Review Lenovo IdeaPad Duet 3i: Mungil dan Terjangkau

Author
Irham
Reading time:
March 10, 2021

Jika anda sedang mencari perangkat Detachable Laptop, sepertinya laptop yang satu ini bisa dibilang sebagai perangkat termurah dipasaran untuk saat ini. Ini adalah Lenovo IdeaPad Duet 3i, yang juga telah mampir ke meja pengujian Jagat review.

Laptop detachable ini cocok untuk mereka yang membutuhkan perangkat Laptop + Tablet murah dengan kemampuan serta fitur yang serius. Untuk aktivitas kerja dan belajar/sekolah dari rumah, laptop ini mungkin saja akan cocok untuk berbagai kebutuhan kalian.

Nah, buat kalian yang mungkin sudah penasaran, tak perlu lama lagi langsung saja simak review lengkap Lenovo IdeaPad Duet 3i berikut ini.

Desain

Lenovo Ideapad Duet 3i merupakan laprop dengan form factor Convertible 2-in-1/Detachable, dimana laptop memiliki unit Keyboard yang dapat dilepas sehingga unit layar dapat dioperasikan sebagai Tablet.

Unit layar/Tablet dilengkapi Kickstand sebagai penyangga, dimana Kickstand ini juga  tampak mirip seperti di Microsoft Surface. Kickstand dengan material logam yang kokoh ini, dapat dibuka sangat lebar sehingga posisi Laptop bisa nyaris rebah.

Baca Juga: Review Yoga Slim 7i Pro: Tipis, Kencang, Dingin, Terbaik di Kelasnya 

 

Review Lenovo Ideapad Duet 3i

Saat menjadi Tablet, Lenovo IdeaPad Duet 3i cocok sekali digunakan untuk menonton, menjelajah Website, atau melakukan presentasi ke lawan bicara/klien. Tentunya saat terhubung Keyboard, Lenovo IdeaPad Duet 3i siap dipakai untuk kerja serius.

Review Lenovo Ideapad Duet 3i

Material Bodi untuk laptop detachable ini yaitu Polycarbonate. Walaupun masuk kategori IdeaPad, desain dan penampilan Laptop Detachable ini tampak mewah dan terkesan seperti produk Premium. Tidak terkesan sebagai Laptop kelas Entry-Level dengan harga murah.

Ideapad Duet 3i 12

 

Warna laptop Lenovo Ideapad Duet 3i yang kami review yaitu Graphite Grey dan nampaknya hanya warna ini yang tersedia di pasaran. Untuk dimensinya, unit Layar/Tablet memiliki panjang 24,9 cm, lebar 16,5 cm dan tebal 0,99 cm. Sementara untuk unit keyboard memiliki tebal 0,6 cm.

Unit Tablet memiliki bobot sebesar 593 gram dan Unit Keyboard sebesar 273 gram, yang digabungkan yaitu hanya sebesar 866 gram. Lalu unit Charger dengan bobot 199 gram, sehingga total bobot laptop sebesar 1,06kg.

Review Lenovo Ideapad Duet 3i

Beralih ke Display, ukuran layarnya yaitu hanya sebesar 10.3 inci. Panel yang digunakan yaitu IPS dengan resolusi Resolusi 1920 x 1200 Pixel danAspect Ratio 16:10. Aspect Ratio 16:10 membuat area kerja di layar menjadi lebih luas dibandingkan layar 16:9 konvensional.

Layar ini memiliki cakupan warna 100% sRGB dan tingkat kecerahan 330 nits. Tentunya laptop ini juga memiliki dukungan touchsreen, dan memiliki permukaan layar Glossy yang memang wajar untuk sebuah layar Touchscreen.

Review Lenovo Ideapad Duet 3i

Touchscreen mendukung penggunaan stylus, namun sayangnya tidak disertakan pada paket pembelian. ntungnya Laptop ini dapat menggunakan Stylus yang telah mendukung Microsoft Pen Protocol.

