Direct Release: Jelang World Backup Day, Yuk Ikuti 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Datamu!

Reading time:
March 30, 2021
My Passport Ultra

Tahukah Kamu?

  • Sebanyak 67%, atau 2 dari 3 orang Indonesia, pernah mengalami kehilangan data berharga dari smartphone.
  • Tiga alasan utama yang paling sering menjadi penyebab kehilangan data di smartphone adalah kerusakan gawai (22%), tidak sengaja terhapus (21%), dan serangan virus (18%).
  • Ironisnya, 1 dari 5 orang Indonesia masih menganggap bahwa back-up data tidak penting untuk dilakukan.[1]

Dengan adaptasi kebiasaan baru bekerja dan bersekolah dari jarak jauh, perlindungan data digital semakin penting dilakukan, terutama untuk dokumen pekerjaan yang krusial. Pastinya, tidak ada satu orang pun yang mau menghadapi mimpi buruk kehilangan proposal klien penting ataupun skripsi dan tugas kuliah – hanya karena kesalahan teknis komputer atau ketumpahan air di gadget. Kehilangan perangkat elektronik memang menyebalkan, tapi kehilangan files yang berharga, seperti foto, dokumen, dan video, ini lebih sulit untuk digantikan.

Menjelang World Backup Day yang dirayakan pada tanggal 31 Maret, Western Digital mengundang semua pengguna PC dan smartphone untuk melakukan backup data berharga di semua perangkat elektronik. Berikut ini adalah tips-tips dari Western Digital untuk mem-backup file di PC, tablet, maupun smartphone dengan aman dan mudah!

  • Atur backup data otomatis
My Passport

Semakin sering Anda melakukan back-up, semakin baik. Tapi jangan khawatir membuang banyak waktu, karena sekarang, ada banyak sekali solusi penyimpanan seperti cloud dan hard disk yang sudah memiliki fitur backup data otomatis. Misalnya saja, di hard disk WD My Passport dan My Passport Ultra, terdapat software WD Backup, yang memudahkan pengguna untuk menjadwalkan backup data otomatis, entah itu setiap beberapa hari, minggu, atau bulan sekali.

  • Buat pengarsipan yang rapi.

Simpan foto, video, dan dokumen-dokumen penting ke perangkat penyimpanan yang aman, seperti hard disk atau flash disk. Lalu, arsipkan semua data ini setiap 2 tahun sekali, dan jika memungkinkan, pindahkan semua arsip ke perangkat penyimpanan berbeda, setiap 3-5 tahun sekali. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kerusakan perangkat elektronik, sehingga cadangan file bisa selalu aman, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Inilah mengapa, seiring dengan kemajuan teknologi digital, semakin diperlukan perangkat penyimpanan berkapasitas besar – apalagi jika Anda memiliki banyak video, film, ataupun game yang membutuhkan space yang lebih besar.

  • Selalu gunakan hardware dan software yang ter-enkripsi

Pada umumnya, data atau file paling rawan untuk hilang atau disalahgunakan ketika sedang ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Dengan selalu menggunakan hardware dan software yang ter-enkripsi, maka file Anda akan lebih aman. Teknologi enkripsi sangat bermanfaat untuk melindungi data sensitif, termasuk informasi sensitif terkait file personal atau perusahaan. Karena itulah, Western Digital juga selalu melengkapi semua perangkat penyimpanannya dengan enkripsi canggih, sehingga Anda bisa selalu tenang menyimpan berbagai jenis file.

  • Gunakan kata sandi.
SanDisk Dual Drive

Gunakan kata sandi agar keamanan data tetap terjaga dan terhindar dari risiko dicuri atau disalahgunakan oleh pihak lain. Untuk pengguna smartphone, Western Digital menawarkan SanDisk Ultra Dual Drive Go dan SanDisk Ultra Dual Drive Luxe yang memungkinkan pengguna memindahkan file antara smartphone, tablet, dan laptop dengan USB Type-C atau Type-A.[2]

USB on-the-go ini memudahkan pengguna dalam melakukan back-up foto, video, musik, dokumen, dan bahkan kontak yang tersimpan di handphone dengan aplikasi SanDisk Memory Zone. Dengan SanDisk Dual Drive, Anda bisa menetapkan kata sandi rahasia untuk mengakses file-file tertentu, sehingga Anda tetap bisa berbagi file tanpa khawatir data sensitif akan bocor ke pihak lain.

  • Ingat aturan 3-2-1 untuk backup data

Ketika melakukan backup data, banyak orang yang bingung, dimana sebaiknya menyimpan semua file yang dimiliki? Dimana sebaiknya menyimpan “database”? Dalam hal backup data, sangatlah berisiko jika Anda hanya menyimpannya di satu perangkat tunggal – misalnya hanya di laptop. Sebab, jika terjadi kerusakan, akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan data-data yang sudah hilang di perangkat tersebut. Untuk itu, ingatlah aturan 3-2-1 untuk backup data yang lebih aman:

    1. Anda harus memiliki minimal 3x salinan data
    2. Simpan 2 salinan data di 2 lokasi yang berbeda
    3. Simpan 1 salinan data secara offline 

Sebagai contoh, Anda bisa mem-back-up data ke laptop, cloud, dan smartphone, tapi pastikan untuk selalu memiliki cadangan data di 1 perangkat yang bisa diakses secara offline, seperti hard disk. Sehingga, Anda bisa mengakses data-data kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Sandisk Dual Drive Go

Untungnya, banyak gadget terbaru di pasaran yang siap membantu Anda untuk melakukan backup dengan mudah. Misalnya saja, WD My Passport (USB 3.0) dan My Passport Ultra (USB Type-C) hadir dengan desain yang ramping dan nyaman, seukuran telapak tangan saja – sehingga Anda bisa membawanya kemana-mana. Saat ini, kedua perangkat ini juga telah tersedia dengan kapasitas hingga 5TB, sehingga cukup untuk menyimpan dan mengelola semua file yang Anda miliki.[3]

Nah, setelah mengetahui cara backup yang aman dan mudah, yuk gunakan momentum World Backup Day ini untuk mulai melakukan pengarsipan dan backup data di semua perangkat Anda!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 12, 2024 - 0

Film Super Mario Bros. Kedua Tayang April 2026

Mulai memahaminya sebagai “mesin pencetak uang” yang super efektif, Nintendo…
March 12, 2024 - 0

Gamer Berkumpul, lkut Berkabung dengan Kepergian Akira Toriyama

Seperti kehilangan kepingan masa kecil, ini mungkin yang dirasakan banyak…
March 12, 2024 - 0

Street Fighter 6 Bagi Penampakan Perdana Akuma

Kami mungkin bias, namun menyebutnya sebagai salah satu karakter paling…
March 12, 2024 - 0

Final Fantasy XVI Versi PC Hampir Rampung, Mungkin Rilis Demo

Pendekatan yang jauh berbeda dan unik dibandingkan dengan seri-seri Final…