Review Lenovo ThinkPad X1 Fold: Laptop Pertama dengan Layar Lipat!

Reading time:
March 12, 2021

Engsel layar tentunya menjadi bagian yang penting untuk perangkat layar lipat seperti ThinkPad X1 Fold, di mana laptop ini menggunakan Multi-link Torque Hinge Mechanism yang diklaim mampu menangani beban kerja yang terjadi saat aktivitas buka tutup layar yang intense. Engsel pada laptop sudah didesain sedemikian rupa agar debu dan kotoran tidak mudah masuk ke sendir gerak dan celah kecil pada engsel yang akan mengganggu pergerakan. Engsel laptop juga didesain akan menciptakan celah saat layar ditutup, di mana celah ini penting untuk memastikan bagian tengah layar akan membentuk lengkungan saat ditutup dan bukannya lipatan seperti saat melipat kertas.

Untuk material, laptop menggunakan Magnesium untuk bagian Frame Cover (bodi), dengan menggunakan dua lapis lempengan logam dan satu lapis lempengan Carbon Fibre untuk menompang layar OLED dari sisi bawah. Untuk bagian sisi luar bodi, laptop dilengkapi dengan Folio Cover dari material kulit asli yang juga berfungsi sebagai Kickstand dan memiliki logo Thinkpad X1 yang berada di sudut kanan atas.

Laptop ThinkPad X1 Fold tampil dengan warna keseluruhan hitam yang menjadi ciri khas dari brand Thinkpad, dengan telah lolos 12 jenis uji ketahanan berstandar militer MIL-STD-810H dan 27 jenis uji ketahanan spesial untuk Thinkpad dari Lenovo sendiri.

Unit laptop ini sendiri tergolong ringan dengan hanya berbobot 966 gram untuk laptop, dan 177 gram untuk keyboard. Charger-nya sendiri berbobot 294 gram dengan Stylus 16 gram, sehingga total bobot untuk seluruh perangkat ThinkPad X1 Fold ini sebesar 1,45 kg.

Kamera pada laptop menggunakan 5 MP HD RGB + Infra Red Camera, di mana posisinya terdapat di bingkai atas pada sisi layar sebelah kiri.

Untuk Stylus, Lenovo memberikan Lenovo Mod Pen pada paket penjualan untuk memudahkan aktivitas seperti membuat catatan hingga menggambar. Pen ini memiliki 4096 Level of Pressure Sensitivity, mendukung Wacom AES 1.0 dan Wacom AES 2.0. Pengguna tak perlu konektivitas Bluetooth untuk bisa mengaktifkan Stylus ini, termasuk semua fungsi tombol. Stylus ini diklaim mampu bertahan hingga 332 jam atau sekitar 13 hari 20 jam jika digunakan terus menerus, dan dapat diisi ulang dengan menggunakan konektor USB Type-C.

Untuk Audio, ThinkPad X1 Fold dilengkapi dengan dua Speaker Stareo yang dalam posisi landscape, posisi lubang keluaran suara ada di sisi pinggri atas dan bawah layar sebelah kiri. Lenovo memberikan software Dolby Access untuk mengatur Audio Profile.

Konektor dan tombol (posisi dalam posisi landscape) terdiri dari:

  • Kiri
    • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Pada sisi kiri juga tersedia slot untuk SIM Card. Akan tetapi untuk pasar Indonesia, modul SIM Card tersebut tidak disediakan
  • Bawah
    • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Sayang sekali, konektor ini menjadi tidak dapat digunakan jika Lenovo ThinkPad X1 Fold digunakan dalam keadaan didirikan di atas meja
    • Untunglah hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aksesoris Lenovo Easel Stand
  • Kanan
    • Tombol Power On/Off
    • Tombol Volume Up/Down

Konektivitas pada laptop menggunakan model Intel Wi-Fi AX200 yang telah mendukung Wi-Fo 6 atau Wi-Fi AX, MU-MIMO, dan Gigabith Wi-Fi, serta Bluetooth v5.1. Walau laptop ini sebenarnya mendukung konektivitas 5G, tetapi kemampuan tersebit tidak disediakan pada unit yang dijual di Indonesia.

Keyboard pada laptop menggunakan Lenovo Fold Mini Keyboard yang disediakan bersama dengan paket penjualan, di mana keyboard ini menggunakan konektivitas Bluetooth. Sementara Touchpad memiliki posisi sejajar dengan tombol Spacebard tetapi dengan ukuran lebih kecil daripada tombol Spacebar, dan telah didukung dengan Windows Precision Driver. Untuk sekuritasnya, laptop memiliki Infra Red Camera untuk biometric security, serta dTPM (Discrete Trusted Platform Module) 2.0.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Uji Performa Cinebench R15 20X Loop (Dengan Power Adapter) Terlihat…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

Uji Performa Terdapat 5 preset pengaturan performa yang dapat diubah…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Spesifikasi  Untuk spesifikasi dapur pacunya, ASUS ROG Zephyrus Duo 15…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

Uji Performa Laptop HP Envy 15 menyediakan pengaturan Performance Profile…

Gaming

May 7, 2021 - 0

FF VII Remake Intergrade “Eksklusif” PS5 Setidaknya 6 Bulan!

Ketika Final Fantasy VII Remake dirilis ke pasaran, ia datang…
May 7, 2021 - 0

FF VII Remake Intergrade Rilis Trailer Baru, Pamer Summon Ramuh

Seolah sudah terprediksi jauh-jauh hari, menjadi sesuatu yang rasional bahwa…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
May 7, 2021 - 0

Metro Exodus ver. Konsol Next-Gen Tiba Juni 2021

Tepuk tangan super meriah memang pantas untuk diarahkan oleh 4A…