Direct Release: Midtrans dan AWS Berkolaborasi Bantu UMKM Indonesia Bertumbuh Melalui Pengadopsian Teknologi Cloud

Reading time:
May 3, 2021
AWS Keynote 25

JAKARTA, Indonesia – 3 Mei 2021 – Amazon Web Services, Inc. (AWS), salah satu perusahaan milik Amazon.com, hari ini mengumumkan jalinan kolaborasinya bersama Midtrans, sebuah perusahaan payment gateway terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari Gojek Group. Platform terbaru Midtrans yang dikembangkan bersama AWS, yakni Pojok Usaha, mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Platform ini menghadirkan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan layanan cloud AWS serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrands, maupun dari mitra-mitra teknologi keduanya.

Melalui platform ini, keduanya bertekad untuk mendorong pertumbuhan bagi lebih dari 10.000 UMKM di Indonesia di tahun pertama mereka bergabung dengan Pojok Usaha.  Midtrans dan AWS bersama-sama membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka di cloud, meningkatkan eksistensi mereka di kancah daring, serta menciptakan peluang pendapatan serta efisiensi-efisiensi baru melalui pendayagunaan teknologi.

Selama ini, teknologi punya peran besar dalam mendukung bisnis mengejawantahkan kembali kegiatan operasional mereka, mengembangkan basis pelanggan, hingga mengidentifikasi hadirnya peluang-peluang baru. Namun di sisi lain, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang masih terkendala dengan minimnya penguasaan di bidang teknologi dan akses ke peranti-peranti yang terjangkau oleh mereka. Dengan mensimplifikasi pengadopsian teknologi, Pojok Usaha menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi pelaku UMKM untuk berevolusi, sehingga mereka bisa menciptakan inovasi-inovasi dan berkembang dengan cepat melalui platfom-platform digital yang tersedia.

Platform baru Pojok Usaha yang dikelola oleh Midtrans ini menawarkan beragam solusi yang relevan, terjangkau dan telah terkurasi, yang dirancang untuk dapat memudahkan pelaku UMKM dalam mendigitalisasi operasional mereka dengan cepat di area-area seperti marketing, akuntansi, SDM, logistik, pembayaran dan point-of-sale, hingga dalam berkolaborasi secara daring. Sejumlah layanan AWS bagi UMKM yang tersedia di platform tersebut, contohnya seperti Amazon Lightsail (virtual private server yang menawarkan semua kebutuhan untuk membangun sebuah aplikasi maupun situs web), Amazon WorkDocs (layanan kreasi konten, storage, dan kolaborasi yang aman dan dikelola secara penuh), serta Amazon Chime (layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna bertatap muka, melakukan obrolan, hingga melakukan panggilan bisnis).

Pojok Usaha berjalan di atas layanan-layanan AWS, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), yakni sebuah layanan web yang menghadirkan kapasitas komputasional yang aman dan bisa diskalakan ulang di cloud, serta Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengguna dalam menyeting, mengoperasikan, dan melakukan penskalaan database relasional di cloud.

Pojok Usaha menawarkan kemudahan akses bagi UMKM yang bergabung ke Midtrans, sebuah layanan pemrosesan pembayaran untuk segala skala usaha. Pojok Usaha juga menawarkan beragam solusi yang berada di bawah prakarsa Melaju Bersama Gojek bagi merchant yang bergabung, seperti Moka (penyedia layanan point-of-sale berbasis cloud), GoBiz (aplikasi satu pintu untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM), Selly (aplikasi papan ketik cerdas yang komprehensif bagi penjual daring), serta GoSend (layanan antar barang berbasis moda beroda dua).

Leonard Haidy, Chief Operating Officer at Midtrans menuturkan, “Midtrans berkomitmen untuk mendukung usaha di tahap pertumbuhan manapun mereka berada saat ini, melalui solusi-solusi pembayaran kami yang komprehensif. Ini penting, terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, masyarakat banyak yang bergantung pada layanan-layanan digital, seperti pembayaran nontunai. AWS memiliki misi yang sama dengan kami dalam turut memperluas kemanfaatan dari tumbuhnya ekonomi digital bagi kalangan usaha kecil dan mengengah yang turut berimbas positif pada perekonomian dan kehidupan sosial bangsa Indonesia. Kehadiran solusi-solusi bisnis melalui Pojok Usaha memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah dalam mendigitalisasikan operasional mereka, memperkokoh dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka, terlepas dari skala bisnis yang mereka jalankan.”

“Midtrans bersama AWS berkomitmen untuk mendukung ribuan UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi operasional agar mereka dapat terus meningkatkan pertumbuhannya. Dengan mempercepat perjalanan cloud para pelaku usaha tersebut diharapkan akan dapat memperkokoh terciptanya inovasi, sekaligus mendorong terbangunnya sebuah perekonomian yang inklusif di Indonesia,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager, AWS Indonesia. “Teknologi cloud tidak saja mendorong terlaksananya transformasi bisnis di perusahaan-perusahaan besar yang telah mapan, namun lebih dari pada itu, mampu membuka diraihnya peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi yang bergerak cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis mereka hingga ke kancah internasional.”

Investasi AWS di Indonesia

AWS secara kontinu meningkatkan investasinya di Indonesia agar dapat melayani pelanggan mereka yang terus bertumbuh. AWS berencana membuka infrastruktur region di Indonesia di akhir 2021/awal 2022. AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang baru diharapkan akan dapat mendukung pengembang, lini usaha rintisan, perusahaan besar, sektor pemerintahan, pendidikan, hingga lembaga-lembaga nirlaba dalam menjalankan aplikasi-aplikasi mereka secara lokal, melayani pengguna akhir di seluruh kawasan Asia dengan tingkat latensi yang rendah, serta menghadirkan akses ke seluruh rangkaian teknologi cloud miliknya.

Pada bulan Februari, AWS merilis temuan dalam laporan riset terbarunya, bertajuk Unlocking APAC’s Digital Potential: Changing Digital Skill Needs and Policy Approaches, yang mengungkap temuan mengenai adanya kebutuhan 110 juta SDM digital bagi Indonesia pada tahun 2025 agar bangsa ini mampu terus mengikuti setiap dinamika yang terjadi di kancah teknologi. Guna mendukung pengembangan kecakapan di bidang cloud, AWS menjalin kolaborasi dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari prakarsa Merdeka Belajar yang mereka canangkan. AWS menyediakan kesempatan untuk pelatihan gratis yang mencakup lebih dari 80 kursus gratis dalam Bahasa Indonesia, laboratorium interaktif, serta beragam sesi pelatihan sehari penuh yang bisa diakses melalui AWS Training and Certification.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 18, 2024 - 0

Usia Studio 10 Tahun, Dev. It Takes Two Akan Bagi Info Baru Tahun Ini

Ada banyak kasus dimana bukan visualisasi luar biasa realistis, musik…
April 18, 2024 - 0

2K Punya Pengumuman Terkait Franchise Mafia?

Di tengah barisan game open-world yang tersedia di pasaran saat…
April 18, 2024 - 0

Pocketpair Bangga “Tiruan” Palworld di Pasar Mobile Bermunculan!

Sebuah sensasi, sebuah fenomena, tidak ada lagi kalimat yang sepertinya…
April 17, 2024 - 0

Game Blizzard Akan Kembali ke Pasar China Tahun Ini

Dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia yang berpotensi jadi pasar,…