Review HP ZBook Firefly 14 G7: Mobile Workstation Tipis, Ringan dan Murah

Author
Irham
Reading time:
February 1, 2021

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan perangkat laptop Mobile Workstation, yaitu HP ZBook Firefly 14 G7. Laptop ini hadir dengan desain body yang ringan dengan ukuran kompak sehingga mudah dibawa kemanapun.

Kebutuhan Mobile Workstation belakang ini memang sedang meningkat, karena banyak orang yang bekerja dari dari rumah, namun tetap membutuhkan perangkat kerja yang sesuai dengan standar Mobile Workstation kantoran.

Laptop HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation ini sendiri cocok untuk kalangan Power User diperkantoran, Content Creator, arsitek, dan juga desainer. Hadir dengan spesifikasi dan fitur-fitur workstation kelas atas, perangkat ini dijual di harga Rp 20 jutaan.

Seperti apa kemampuan HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation secara keseluruhan, simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

HP ZBook Firefly 14 G7 adalah laptop dengan desain clammshell atau laptop klasik, dengan bodi bermaterial aluminium. Ini membuat perangkat memiliki bobot yang ringan namun tetap kokoh. Selain itu, durabilitasnya juga telah teruji dimana laptop ini memiliki sertifikasi standar militer MIL-STD 810H.

Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

Untuk warna, perangkat ini hadir dengan warna Dark Grey dan Matte Finish, warna khas dari laptop HP ZBook Series. Desain Laptop tampak sederhana dan minimalis tetapi tetap tampak profesional. Logo ZBook berupa huruf “Z” dengan permukaan memantul seperti cermin tampak menghiasi punggung layar.

Baca Juga: Review Dell XPS 13 9310 2-in-1: Laptop Sultan Ini Bisa Apa Saja?

Untuk dimensinya, perangkat ini memiliki panjang 32.3 cm, lebar  21.4 cm, dan tebal 1.79 cm. Sementara bobotnya yaitu hanya sekitar 1,4 kilogram. Lalu adaptor chargernya memiliki bobot 184gram (tanpa kabel power) sehingga total bobot yang harus diangkut pengguna sebesar 1,59 kilogram.

Beralih ke layar, perangkat ini memiliki layar dengan panel UWVA (IPS) dengan ukuran 14 inci. Resolusi yang digunakan yaitu 4K(3840 x 2160 Pixel), dengan tingkat kepadatan pikseln mencapai 314 PPI. Sehingga membuat tampilan gambar menjadi tajam saat dilihat

Layar ini memiliki cakupan warna yaitt 95% sRGB dengan tingkat kecerahan, 550 Nits sera memiliki dukungan HDR. Permukaan layar memiliki Anti-Glare, yang membuatnya bebas dari pantulan sehingga lebih nyaman saat bekerja.

Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

Desain bingkai layar dibuat tidak terlalu tipis tapi tidak terlalu tebal, yang tentunya juga berfungsi  memberikan perlindungan yang cukup untuk benturan samping. Posisi Kamera 720P 30 FPS tetap dibingkai atas.

Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

Engsel layar dapat diluruskan hingga sudut 170°, sehingga memudahkan saat ingin menunjukkan isi layar kepada Client atau tim saat diskusi.

Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

Di  sisi kanan dan kiri Keyboard, terdapat stereo speaker yang ditune oleh  Bang & Olufsen, dimana kedua speaker ini mengarah langsung ke pengguna sehingga memberikan kualitas audio yang jernih tanpa halangan. Speaker stereo ini juga dilengkapi dengan Software HP Audio Control untuk mengatur Audio Profile.

Untuk konektivitas kabel, perangkat ini memiliki beberapa port yang tersedia di sisi kiri dan kanan, diantaranya:

Kiri
Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

  • 1X Nano Security Lock Slot
  • 2X USB 3.1 Gen 1
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack
  • 1X Smart Card Reader Slot

Kanan
Review HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation

  • 2X Thunderbolt 3.0
    • Masing2x konektor mendukung Display Out dengan protokol Display Port
    • Masing2x konektor siap dipasangkan dengan perangkat Thunderbolt 3 seperti External SSD atau External GPU
  • 1X HDMI
  • 1X DC-IN

Beralih ke keyboard, HP ZBook Firefly 14 G7 menggunakan HP Premium Collaboration Keyboard dengan HP DuraKeys. HP DuraKeys adalahteknologi untuk permukaan tombol yang membuatnya lebih tahan dari gejala aus akibat pemakaian.

Selain itu keyboard laptop juga sudah memiliki fitur Spill Resistant, yang membuatnya aman dari tumpahan air. Dilengkapi pula dengan Backlit putih dengan dua tingkat kecerahan, yang dapat diubah dengan menekan tombol F9.

Tombol Power menyatu dengan Keyboard disisi sebelah atas tombol Backspace. Untunglah jika tidak sengaja ditekan, Laptop hanya masuk ke kondisi Sleep.

