Review Casio G-Shock GBD-100SM: Jam Tangan yang Tangguh dan ‘Pintar’

Reading time:
March 31, 2021

Casio belum lama mengumumkan kehadiran koleksi jam tangan G-Shock terbaru yang memiliki nama seri GBD-100. Sebagai jam tangan yang dirancang dengan ketahanan tinggi, varian G-Shock yang satu ini ternyata masuk ke dalam kategori Sportwatch karena beberapa fitur canggih yang telah diusungnya. Nah, mulai penasaran dengan G-Shock yang satu ini? Berikut ulasan singkatnya.

Desain Fisik G-Shock GBD-100

Secara tampilan fisiknya, G-Shock GBD-100 ini sangat mirip sekali dengan salah satu koleksi varian G-Shock lainnya yaitu G-Shock GPR-b1000. Jam tangan yang terlihat sangat sporty ini memiliki beberapa varian antara lain GBD-100SM-1 (hitam-hijau), GBD-100SM-1A7 (putih-hijau) dan GBD-100SM-4A1 (hitam-merah).

Untuk dimensinya, G-Shock GBD-100SM ini memiliki ukuran 58,2 x 49,3 x 17 mm dengan bobot sekitar 69 gram. Saat kami mengenakannya, jam tangan ini memang terasa ringan dan nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hal yang menarik lagi adalah, G-Shock GBD-100SM ini menggunakan bezel transparan yang disebut “Skeleton Bezel”.

Tombol Pengaturan

Sama seperti G-Shock lainnya, GBD-100SM ini tentunya dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan yang memiliki total 5 buah tombol. Kelima tombol terbagi dari 3 buah tombol di sisi kiri jam dan 2 tombol di sisi kanan.

Saat akan melakukan pengaturan, Casio G-Shock GBD-100SM ini memiliki keunggulan di sisi ini karena berbeda dengan G-Shock lainnya. Cukup dengan menekan tombol bagian kiri atas dan tahan selama 2 detik, Anda akan langsung melihat daftar menu fitur-fiturnya seperti, Home time, World time, Alarm, Profile, Beep, Light, Vibration, Pairing Bluetooth, Air Plane Mode, Phone Find, Reset dan Regulatory.

Fitur-fitur Unggulan

Sebagai jam tangan yang juga bisa dikategorikan sebagai Sport Watch, G-Shock GBD-100SM ini memiliki fitur-fitur yang dapat dijadikan sebagai asisten olah raga penggunanya. Saat jam tangan G-Shock ini terhubung ke smartphone melalui Bluetooth, Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghitung langkah dan jarak saat pengguna sedang berolah raga lari atau jalan santai.

Hal yang lebih menariknya lagi, meski koneksi Bluetooth terputus dari smartphone, penghitung langkah dan jarak di G-Shock GBD-100SM ini masih tetap aktif dan melakukan kalibrasi penghitungan langkah dan jarak dengan baik.

Selain menghitung jumlah langkah dan jarak saat berlari, G-Shock GBD-100SM ini juga dapat menghitung jumlah kalori yang terbakar serta sanggup menyimpan data hingga 100 kali waktu berlari atau 140 putaran.

Untuk menghubungkan Casio G-Shock GBD-100SM ini , Anda harus meng-install terlebih dahulu aplikasi G-Shock Move yang sudah tersedia dan dapat di-download melalui Google Play Store dan App Store. Kemudian, registrasi pada aplikasi tersebut sekaligus mengaktifkan Bluetooth pada smartphone Anda.

Lalu, setelah sukses melakukan registrasi pada aplikasi G-Shock Move, Anda diharuskan melakukan pairing pada G-Shock GBD-100SM dengan menekan tombol kiri atas selama 2 detik. Kemudian Anda cari menu Pairing untuk menghubungkan jam tangan ini ke smartphone Anda.

Meskipun G-Shock GBD-100SM ini memiliki konektivitas Bluetooth serta didukung oleh aplikasi yang terhubung ke smartphone, jam tangan tidak termasuk kedalam kategori smartwatch. Karena baterai yang digunakan jam tangan ini tidak bisa di-charge ulang. Namun pihak Casio mengklaim kalau baterai yang tersemat di dalamnya, mampu bertahan hingga 2 tahun.

Selain bisa diajak olah raga berlari atau fitness, G-Shock GBD-100SM ini juga tentunya dapat Anda gunakan saat berenang. Jam tangan ini diklaim memiliki ketahanan dengan kedalaman air hingga 200 meter.

Bagi Anda yang ingin memiliki Casio G-Shock GBD-100SM, saat ini sudah tersedia di Indonesia dan dapat diperoleh melalui toko online resmi Casio atau melalui akun sosial media resmi Casio G-Shock. Jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp 2.829.000 dan memiliki garansi selama 2 tahun.

 

Load Comments

Gadget

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 21, 2021 - 0

(VIDEO) 10+1 Fitur Keren pada Oppo A54

Oppo baru saja mengumumkan Oppo A54, sebuah smartphone kelas terjangkau…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 5, 2021 - 0

Band Low Roar Rilis OST Terbaru Arknights

Seringkali dipandang sebelah mata namun sebenarnya memainkan peran penting, musik…
May 5, 2021 - 0

Baru Demo, RE Village Sudah Kedatangan Mod “Nakal”!

Serahkan kepada internet dan pikiran kotor bercampur kreativitas para modder…
May 5, 2021 - 0

Fortnite Berencana Racik Mode Open-World ala GTA Online?

Popularitas memang sempat meroket namun sekadar menawarkan mode “battle-royale” sepertinya…
May 5, 2021 - 0

Capcom: Banyak Fans Sebut Resident Evil 7 Terlalu Seram

Proses desain game Resident Evil dari Capcom memang muncul bak…