Review MSI Summit E15: Kencang, Elegan, Lengkap dan Aman

Author
Irham
Reading time:
February 10, 2021

Sepertinya memang sangat jarang untuk laptop dengan layar besar, yang memiliki kemampuan touchscreen. Dan kebetulan, kali ini Tim Jagat Review kedatangan laptop terbaru dari MSI yang memiliki layar besar sekaligus memiliki kemampuan touch screen, yaitu MSI Summit E15  ( A11SCST-227ID).

MSI Summit Series sendiri merupakan seri Laptop Business-oriented terbaru dari MSI, dimana varian terbaru Laptop MSI dari lini Business and Productivity selain seri Prestige dan Modern.

Review MSI Summit E15

MSI Summit Series ditujukan untuk kalangan pebisnis elite maupun profesional yang membutuhkan Laptop tipis dan ringan dengan performa tinggi serta dilengkapi layar besar untuk menunjang aktivitas harian mereka.

Nah untuk kalian yang mungkin penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh laptop MSI Summit E15 yang satu ini, langsung saja kita simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Desain yang ditawarkan MSI Summit E15 ini terkesan minimalis namun elegan dengan bodi yang terlihat cukup ramping. Ini cocok untuk selera pengguna yang ditujunya yaitu dari kalangan pebisinis.

Review MSI Summit E15

Terdapat logo Summit di antara lubang exhaust (dekat engsel) yang memperkuat identitas perangkat dari lini Summit Series ini. Selain itu logo baru MSI lini Business and Productivity juga tampak menghias punggung layar.

Review MSI Summit E15

Laptop memiliki desain clamshell atau laptop klasik, dimana engsel layar dapat dibuka hingga 180 derajat. Ini akan memudahkan pengguna memperlihatkan isi layar ke lawan bicara di depannya. Tampilan layar dapat diputar 180 derajat dengan cepat dengan menekan tombol F12 (Tombol fitur Flip n Share).

Review MSI Summit E15

Meski memiliki body yang tipis dan ringan, namun MSI Summit E15 ini telah memenuhi standar ketahanan militer MIL-STD-810G. Yang mencakup beberapa pengujian, termasuk diantaranya Tekanan rendah dan tinggi (ketinggian), Guncangan, Getaran, Suhu tinggi dan rendah, Kelembaban, serta Pasir & debu.

Untuk warna yang dihadirkan yaitu Ink Black, dengan aksen berwarna emas pada  bagian tertentu, sepert logo dan juga bezel touchpad. Untuk dimensinya, perangkat ini memiliki panjang 35,6 cm, lebar 23,3 cm dan  tebal  1,69 cm. Ini tergolong  tipis untuk sebuah laptop dengan GPU Nvidia GTX 16 series.

Review MSI Summit E15

Sementara bobotnya yaitu 1,8 Kg, yang juga tergolong ringan untuk sebuah Laptop dengan ukuran layar yang besar. Adaptor chargernya memiliki bobot 320 gram, dengan output 90 Watt menggunakan konektor Type-C, yang dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone. Total bobot yang akan diangkut pngguna yaitu sebesar 2.1 Kg.

Review MSI Summit E15

MSI Summit E15 memiliki layar berukuran 15.6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080). Layar ini menggunakan panel IPS-Level, dengan cakupan warna hampir mencapai to 100% sRGB (Menurut NotebookCheck 90% sRGB).

Seperti yang disebutkan diawal, layar ini telah menggunakan touchscreen yang akan membuat nyaman saat melakukan Scrolling saat membaca dokumen atau Website. Juga memudahkan saat ingin melakukan Zoom, cukup di Pinch dengan dua jari. Ini tentunya akan banyak dibutuhkan oleh pebisnis yang ingin melakukan presentasi di depan klien mereka.

Review MSI Summit E15

Selain itu, seperti laptop dengan layar touchscreen pada umumnya, layar memiliki Permukaan Glossy. Ini membuat cahaya memantul pada layar, namun di sisi lain, hal ini juga membuat warna yang ditampilkan terlihat lebih cerah.

Bingkai layar di desain sangat tipis tetapi tetap menempatkan Kamera 720P @30 FPS pada sisi atas. Kamera ini juga telah menggunakan kamera infra merah yang mendukung fitur Windows Hello.