Bingkai layar dibuat tebal karena sisi pinggir digunakan sebagai tempat pegangan tangan. Di bingkai bagian atas terdapat kamera 720p @30FPS . Tapi uniknya, laptop ini masih memiliki kamera lain dibagian belakang yaitu dengan sensor 5 MP untuk foto dan 1080P @30 FPS untuk video.

Kamera ini dilengkapi fitur fitur Auto-focus dan menariknya kamera belakang langsung dapat digunakan untuk melakukan Scan pada Document atau Whiteboard dengan menggunakan aplikasi Camera bawaan Windows 10.

Ideapad Duet 3i juga dilengkapi dua Speaker dengan posisi sisi samping kanan kiri layar dibagian paling atas. Tersedia Software Dolby Audio untuk mengatur Audio Profile.

Untuk Konektor dan Tombol, tersedia pada sisi kiri dan kanan diantaranya sebagai berikut:

Kiri

  • 1X 3.5 MM Audio Jack
  • 1X microSD Slot dengan Tray
    • Dapat digunakan untuk menambah kapasitas Storage
  • 2X Type-C USB 3.2 Gen 2
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
    • Mendukung Power Delivery

Kanan

  • Power Button
  • Volume Button

Ideapad Duet 3i dilengkapi Bluetooth Folio Keyboard. Keyboard tidak hanya dapat digunakan saat menempel dengan unit layar/Tablet tetapi juga dapat digunakan secara terpisah/tanpa kabel dengan menggunakan konektivitas Bluetooth.

Jadi pengguna masih bisa mengetik sambil duduk di sofa dengan nyaman sementara unit layar/Tablet dapat diletakan di meja di depan.

Pada sisi samping Keyboard terdapat Switch untuk mematikan, menyalakan, serta melakukan Pairing. Kapasitas baterai Keyboard dapat diperiksa di Windows saat sudah terhubung dengan konektivitas Bluetooth.

Review Lenovo Ideapad Duet 3i

Tombol Keyboard masih menggunakan desain khas Lenovo IdeaPad tetapi telah mengalami perubahan tata letak beberapa tombol untuk menyesuaikan dengan ukuran Laptop. Salah satu perubahan tata letak tombol adalah tombol Function F1-F12 kini menyatu dengan tombol angka.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga Slim 7i Carbon: Super Ringan dan Kencang 

Dibutuhkan adaptasi di awal untuk mereka yang terbiasa menggunakan Keyboard ukuran normal. Apalagi Keyboard  ini juga tidak dilengkapi lampu Backlit.

Lalu untuk touchpad, posisinya sejajar dengan tombol Spacebar dan Alt-kanan. Walaupun tidak pas sejajar dengan tombol Spacebar, posisi Touchpad tetap tidak mengganggu kenyamanan saat mengetik karena telapak tangan tidak mudah masuk ke area Touchpad. Touchpad juga mendukung Windows Precision Driver.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi utamanya, laptop ini menggunakan prosesor Intel Pentium Silver N5030. Prosesor dengan Codename Gemini Lake ini dibangun denga Fabrikasi 14 nm dengan konfigurasi 4-Core/4-Thread dan TDP 6 Watt.

Base Clock-nya sebesar 1.1 GHz dengan Maximum Burst Clock 3.1 GHz serta memiliki Intel Smart Cache sebesar 4 MB. Di sisi grafis, laptop ini juga mengandalkan  Integrated Graphics Intel UHD Graphics 605 dengan 18 EU yang ada pada prosesor.

Memory/RAM yang digunakan yaitu 8 GB DDR4 2400 MHz Single Channel, dan ini terpasang Onboard .  Tidak ada slot SO-DIMM untuk Upgrade. Sementara untuk storage menggunakan flash storage eMMC dengan kapasitas 256GB.

Konektivitas Nirkabel menggunakan modul Wi-Fi Intel Wireless-AC 9560. Ini menggunakan standar Wi-Fi ac yang mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi. Selain itu juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth V5.1.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…