dari  Bang & Olufsen dan didukung dengan  Software B & O Audio Control untuk mengatur Audio Profile dan Equalizer.

Konektor

Untuk konektornya, laptop ini memiliki port diantaranya:

Kiri

Review HP Spectre X360
  • 1X Type-A USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps). Mendukung fitur HP Sleep and Charge

Kanan

Review HP Spectre X360
  • 1X MicroSD Card Reader
  • 1X Thunderbolt 4 dengan konektor Type-C
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack
  • 1X Thunderbolt 4 dengan konektor Type-C

Masing-masing konektor Thunderbolt 4 mendukung:

Review HP Spectre X360
  • USB4
  • Display Out dengan protokol Display Port
  • Mendukung Power Delivery
  • Mendukung fitur HP Sleep and Charge
  • Masing-masing konektor dapat digunakan untuk nge-Charge Laptop
  • Siap dipasangkan dengan perangkat Thunderbolt seperti SSD External atau GPU External

HP menyertakan aksesori HP Elite USB-C Hub yang menyediakan tambahan konektor seperti

  • 1X Type-A USB 2.0
  • 1X Type-A USB 3.1 Gen 1
  • 1X HDMI ukuran normal
  • 1X Type-C USB untuk Charge Laptop. Sayangnya saat kami colok USB Flash Drive di konektor USB Type-C ini, perangkat kami tidak terdeteksi
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…