AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) : Pesaing NVIDIA DLSS, Kompatibel dengan APU dan GeForce!

FidelityFX 05Setelah lama dinanti, pada keynote mereka di event Computex 2021, AMD akhirnya mengumumkan teknologi upscaling terbaru mereka bernama AMD FidelityFX Super Resolution (FSR). FSR akan menerapkan teknik spatial upscaling algorithm, yang bertujuan untuk mendapat performa gaming ekstra, tanpa penurunan image quality yang berarti. Fitur upscaling tersebut siap bersaing dengan berbagai teknologi lainnya, seperti NVIDIA DLSS. Mari lihat fitur ini lebih dekat!

FidelityFX 01
Scott Herkelman dari AMD mengumumkan FSR

Apa itu Upscaling ?

Secara sederhana, dalam konteks gaming, teknik upscaling adalah menghasilkan gambar high-resolution dari gambar low-resolution.

Pada sebagian besar kasus, resolusi pada game adalah salah satu faktor utama yang berpengaruh pada performa/framerate. Umumnya, para gamer PC akan berusaha mencari tingkat framerate dan resolusi yang nyaman bagi mereka. Masalahnya, menampilkan gambar resolusi rendah pada display yang secara native mendukung resolusi lebih tinggi akan menghasilkan image yang ‘kabur’ atau blurry. Anda yang pernah bermain game pada resolusi 720p di monitor 1080p, atau bermain pada 1080p di monitor 4K pasti pernah merasakan perbedaan ketajaman gambar karena resolusi rendah ini.

Pada game dengan teknik rendering modern seperti Ray Tracing, resolusi dari frame yang digambar akan sangat menentukan beban yang diterima GPU dan juga unit yang melakukan akselerasi ray tracingnya.

Jadi, solusi upscaling yang bisa memberikan image quality baik dengan performa tinggi akan sangat dibutuhkan bagi solusi gaming next-gen.

Ada beberapa metode yang bisa ditempuh untuk melakukan upscaling, mulai dari metode  yang dikembangkan para developer game, seperti Temporal Upsample pada Unreal Engine.

UnrealTemporalUpscamle
Contoh temporal upsample pada unreal, saat enabled, beberapa area terlihat lebih tajam (perhatikan area pagar)

Ada juga metode lain, seperti yang ditempuh NVIDIA dengan DLSS (Deep Learning Super Sampling). Pada DLSS, NVIDIA akan menggunakan low-resolution frame, lalu melakukan rekonstruksi gambar dengan AI, menghasilkan gambar high-resolution.

Baca Juga: NVIDIA DLSS 2.0

DLSS2 3B CONTROL

Performa Ekstra & Image Quality Preset

FidelityFX 06

FSR akan ditawarkan pada 4 preset:

  • Ultra Quality
  • Quality
  • Balanced
  • Performance

AMD memberikan sebuah demo singkat menggunakan game Godfall yang berjalan pada resolusi 4K dengan Ray Tracing pada Radeon RX 6800 XT, dan FSR bisa memberikan peningkatan yang cukup signifikan dari segi framerate. Dari native 4K Framerate pada 49 FPS, bisa ditingkatkan hingga mencapai 78 FPS (1.6x lebih tinggi) pada preset FSR Ultra Quality, dan bahkan bisa meningkat hingga 150 FPS pada FSR preset Performance.

Belum ada detail lebih jauh seputar berapa nilai resolusi internal dari setiap preset ini sebelum di-upscale.

FSR vs DLSS

Meskipun memiliki tujuan sama yakni ‘mengubah low-res image menjadi high-res image’, metode FSR dan DLSS memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Misalnya saja, DLSS pada NVIDIA menggunakan metode deep-learning untuk menghasilkan high-resolution image.

Dari AMD, FSR menggunakan algorthm tertentu (disebut sebagai Spatial Upscaling Algorithm) dengan fokus memberikan high-quality edge. FSR akan menghasilkan “super resolution” image dari setiap frame, tidak bergantung pada history buffers dan motion vectors, dan tidak membutuhkan per-game training seperti DLSS. Yang perlu diingat di sini, AMD FidelityFX Super Resolution(FSR) TIDAK SAMA dengan FidelityFX Contrast Adaptive Sharpening(CAS), atau Radeon Image Sharpening.

