Review Lenovo Legion 5 Pro: Kenceng Parah!

Author
Irham
Reading time:

Para antusias teknologi di tanah air telah banyak yang menantikan kehadiran laptop dengan spesifikasi paling anyar, dengan kombinasi prosesor AMD Ryzen 5000 series terbaru dan GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series. Nah, kini laptop dengan kombinasi tersebut telah hadir di hadapan kita untuk di review, yaitu Lenovo Legion 5 Pro.

Ini adalah laptop gaming pertama di dunia, yang menggunakan layar 16 inci beresolusi QHD 165Hz. Legion 5 Pro juga ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 75800H, serta menggunakan GPU GeForce RTX 3070.Review Lenovo Legion 5 Pro

Dengan spesifikasi serba terkini yang ditawarkan, tentu saja laptop ini tidak berada di kelas harga yang murah. Akan tetapi dengan semua yang bisa didapatkan, harganya juga sudah sangat sesuai.

Penasaran berapa harga laptop Lenovo Legion 5 Pro ini? Mending lebih dahulu simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Perangkat ini tentunya mengusung desain clamshell, dimana material yang digunakan yaitu berbahan Alumunium. Lenovo Legion 5 Pro kembali menghadirkan desain klasik Lenovo Legion dengan bentuk dan lekukan bodi ala laptop Gaming.

Review Lenovo Legion 5 Pro

Kesan desain klasik Lenovo Legion semakin kuat dengan adanya logo Y pada punggung layar dengan ukuran besar yang akan memancarkan cahaya putih. Untunglah penampilan Lenovo Legion 5 Pro masih tetap tampak sederhana dan terkesan seperti Laptop professional.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga 6: Berbalut Kain, Kencang Dengan Ryzen 4500U 

Desain ini juga cocok untuk mereka ingin menggunakan Laptop performa tinggi, tetapi dengan penampilan yang tidak menarik perhatian banyak orang di tempat umum seperti di kantor atau di kafe. Ini sesuai dengan slogan dari Lenovo Legion, Stylish Outside, Savage Inside.

Untuk warna yang dihadirkan yaitu Storm Grey. Ukuran dimensinya yaitu dengan Panjang, 35.6 cm, lebar 26,4 cm, serta ketebalannya yaitu Sisi Paling Tipis 2,17 cm dan sisi Paling Tebal  yaitu 2,68 cm.

Review Lenovo Legion 5 Pro

Berat laptop ini mencapai 2,56 Kg. Sedangkan chargernya yaitu sebesar 891 gram. Mungkin adaptor charger ini memilki bobot yang besar, karena ini adalah Charger 300 Watt. Jadi total keseluruhan yaitu mencapai 3,46 Kg.

Ukuran layar dari Legion 5 Pro yaitu 16 inci, Ukuran layar baru yang belum pernah kami temukan sebelumnya di Laptop Gaming. Ukuran seperti ini tampaknya merupakan kompromi antara layar yang lebih besar dari 15.6 Inch tetapi dengan bodi tidak sebesar Laptop Gaming 17.3 Inch. Untungnya, dengan layar lebih besar, ukuran bodi Lenovo Legion 5 Pro masih terasa seperti Laptop 15.6 Inch.

Review Lenovo Legion 5 Pro

Adapun resolusi layarnya yaitu QHD (2560 x 1600 Pixel) dengan Aspect Ratio 16:10. Aspect Ratio ini membuat tampilan layar saat memainkan Game menjadi lebih luas dibandingkan menggunakan Aspect Ratio 16:9.

Panel yang digunakan yaitu IPS dengan tingkat cakupan warna 100% sRGB, serta tingkat kecerahannya yaitu 500 Nits. Ini juga didukung dengan teknologi VESA DisplayHDR dan Dolby Vision. Layar juga telah dikalibrasi oleh pabrik Lenovo sendiri dengan serifikasi X-Rite Pantone.

Refresh Ratenya yaitu sebesar 165 Hz, juga tergolong baru untuk Laptop Gaming. Sementara Response Time-nya yaitu sebesar 3 ms.

