Review Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL: Kencang, Irit, Tangguh

Author
Irham
Reading time:

Kami kembali kedatangan unit review dari Lenovo Indonesia yaitu Lenovo ThinkBook 14s ITL G2. Lenovo ThinkBook 14s adalah laptop bisnis kelas menengah dari Lenovo yang ditujukan untuk para pelaku UMKM yang membutuhkan Laptop Bisnis dengan harga yang lebih terjangkau. Namun meskipun dihadirkan di harga yang terjangkau, tetapi perangkat ini juga sudah hadir menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 Tiger Lake.

Review Thinkbook 14s ITL G2

Sebagai perbandingan, ThinkBook generasi sebelumnya yang pernah kami uji kebanyakan menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10 “Comet Lake,” dan bahkan belum menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10 “Ice Lake.” Jadi ini sebuah peningkatan yang cukup besar ditawarkan oleh Lenovo untuk line up laptop bisnisnya kali ini.

Desain

Lenovo ThinkBook14s hadir dengan desain camshell atau Laptop Klasik. Desain bodinya terlihat simpel, dan masih seperti line-up ThinkBook generasi-generasi sebelumnya. Terdapat logo yang menonjolkan identitas ThinkBook di bagian belakang layar.

Review Thinkbook 14s ITL G2

Terlihat semacam garis pembatas yang membagi area di bagian belakang layar menjadi dua. Bagian tengah-atas layar dilengkapi Notch, memudahkan pengguna saat ingin membuka layar laptop. Terdapat tulisan ThinkBook yang dicetak dengan diukir pada Notch.

Seperti seri Thinkbook pada umumnya yang menawarkan durabulitas tinggi, perangkat ini juga telah lolos uji standar militer MIL-STD-810G. Material yang digunakan yaitu Aluminium dengan proses Anodizing Sandblasting. Warna yang ditawarkan yaitu Mineral Grey.

Laptop ini memiliki bobot sebesar 1.26 Kg, dengan tambahan adaptor charger sebesar 185gram. Charger yang tersedia ini memiliki output sebesar 65Watt dengan konektor Type C. Secara keseluruhan perangkat ini memiliki bobot sebesar 1,44Kg. Sedangkan untuk dimensinya, laptop ini memiliki panjang sebesar 32,2 cm, lebar 20,7 cm dan tebal 1,49 cm.

Review Thinkbook 14s ITL G2

Beralih ke layar, laptop ini menggunakan panel IPS dengan ukuran 14 inci Resolusi Full HD (1920 x 1080p), dengan refresh rate 60 Hz. Cakupan warnanya yaitu 100% sRGB, dengan tingkat kecerahan 300 nits.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkPad X1 Fold: Laptop Pertama dengan Layar Lipat!

Layar laptop juga telah lolos setifikasi TUV Low Blue Light Certified, yang menjamin cahaya biru yang dihasilkan oleh layar aman dan nyaman untuk mata. Terdapat fitur Eye Care yang dapat diakses melalui software Lenovo Vantage.

Review Thinkbook 14s ITL G2

Permukaan layar menggunakan Anti-Glare yang tentunya membuat laptop nyaman digunakan tanpa pantulan cahaya yang mengganggu fokus kerja.

Bingkai layar terlihat tipis, di sisi kanan kiri maupun atas, meskipun di sisi bagian atas memiliki kamera 720p 30fps. Kamera dilengkapi dengan penutup Lenovo ThinkShutter yang akan meningkatkan keamanan pengguna.

Review Thinkbook 14s ITL G2

Layar monitor dapat dibuka hingga 180 derajat, khas untuk laptop bisnis. Ini akan memudahkan pengguna menampilkan konten di layar ke pada lawan bicara saat meeting. Terdapat fitur Flip to Start yang dapat menyalakan laptop secara otomatis saat layar dibuka di Lenovo Vantage.

Untuk audionya, terdapat 2 Speaker Stereo dengan power 2W yang ditune oleh Harman\Kardon. Speaker terpasang Terletak di bagian bawah kanan-kiri laptop. Terdapat software Dolby Audio untuk mengubah Preset dan Equalizer Audio.

 

Laptop ini memiliki beberapa konektor yang terpasang di sisi kiri dan kanan, diantaranya:

Kiri

Review Thinkbook 14s ITL G2
  • 1x Thunderbolt 4 dengan konektor USB Type-C
    • Mendukung Display Output dengan protokol Display Port 1.4
    • Mendukung Power Delivery
    • Mendukung standar USB4
    • Juga berfungsi sebagai konektor DC-IN untuk nge-Charge Laptop
  • 1x HDMI 2.0b
  • 1x Audio Jack Combo 3.5mm

Kanan

Review Thinkbook 14s ITL G2
  • 2x USB 3.2 Gen 1
    • Salah satunya mendukung fitur Always ON USB – dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone saat kondisi laptop sleep/hibernate/power off
  • 1x Kensington Nano Lock

Cukup disayangkan, satu konektor Thunderbolt yang juga digunakan untuk Charging, membuat Laptop ini harus menggunakan tenaga baterai jika perangkat Thunderbolt yang digunakan tidak dapat mengalirkan listrik ke Laptop. Ini berarti jika menggunakan perangkat External GPU yang tidak dapat mengalirkan listrik ke Laptop, performa keseluruhan menjadi tidak maksimal karena menggunakan tenaga baterai.

Di bagian keyboard, laptop ini menggunakan desain keyboard Chiclet dengan feel dan layout khas Lenovo ThinkBook, Tombol arrow atas dan bawah berukuran kecil – tingginya setengah dari tombol lainnya. Keyboard memiliki Backlit putih dengan 2 tingkat kecerahan, yang dapat diatur menggunakan tombol fn+spacebar.

Sedangkan Touchpad, ukurannya cukup nyaman, tidak terlalu besar maupun kecil, dengan posisi Center to spacebar sehingga Tidak sering tersenggol telapak tangan saat mengetik. Tidak ada tombol klik kanan/kiri, dan touch pad ini  mendukung Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

July 24, 2021 - 0

Video – Review RedmiBook 15: Laptop Termurah Dengan Core i3 Gen-11

Xiaomi akhirnya resmi merilis laptop pertama mereka di Indonesia, yaitu…
July 19, 2021 - 0

Review ASUS ROG STRIX G15 Advantage Edition (G513QY) : Full AMD dengan Ryzen 9 5900HX + Radeon RX 6800M

ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition hadir dengan komponen ‘Full…
July 17, 2021 - 0

Review Lenovo Yoga Duet 7i: Laptop 2-in-1 Detachable dengan Kamera Terbaik

Form factor bisa menjadi penentu yang sangat penting bagi seseorang…
July 14, 2021 - 0

Review Acer Predator Helios 300: Ngebut Banget!

Belakangan ini, laptop berperforma tinggi dengan spesifikasi tinggi, sudah dituntut…

Gaming

July 29, 2021 - 0

Digimon Survive Kembali Ditunda, Kini Untuk 2022

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan Digimon Survive?…
July 29, 2021 - 0

Veteran Industri Game Racik Studio Baru – That’s No Moon

Hengkangnya beberapa talenta dari studio game raksasa yang karyanya dipuja-puji…
July 29, 2021 - 0

Neptunia X Senran Kagura: Ninja Wars Tuju Barat

Kolaborasi paling rasional yang sepertinya memang sudah dinanti para pencinta…
July 29, 2021 - 0

Rilis Kena Kena Tunda

Terlihat unik, terutama lewat setting yang kental budaya Asia Tenggara…