Direct Release: Telkom Gandeng Huawei ASEAN (Indonesia) Academy untuk Bersinergi Memperkuat Komitmen ITDRI dan Pemberdayaan Talenta Digital BUMN

Reading time:
March 24, 2021
telkom huawei

[Indonesia, Jakarta, 23 Maret 2021] – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, badan usaha milik negara (BUMN), melalui inisiatif Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI), menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy yang dilakukan secara virtual di Jakarta.

Pada acara penandatangan MoU tersebut juga dihadiri oleh Jemy Vestius Confido, SGM Telkom Corporate University Center and Yang Donghai, Direktur Huawei Indonesia dan Dekan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy Engineering Institute, serta disaksikan secara virtual oleh Herlan Wijanarko, Chief Technology Officer Telkom Group, Afriwandi, Chief Human Capital Officer of Telkom Group, Albert Yang, Vice President Management Transformation Huawei Indonesia & Dekan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy, Admiral Dasrin, CHCO of Network & IT Solution Telkom Indonesia, Dani Krishnamulya Ristandi, Human Resource Director Huawei Indonesia dan Allen Yu, Director Telkom Account Huawei Indonesia.

Nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak menyoroti beberapa komitmen kerjasama antara pusat pelatihan telekomunikasi terbaik di Indonesia yaitu ITDRI-Telkom Center of Excellence, dan Huawei ASEAN Academy Indonesia dengan fasilitas terlengkap di Asia Pasifik. Melalui kerja sama ini, ITDRI dan Huawei ASEAN Academy Indonesia akan melaksanakan program pembelajaran bersama dalam pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran di bidang teknologi digital.

Kedua pusat pelatihan unggulan tersebut juga akan melakukan inisiatif inovasi bersama, sehingga masing-masing pihak memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan dan pengoperasian produk ekosistem yang saat ini sedang dibangun oleh Institut Riset Telekomunikasi dan Digital (ITDRI) untuk kemajuan BUMN Indonesia.

Afriwandi, CHCO TelkomGroup mengatakan, “Perlu penguatan riset tentang pengembangan talenta digital dan inovasi melalui ITDRI, bekerjasama dengan Huawei merupakan salah satu langkah dan strategi ITDRI untuk memperkuat riset, talenta, dan inovasi serta menyukseskan visi Indonesia Maju dengan mengoptimalkan segenap sumber daya yang dimiliki satu sama lain. Kami menantikan kolaborasi jangka panjang dan bermanfaat dalam hal pembelajaran, penelitian, dan inovasi untuk beragam pertanyaan yang lebih besar tentang pembangunan berkelanjutan untuk bangsa. Kami yakin kemitraan ini akan sukses di masa depan. Saya sangat yakin bahwa upaya bersama kita akan membuahkan hasil dan bermanfaat bagi kita semua, dalam berkontribusi untuk Indonesia”.

Jemy Vestius Confido, Chairman of ITDRI dan SGM Telkom Corporate University Center mengatakan, ”Kami akan menyusun landasan kerjasama lanjutan antara Huawei Indonesia dan Telkom yang telah ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) selaku pengelola ITDRI, ditujukan untuk mendukung dan memberikan pemberdayaan kepada seluruh BUMN di 12 klaster. Ini merupakan momentum yang luar biasa baik bagi Telkom melalui ITDRI maupun Huawei. Bersama-sama, kami akan berkolaborasi dalam mempersiapkan 3 core untuk klaster BUMN dalam hal pembelajaran, penelitian, dan inovasi.”

Telkom meyakini Huawei memiliki perkembangan teknologi yang sangat maju dan Huawei ASEAN Academy Indonesia yang memiliki fasilitas terlengkap di Kawasan Asia Pasifik sekaligus memiliki visi yang kokoh untuk memperkuat kesiapan Indonesia menuju revolusi industri 4.0. Di sisi lain, Telkom juga memiliki tujuan yang besar untuk mempersiapkan bangsa dalam hal pengembangan talenta dan penguasaan teknologi.

“Oleh karena itu, kami yakin kolaborasi ini akan bermanfaat dalam perspektif bisnis untuk keduabelah pihak, Huawei Indonesia dan Telkom. Hal tersebut juga akan menjadi pondasi yang sangat kuat bagi BUMN dan bangsa pada umumnya, untuk mempersiapkan kapabilitas yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan di era disrupsi digital yang kini sedang dihadapi oleh berbagai sektor industri. Terima kasih kepada Huawei Indonesia yang telah berpartisipasi dalam kerjasama inisiatif ITDRI,” kata Jemy.

Sementara, Yang Donghai, Direktur Huawei Indonesia dan Dekan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy Engineering Institute mengatakan, “Hari ini, melalui penandatangan MoU, kami berharap terus dapat bekerjasama untuk waktu jangka panjang di masa depan, agar dapat saling memberikan kontribusi terbaik satu sama lain, dan juga sejalan dengan komitmen Huawei untuk mengembangkan kompetensi 100.000 talenta digital di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun. Kemitraan ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya menjawab kebutuhan sumber daya manusia minimal sebanyak 9 juta talenta digital pada tahun 2025 untuk mewujudkan misi Indonesia 4.0.”

Bagi Huawei ASEAN (Indonesia) Academy, kerjasama dengan Telkom Center of Excellence ini akan semakin memperkaya kontribusi Huawei dalam upaya meningkatkan kompetensi talenta digital Indonesia melalui pemanfaatan fasilitas unggulan yang telah tersedia. Huawei ASEAN Academy (Indonesia), yang terdiri dari Business CollegeTechnical College dan Engineering College, didukung oleh lebih dari 100 pelatih, lebih dari 3.000 kursus atau pelatihan, dan lebih dari 100 lingkungan pembelajaran, dan dilengkapi dengan laboratorium, ruang kelas, pelatihan pusat, dan fasilitas untuk mempelajari beragam instalasi perangkat keras dan pekerjaan lapangan terkait lainnya.

Di Huawei ASEAN (Indonesia) Academy, para peserta program dapat mengikuti kerja lapangan, mengikuti ujian, dan memperoleh sertifikasi. Huawei ASEAN (Indonesia) Academy juga menyelenggarakan praktik kerja di lapangan dengan modul yang dapat digunakan kembali. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk ikut serta dalam pelatihan di lapangan sekaligus. Oleh karena itu, diharapkan sebanyak 1.500 hingga 2.000 program pelatihan dan sertifikasi TIK dapat diselenggarakan setiap tahunnya.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 7, 2021 - 0

FF VII Remake Intergrade “Eksklusif” PS5 Setidaknya 6 Bulan!

Ketika Final Fantasy VII Remake dirilis ke pasaran, ia datang…
May 7, 2021 - 0

FF VII Remake Intergrade Rilis Trailer Baru, Pamer Summon Ramuh

Seolah sudah terprediksi jauh-jauh hari, menjadi sesuatu yang rasional bahwa…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
May 7, 2021 - 0

Metro Exodus ver. Konsol Next-Gen Tiba Juni 2021

Tepuk tangan super meriah memang pantas untuk diarahkan oleh 4A…