Baca Juga: Review MSI GL65 Leopard: Laptop Gaming dengan GPU Spesial 

Untuk aspek audionya, laptop ini memiliki 2 Speaker Stereo yang terletak di bagian bawah kanan dan kiri. Terdapat software Nahimic Audio untuk mengubah preset Audio, bahkan terdapat preset audio untuk voice call, sehingga cocok untuk digunakan bekerja.

Review MSI Summit E15

Beralih ke interface kabel, terdapat beberapa konektor pada laptop MSI Summit E15 yang diantaranya yaitu.

  • Kiri
    Review MSI Summit E15

    • 2x Thunderbolt 4 yang mendukung
      • USB4
      • Display Output (Display Port)
      • Mendukung Power Delivery Charging
    • 1x HDMI
    • 1x Audio Combo Jack 3.5mm.
  • Adanya konektor HDMI dan Thunderbolt 4 membuat MSI Summit E15 mendukung hingga 3 monitor (1 monitor laptop dan 2 monitor eksternal)
  • Kanan
    Review MSI Summit E15

    • 1x Micro SD Card Reader dengan standar kecepatan UHS-III
      • Super kencang
    • 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A (10 Gbps)

Lalu untuk keyboardnya, masih dengan layout keyboard khas MSI. Terdapat tombol navigasi (page up & page down) serta tombol anak panah dengan ukuran full size. Travel Distance pada keyboard yang sebesar 1.5 mm.

Review MSI Summit E15

Tombol power menyatu dengan layout keyboard, yang  terasa lebih berat saat ditekan. Ini membuat laptop tidak langsung mati saat tombol  tak sengaja tertekan. Keybioard juga memiliki Backlit warna putih, dengan 3 tingkat kecerahan. Kecerahan backlit papat diatur dengan tombol F8 atau melalui software MSI Center for Business and Productivity.

Untuk touchpad, ukurannya cukup lebar dengan posisi sedikit melebar ke kanan dari spacebar. Posisi ini cenderung center to body ketimbang center to keyboard. Touchpad juga telah mendukung mendukung Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

January 17, 2022 - 0

Install Aplikasi di Smartphone Baru Huawei: Sulit atau Tetap Mudah?

Pada bulan Juli 2020 lalu, kami dari Jagat Review sempat…
January 6, 2022 - 0

Review Infinix Note 11 Pro: Smartphone Gaming Harga Rp 2 Jutaan

Di lab pengujian Jagat Gadget, sudah ada Infinix Note 11…
January 6, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G: Smartphone Flagship Samsung Termurah di 2022

Smartphone Galaxy Fan Edition, ini dimulai dari Galaxy Note FE…
December 24, 2021 - 0

Smartphone Terbaik 2021 Pilihan Kami di Harga 1-2 Juta Rupiah

Melanjutkan dari video-video sebelumnya, kali ini kami dari Jagat Review…

Laptop

January 24, 2022 - 0

Review Lenovo Legion Slim 7 AMD: Laptop Tipis nan Kencang dengan Ryzen dan GeForce RTX

Terkadang kami sering mendengar berbagai pertanyaan seperti ini: “apakah ada…
January 24, 2022 - 0

Review MSI Delta 15 A5EFK-050ID: Laptop Gaming AMD Advantage yang Kencang dan Tidak Mahal

Standar AMD Advantage memang membuat pilihan Laptop Gaming kelas menengah…
January 22, 2022 - 0

Review Infinix INBook X2: Keren, Terjangkau, dan Lengkap dengan Fitur Baru

Pertengahan tahun lalu, Infinix, yang mungkin lebih dikenal lewat smartphone…
January 20, 2022 - 0

Review Axioo Slimbook 14: Laptop Murah dengan Ryzen 3 dan Ryzen 5

Banyaknya kegiatan online seperti sekolah, kuliah dan WFH membuat banyak…

Gaming

January 28, 2022 - 0

Saingan FIFA – UFL Unjuk Gameplay, Jadikan Cristiano Ronaldo Bintang Utama

Jika kita berbicara soal satu genre yang nyaris tak pernah…
January 28, 2022 - 0

Yu-Gi-Oh! Master Duel Tembus 4 Juta Unduhan dalam 1 Minggu !

Menyenangkan tentu saja melihat nama Konami kembali dibicarakan di industri…
January 28, 2022 - 0

Horizon Forbidden West Rampung

Menjadi salah satu seri sekuel yang paling diantisipasi di tahun…
January 28, 2022 - 0

Ubisoft Akan Matikan Game Battle Royale – Hyper Scape April Ini!

Hampir semua gamer sepertinya memahami bahwa genre battle-royale adalah genre…