Lalu posisi touchpad, berada sejajar dengan tombol Spacebar. Ini memudahkan pengguna untuk mengetik, karena telapak tangan tidak mudah masuk ke area Touchpad. Touchpad dilengkapi Physical Button untuk klik kiri dan kanan.

Selain itu juga dilengkapi Pointing Stick sebagai pengganti permukaan TouchPad untuk menggerakkan Mouse Pointer. Touchpad telah menggunakan Windows Precision Driver.

Spesifikasi

Sebagai perangkat laptop Mobile Workstation, HP ZBook Firefly 14 G7 tersedia secara Retail (Dijual di toko) dan juga Project. Untuk jalur project, spesifikasi Hardware dan fitur tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Spesifikasi hardware dan fitur yang Anda dapatkan mungkin akan sama, atau berbeda sama sekali dengan unit yang kami uji kali ini.

Untuk  prosesor, laptop yang kami uji kali ini menggunakan  Intel Core i7 10810U “Intel vPro”. Intel Core Generasi ke-11 dengan Intel vPro sebenarnya sudah hadir, namun  baru diperkenalkan di CES2021.

Baca Juga: Review Zenbook 14 UX425EA: Laptop Tipis nan Sangar 

Intel Core i7 10810U pada dasarnya adalah Core i7 10710U dengan dukungan teknologi Intel vPro. Adapun Intel vPro menawarkan beragam fitur antara lain:

Intel VPro
  • Built-in Security dengan basis Hardware
  • Jaminan performa sistem yang kencang, responsif, dan stabil untuk bisnis
  • Mudah dikonfigurasi secara Remote oleh teknisi IT perusahaan

Intel Core i7 Gen-10 10810U memiliki Codename  Comet Lake yang difabrikasi dengan proses 14nm, konfigurasinya yaitu 6 Core/1Thread dengan TDP  15 Watt, memiliki Base Clock 1.1 GHz dan Maximum Turbo Boost Clock 4.9 GHz serta 12 MB Intel Smart Cache. Terdapat pula ·Intel UHD Graphics dengan 24 EU.

Memory/RAM yang digunakan yaitu 8 GB DDR4 2666 MHz Single Channel Onboard, jadi sayangnya tidak ada slot SO-DIMM untuk Upgrade. Sedangkan Storage-nya menggunakan 256 GB SSD M.2 NVMe PCIe.

Perangkat ini juga memiliki Discrete Graphics dengan NVIDIA Quadro P520 yang dibangun menggunakan arsitektur GPU NVIDIA Pascal GP108 dengan 384 CUDA Cores. Discrete Graphics ini memiliki memori 4 GB GDDR5, Kapasitas yang tergolong besar mengingat Discrete Graphics dengan GPU GP108 biasanya dipasangkan dengan Memory 2 GB GDDR5.

Laptop ini juga sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Pro. Untuk konektivitas nirkabelnya menggunakan Modul Wi-Fi  Intel Wi-Fi 6 AX201 dengan Wi-Fi 6 atau Wi-Fi ax, yang mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi. Selain itu terdapat pula dengan konektivitas Bluetooth V5.1 dan  sensor NFC (Near-Field-Communication), yang terletak di area Touchpad.

HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation 6

Untuk sistem keamanannya, laptop ini dilengkapi sistem keamanan biometrik untuk pengenalan wajah dengan kamera infra merah dan Sidik jari – Sensor ada disisi bawah tombol panah kanan. Terdapat pula Slider penutup kamera “HP Camera Privacy Cover.”

HP ZBook Firefly 14 G7 Mobile Workstation dilengkapi dengan Fitur Keamanan Spesial Laptop HP Kelas Business, yang diantaranya yaitu:

HP Sure Start

  • Memastikan BIOS Laptop tidak mengalami perubahan akibat Software tidak dikenal
  • Saat dihidupkan, Laptop akan melakukan verifikasi BIOS apakah masih normal atau telah diutak-atik
  • Jika terjadi modifikasi, Laptop otomatis melakukan Recovery BIOS dari Chip BIOS Backup

HP Sure Click

HP Sure Click
  • Proteksi untuk Malware, Ransomware, atau Virus dengan mengisolasi File dan Website mencurigakan di sebuah “Micro Virtual Machine” yang terpisah dari OS utama
  • Membuat pengguna dapat membuka dan memeriksa terlebih dahulu apakah File dan Website tersebut aman atau tidak
  • Untuk proteksi Website, HP Sure Click dapat mengintegrasikan kemampuannya dengan Browser yang ada
  • HP Sure Click juga menyediakan Internet Browser khusus yang lebih aman

HP Sure Sense

HP Sure Sense

  • Proteksi Day-0 terhadap Malware
  • HP Sure Sense akan menggunakan alogaritma Deep Learning pada Server mereka untuk mengenali Malware jenis paling baru sekalipun, yang belum dikenali Software Anti-Malware/Anti-Virus lainnya
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…