RSA 2020 TEST RadeonImageSharpening Tests
AMD Radeon Image Sharpening – ini BUKAN FSR!

FSR: Cross Platform, Open Source

Walaupun belum ada detail lebih lanjut bagaimana cara algorithm ini memproses image, AMD FSR akan memiliki beberapa karakteristik berikut ini:

FidelityFX OpenSource

Adopsi yang cepat dan dukungan dari banyak game developer adalah target dari AMD FSR. Karena itu, AMD FSR akan mendukung berbagai API, mulai dari DirectX 11, DirectX 12, dan juga Vulkan. Dan tentunya yang paling penting: FSR bisa diimplementasikan ke berbagai GPU, bukan hanya GPU terbaru!

Apa saja GPU yang mendukung FSR?

FidelityFX 03

Salah satu yang menjadi poin utama AMD FSR adalah kompatibilitas. Untuk itu AMD FSR diciptakan untuk bisa dioperasikan pada berbagai GPU, tanpa membutuhkan processing khusus seperti NVIDIA DLSS (yang membutuhkan tensor core untuk beroperasi, sehingga hanya GeForce RTX yang mendukung DLSS saat ini).

Pada ajang Computex 2021 Keynote, AMD mengumumkan bahwa FSR akan bisa digunakan oleh:

  • AMD RX 6000 series
  • AMD RX 5000 series
  • AMD RX 500 series
  • AMD RX Vega series
  • dan SEMUA AMD Ryzen dengan Integrated Radeon Graphics (a.k.a APU)

Pengumuman bahwa APU bisa menggunakan FSR adalah sebuah hal besar di sini, karena sebagian besar laptop AMD (terutama laptop kerja yang tipis) hanya akan memiliki solusi grafis terintegrasi.

Namun kejutan yang diberikan AMD tidak sampai di sini saja, AMD bahkan mengumumkan bahwa mereka sudah menguji FSR pada GPU kompetitor mereka : NVIDIA GTX 1060.

FidelityFX onGTX1060

Ya, Anda tidak salah baca, AMD mendemokan FSR beroperasi pada GTX 1060, sebuah GPU paling popular di Dunia menurut versi Steam Hardware Survey. Dengan FSR mode Quality pada 1440p, AMD mendemokan bahwa GTX 1060 masih mendapat peningkatan sekitar 41%.

Ini membuktikan bahwa teknologi FSR yang diciptakan AMD tidak hanya berfungsi pada hardware baru dan hardware AMD saja.

*meskipun demikian, pada halaman AMD FSR di GPUOpen, AMD menyatakan bahwa “AMD does not provide technical or warranty support for AMD FidelityFX Super Resolution enablement on other vendor’s graphics cards”

Bagaimana dengan Image Quality?

Jelas, kualitas gambar akan menjadi penentu suksesnya FSR.

Sayangnya pada demo yang dilakukan di ajang Computex 2021 kemarin, agak sulit untuk melihat perbedaan kualitas image.

Kami sempat meng-capture image dari video Youtube dari AMD yang kebetulan diunggah dengan resolusi 4K, berikut ini :

FidelityFX Screenshot 87 4K
4K Image *klik untuk memperbesar
FidelityFX Screenshot 4K
4K Image *klik untuk memperbesar

Kami tidak tahu apakah FSR sudah diterapkan pada image di video demo AMD(dan bukan hanya ilustrasi), namun pada gambar di bawah(demo GTX 1060), detail pada daun di pohon terlihat sedikit kabur. Entah ini mengindikasikan image yang diupscale dari resolusi jauh lebih rendah, atau terjadi karena gambar sedang bergerak. Jadi, gambar di sini jelas belum bisa dijadikan indikasi kualitas FSR, dan perlu lebih banyak testing individu yang dilakukan saat fitur ini rilis resmi nanti.

Berfungsi baik untuk upscale ke 4K?