Color Profile layar dapat X-Rite Color Assistant dengan pilihan

  • Rec. 709
  • sRGB
  • Default
  • Not Calibrated

Layar menggunakan permukaan Anti-Glare yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman. Bingkai layar menggunakan desain yang tipis di empat sisi. Bahkan bingkai sisi bawah yang biasanya tebal kini sudah ditipiskan.

Ini membuat tingkat Screen-to-Body-Ratio mencapai 90%. Pada bingkai atas bagian tengah diberi Notch yang akan memudahkan pengguna saat membuka layar dan menjadi tempat Kamera 720P 30 FPS.

Lalu di sisi audio, perangkat ini dilengkapi dua buah Speaker dengan posisi disisi samping mengarah ke meja. Disediakan Software Nahimic untuk mengatur Audio Profile. Software Nahimic juga menyediakan fitur SoundTracker yang akan menampilkan Overlay berupa Radar saat bermain Game yang akan memberitahu arah datangnya suara.

Untuk Konektor dan Tombol, tersebar di sisi kiri, kanan dan belakang. Diantaranya yaitu:

Kiri

Review Lenovo Legion 5 Pro
  • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

Review Lenovo Legion 5 Pro
  • Camera E-Shutter Switch
    • Digunakan untuk mematikan Kamera Laptop agar lebih aman
    • Membuat Windows tidak dapat lagi mendeteksi modul Kamera
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)

Belakang

Review Lenovo Legion 5 Pro 30
  • 1X Gigabit Ethernet
  • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Mendukung Power Delivery
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
  • 2X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
  • 1X HDMI
  • 2X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
    • Mendukung fitur Always On
  • 1X DC-IN

Terlihat Lenovo sangat memperhatikan penempatan setiap konektor agar area kanan dan kiri Laptop bebas dari kabel-kabel yang mengganggu pergerakan Mouse.

Beralih ke keyboard, laptop ini hadir menggunakan Legion TrueStrike Gaming Keyboard. Gaming Keyboard terbaru dari Lenovo dengan Switch tipe “Soft Landing.” Jarak Travel Distance yaitu 1.5 mm.

Review Lenovo Legion 5 Pro

Baseplate Keyboard kini dilengkapi area peredam kejut lebih luas sehingga memberikan sensasi “Soft Landing” saat tombol ditekan penuh. Desain seperti ini diklaim memberikan pengalaman lebih baik saat menggunakan Keyboard baik saat bermain Game maupun mengetik.

Baca Juga: Lenovo Luncurkan Legion 5 Pro dan Legion 7 di Indonesia 

Keyboard juga mendukung teknologi N-Key Rollover dan 100% Anti-ghosting. Selain itu Dilengkapi tombol NumPad, dengan Tombol panah punya ukuran sama seperti tombol lainnya (Tidak dikecilkan). Setiap tombol telah diberi lapisan khusus anti minyak dan anti abrasi sehingga tidak cepat aus dan tahan lama.

Review Lenovo Legion 5 Pro

Keyboard dilengkapi lampu Backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan. Lampu Backlit warna putih membuat penampilan Laptop tetap sederhana. Tingkat kecerahan diubah dengan menekan tombol Fn + SpaceBar

Review Lenovo Legion 5 Pro 38

Posisi touchpad sejajar dengan tombol Spacebar, yang sangat khas untuk produk Lenovo. Mengetik akan terasa nyaman karena tangan tidak mudah masuk ke area Touchpad. Touchpad tidak dilengkapi tombol khusus untuk klik kiri dan klik kanan. Dan Touchpad sudah menggunakan Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 11, 2021 - 0

EA Akan Pamer Battlefield Baru di Juni 2021

Para penggemar game FPS militer dengan perang skala besar sepertinya…
May 11, 2021 - 0

Capcom Dituduh Curi Desain Monster untuk RE Village

Lebih banyak seri utama, lebih banyak cerita dibuka, semakin pula…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 10, 2021 - 0

Ala Netflix, Ubisoft Kini Dorong Branding “A Ubisoft Original”

Jangan pernah memikirkan apa yang mendasari keputusan beberapa perusahaan besar…