Direct Release: Dukung Upaya Keberlanjutan, Samsung TV Jalankan Program Going Green

Reading time:
May 3, 2021
Samsung Eco Package

Jakarta, 3 Mei 2021 – Samsung Electronics Indonesia mengumumkan inisiatif Going Green sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk melindungi masa depan dan lingkungan. Insiatif Going Green akan dijalankan melalui penggunaan eco-packaging dan hadirnya SolarCell remote control pada sebagian besar produk Samsung TV 2021.

“Untuk memastikan masa depan yang lebih hijau, Samsung berfokus pada masa depan yang berkelanjutan. Produk dan kemasan yang inovatif, efisien daya dan sadar lingkungan, adalah langkah nyata yang kami ambil untuk melindungi lingkungan hidup. Tidak hanya menciptakan terobosan produk yang bermanfaat dalam mendukung gaya hidup konsumen, kami juga berusaha menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua,” jelas Yoonsoo Kim, President, Samsung Electronics Indonesia.

SolarCell Remote Control, Ekstra Efisien Bebas Baterai

Inisiatif Samsung TV diterapkan pada remote control yang umumnya menggunakan baterai. Baterai sekali pakai sendiri tergolong sulit terurai dan berpotensi menjadi limbah beracun. Kini Samsung mendesain remote control bertenaga cahaya, SolarCell remote control yang bisa mengisi daya dari sinar matahari, pencahayaan dalam ruangan, maupun pengisian daya lewat USB.

Selain sumber daya bebas baterai sekali pakai, SolarCell remote control juga mengandung 24 persen (sekitar 31 gram) material plastik daur ulang dari botol air bekas. Dengan komposisi dan sumber energi yang ramah lingkungan, remote control ini dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 14.000 ton dan mengeliminasi penggunaan 99 juta baterai AAA selama tujuh tahun masa pakai TV.

Eco-packaging, Lebih dari Sekadar Kemasan

Di tengah trend TV dengan ukuran layar yang lebih besar, ukuran kemasan pun ikut membesar dan tampilannya lebih ramai, sebagai upaya branding dan menarik perhatian pembeli. Sayangnya, makin besar kemasan makin besar pula carbon footprint yang mereka tinggalkan. Kali ini, Samsung memilih untuk melawan arus.

Mulai 2021, Samsung memperluas eco-packaging yang minimalis ke lebih banyak lini produk TV terbaru untuk mengurangi limbah secara signifikan. Penggunaan eco-packaging dapat berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca sebanyak 10.000 ton setiap tahun. Pengurangan emisi gas rumah kaca ini menjadi semakin krusial setelah terjadinya cuaca ekstrem dan bencana alam di mana-mana belakangan ini, dipicu oleh kenaikan suhu muka Bumi dan perubahan iklim.

Eco–packaging juga memberikan added value bagi material yang dulu dianggap barang bekas atau bahkan sampah. Kemasan minimalis Samsung TV ini dapat di-upcycle, hadir dengan dot design yang akan membantu pembeli memotong dan membuat suatu project kreatif bersama keluarga, seperti mainan anak atau bahkan furnitur dan dekorasi rumah. Pada masa pembatasan sosial di mana hampir semua kegiatan dilakukan di rumah, eco-packaging ini dapat menjadi sarana merekatkan hubungan seluruh anggota keluarga dan melatih kreativitas bersama.

Samsung TV Going Green bertujuan jangka panjang memastikan produksi dan penggunaan TV yang berkelanjutan dengan cara mengurangi carbon footprint selama proses produksi. Samsung mengurangi limbah dengan menciptakan produk-produk yang lebih tahan lama dan meningkatkan kadar bahan daur ulang di seluruh produk TV. Begitu juga untuk mengurangi e-waste, Samsung menciptakan produk yang tahan lama dan mutakhir, melalui pembaruan perangkat lunak yang berkelanjutan dan peningkatan layanan purna jual.

Tags:

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 11, 2021 - 0

Resident Evil Village Tembus 3 Juta Kopi!

Strategi marketing yang tidak hanya “berhasil” saja, tetapi juga viral,…
May 11, 2021 - 0

Genshin Impact Pamer Karakter Waifu Baru – Eula

Eula? Tenang, kita tidak tengah bicara soal End-User License Agreement…
May 11, 2021 - 0

EA Akan Pamer Battlefield Baru di Juni 2021

Para penggemar game FPS militer dengan perang skala besar sepertinya…
May 11, 2021 - 0

Capcom Dituduh Curi Desain Monster untuk RE Village

Lebih banyak seri utama, lebih banyak cerita dibuka, semakin pula…