Salah satu pertanyaan kami pada pihak AMD saat press briefing yang belum terjawab adalah resolusi internal dari setiap preset FSR, dan juga berapa target resolusi akhir saat upscale.
AMD sendiri mengatakan bahwa mereka mendesain FSR untuk bisa beroperasi pada berbagai resolusi, namun melihat bahwa demo yang dilakukan AMD dilakukan dengan melakukan upscale ke resolusi 4K dan 1440p, kami berasumsi bahwa FSR bisa jadi ditujukan untuk upscale ke resolusi tinggi.

Tantangan sebenarnya bagi FSR akan datang pada skenario upscale ke resolusi umum seperti 1080p. Di sini kemampuan FSR untuk menghasilkan high-quality edge akan diuji, karena di kondisi ini jumlah input pixel-nya bisa jadi sangat rendah, 720p atau lebih kecil. Belum lagi kita harus memperhitungkan berbagai asset pada game, yang tentunya punya ‘toleransi’ berbeda pada teknik upscale tertentu. Asset dengan edge yang kecil seperti Rumput dan pagar bisa jadi lebih ‘sensitif’ pada resolusi ketimbang permukaan batu atau tembok misalnya.

(Sebagai catatan, NVIDIA DLSS versi pertama gagal menghasilkan image yang baik pada skenario upscale ke 1080p, dan berfungsi lebih baik pada skenario upscale ke 4K. NVIDIA baru berhasil menerapkan upscale yang tajam ke 1080p pada DLSS v2.0)

FSR – Hadir Tanggal 22 Juni 2021

FidelityFX 07Kami sendiri menyambut baik kehadiran FSR, dan tidak sabar untuk menguji saat fitur ini rilis, karena fitur ini berpotensi untuk ‘memperpanjang’ umur GPU kelas menengah atau bahkan GPU Integrated, pada masa dimana GPU memadai sulit ditemukan seperti saat artikel ini rilis.

Belum ada daftar game resmi yang mendukung FSR saat ini dan baru game Godfall yang didemokan oleh AMD, namun AMD mengatakan sudah ada lebih dari 10 Game Studios yang melakukan berbagai pengujian dan pengembangan untuk adopsi FSR.

Penting: FSR butuh dukungan Developer. Request Game untuk mendukung FSR di sini!

FidelityFX 08Sebuah informasi yang tidak kalah penting:

AMD FSR membutuhkan integrasi dari developer game, yang berarti fitur ini hanya bisa aktif jika ada developer game yang mengimplementasikan code-nya ke dalam game mereka.

AMD menghimbau Anda untuk me-request game yang ingin Anda lihat mendukung FSR pada www.amd.com/FSR.

(P.S Kami sudah memasukkan beberapa game request, seperti Genshin Impact :p)

Baca Juga:

Apa itu DLSS 2.0 ?

Page AMD FidelityFX Super Resolution

GPU Open FSR Announcement

Tags:

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

September 6, 2021 - 0

Review Acer Nitro 5 (AN515-57): Super Kencang, Dingin dan Ada Thunderbolt

Lagi-lagi tim Jagat Review kedatangan laptop Acer Nitro 5 AN515-57…
September 1, 2021 - 0

Review Lenovo ThinkPad X1 Nano: Mungil, Ringan, Kencang, Lengkap dan Keren!

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari…
August 30, 2021 - 0

Cara Maksimalkan Produktivitas di Laptop Huawei dan Ekosistemnya

Dari segi spesifikasi Hardware, Laptop Huawei memang tidak banyak berbeda…
August 27, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari…

Gaming

September 20, 2021 - 0

“Proyek Penting” Pertama Ulang Tahun 25 Persona Berisikan Konser dan Streaming Anime di Jepang

Hype adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil…
September 20, 2021 - 0

Dev. Detroit Become Human Racik Game Star Wars?

Developer yang berfokus mengembangkan game dengan genre “interactive story” memang…
September 20, 2021 - 0

Otak Balan Wonderworld Belajar Bikin Game Sendiri

Berapa banyak dari Anda yang mengenal sosok Yuji Naka? Di…
September 20, 2021 - 0

RPG Baru SEGA Ternyata Game Mobile, Dihujani Dislike

Salah timing? Atau berbagi panggung dengan developer yang salah? Apa…