Direct Release: Optimalkan Wadah Dukungan Bagi Pembuat Konten, GoPlay Fokus Kembangkan Live Stream Platform di 2021

Reading time:
April 12, 2021

GoPlay Live 1

Jakarta, 9 April 2021 – GoPlay Live pada tahun 2021 menjadi fokus GoPlay, platform video-on-demand dan live streaming interaktif dari Gojek. Berkolaborasi dengan para pembuat konten (content creator) tanah air dari berbagai bidang, GoPlay Live sepanjang tahun ini akan memanjakan pengguna dengan beragam hiburan live streaming menarik dan berkualitas, dari event online, konser musik, program live show, hingga dan konten berkualitas lainnya. Para pengguna dapat menemukan beragam konten live streaming yang dapat dinikmati  bersama teman dan keluarga tersebut dalam satu aplikasi secara gratis.

Sejak diluncurkan tahun lalu, GoPlay Live kini juga telah menjadi andalan pembuat konten untuk tetap produktif, berinovasi dan memperluas jangkauan audiens, serta bagi pelanggan untuk mendapatkan hiburan berkualitas yang aman di tengah pandemi COVID-19.

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, “Dalam perjalanannya, GoPlay terus hadir sebagai rumah bagi para content creator tanah air untuk dapat berkreasi dan memasarkan karya mereka secara lebih luas dalam lingkungan yang aman dan kondusif di tengah pandemi COVID-19. Dukungan tersebut sebelumnya kami hadirkan kepada para sineas perfilman tanah air melalui konten GoPlay Original, yang kini diperluas ke ranah live show dengan menghadirkan ragam konten GoPlay Live Original yang baru nan segar.” Apalagi dengan berbekal teknologi, “Kini setiap orang dapat menjadi content creator dan membuat konten dengan lebih mudah dan cepat,” tambah Edy.

Layanan live streaming diperkirakan akan terus tumbuh. Laporan terbaru dari App Annie menyatakan jumlah jam yang dihabiskan pada aplikasi mobile video streaming di Indonesia pada Kuartal IV 2020 mencapai 8,33 miliar jam, naik hampir dua kali lipat dari Kuartal IV 2019 yang hanya sebesar 4,94 miliar jam. Konsumen juga dipercaya akan mengunduh (install) lebih dari satu hingga rata-rata 9,5 aplikasi streaming, seiring dengan minat mereka untuk terus mencari hiburan-hiburan baru di aplikasi selama berkegiatan  di rumah.

Berbagai konten live show interaktif GoPlay Live telah berhasil menarik antusiasme pengguna sejak pertama kali diluncurkan. Misalnya, JKT48 Live Show, konten GoPlay Live Original dengan tiga program acara berbeda yang baru-baru ini diluncurkan berhasil mendapatkan jumlah penonton tertinggi di penayangan perdana hingga mencapai lebih dari 4.000 penonton.

Melalui berbagai konten live show interaktif yang berkualitas jumlah live show GoPlay pun meningkat secara signifikan hingga sepuluh kali lipat sepanjang Kuartal I 2021. Pertumbuhan tersebut seiring dengan jumlah content creator yang meningkat sangat signifikan di tahun 2021, hingga 100% dibandingkan tahun lalu.

Berbagai konten reguler GoPlay Live pun terus semakin mendapat perhatian pengguna setiap harinya, seperti kelas budaya Jepang Hiro Sensei, live talkshow isu terkini CiaoBella, live quiz Tebak Lagu, dan live trivia Trivia Time.

Adapun pada tahun ini, salah satu program unggulan GoPlay Live adalah konten virtual idol, sebagai wajah hiburan masa depan dengan pemanfaatan teknologi yang menampilkan karakter avatar animasi dalam dua atau tiga dimensi sebagai sebuah tayangan unik dan menarik. GoPlay Live akan berkolaborasi dengan dua virtual idol lokal populer Andi Adinata dan Alia Adelia dalam menghadirkan berbagai konten eksklusif GoPlay Live Original. Kolaborasi ini akan menjadi program live show interaktif virtual idol pertama yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dengan tokoh virtual mereka melalui fitur-fitur interaktif andalan GoPlay Live.

Virtual Idol lokal Andi Adinata mengungkapkan antusiasmenya atas kolaborasi bersama dengan GoPlay Live. “Menghadirkan suatu tayangan virtual idol interaktif dengan penonton menjadi hal yang selalu saya nantikan. Senang sekali bisa memanfaatkan sebuah wadah baru yang semakin mendekatkan saya dengan lebih banyak teman baru. Bareng GoPlay Live, saya akan menghadirkan banyak keseruan baru untuk teman-teman di rumah. Kita bisa nyanyi bareng, diskusi, main game, saling curhat, sampai bahas hal-hal seru lainnya secara live, cuma di GoPlay.”

Kedua virtual idol tersebut secara eksklusif akan hadir dalam program spesial #NontonGPL (GoPlay Live/Gak Pake Lama) yang akan ditayangkan oleh GoPlay Live di tanggal 12 April 2021. Selama 24 jam, pengguna dapat menikmati virtual idol dan berbagai konten live seru secara gratis tanpa biaya berlangganan. Akan tayang pula sejumlah live show interaktif lain seperti nonton bareng film indie, live music akustik bersama, kelas memasak Ramadan, review makanan GoFood, talkshow seru, hingga sejumlah edisi spesial acara-acara live show reguler GoPlay selama ini.

Antusiasme penonton terhadap konten-konten di GoPlay Live pun cukup tinggi. Sejumlah fitur interaktif andalan GoPlay Live seperti Chat, Shout Out, Virtual gift, Polling, dan Live shopping turut mendorong content creator untuk terus berinovasi menghadirkan topik-topik baru yang lebih seru dan menghibur. “Kami melihat potensi dukungan para pengguna yang begitu besar bagi keberlangsungan content creator. Pengguna memberikan dukungan dan apresiasi terhadap content creator dengan memanfaatkan fitur virtual gift selama live streaming. Kami juga melihat tren pendapatan para content creator terus meningkat seiring antusiasme pengguna yang semakin familiar dengan fitur virtual gift ini. Temuan ini sangat membesarkan hati kami karena dukungan para pengguna akan sangat membantu pertumbuhan dari industri live streaming di Indonesia,” jelas Edy.

“Sejalan dengan misi Gojek untuk memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi sekitar, GoPlay berkomitmen untuk terus mendukung para content creator tanah air dengan saluran pendapatan berkelanjutan. Dukungan ini hadir melalui berbagai inovasi, baik teknologi maupun kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami berharap wajah baru GoPlay yang diwarnai dengan beragam konten live show interaktif semakin dicintai pengguna dan menjadi rujukan utama platform hiburan yang dapat untuk dinikmati bersama dengan teman dan keluarga,” tutup Edy.

Tags:

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 11, 2021 - 0

Resident Evil Village Tembus 3 Juta Kopi!

Strategi marketing yang tidak hanya “berhasil” saja, tetapi juga viral,…
May 11, 2021 - 0

Genshin Impact Pamer Karakter Waifu Baru – Eula

Eula? Tenang, kita tidak tengah bicara soal End-User License Agreement…
May 11, 2021 - 0

EA Akan Pamer Battlefield Baru di Juni 2021

Para penggemar game FPS militer dengan perang skala besar sepertinya…
May 11, 2021 - 0

Capcom Dituduh Curi Desain Monster untuk RE Village

Lebih banyak seri utama, lebih banyak cerita dibuka, semakin pula…