Review HP Envy x360 13-bd0062TU: Laptop 2-in-1 EVO Kelas Premium yang Relatif Terjangkau

Author
Irham
Reading time:
June 14, 2021

Setelah sebelumnya kami mereview HP Pavilion X360 14 Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari HP, yaitu HP Envy x360 13-bd0062TU. Ini adalah laptop premium terjangkau, dengan desain Laptop Convertible yang juga telah lolos sertifikasi Intel EVO.

Review HP Envy x360 13

Ya, bahkan laptop yang satu ini menjadi laptop EVO paling terjangkau dari HP. Berbagai persyaratan sertifikasi EVO mulai dari prosesor Intel Gen 11, kapasitas RAM, bobot laptop yang ringan, hingga daya tahan baterainya, telah dipenuhi oleh laptop HP HP Envy x360 13 ini.

Nah, untuk kalian yang mungkin penasaran dengan kemampuan keseluruhan dari laptop HP Envy X360 13 ini, langsung saja kita simak review lengkapnya berikut ini.

Desain HP Envy x360 13-bd0062TU

Seperti yang disebutkan diawal, laptop ini memiliki desain form factor 2-in-1 atau laptop Convertible, dimana HP Envy x360 13 hadir dengan empat mode penggunaan. Diantaranya yaitu Laptop Mode, Stand Mode, Tent Mode dan Tablet Mode.

Review HP Envy x360 13

Bodi laptop ini dibuat dari material balok alumunium yang dibentuk dengan CNC Machine. Ini membuat bodi laptop terasa lebih kokoh dan solid. Perangkat ini juga membawa desain yang minimalis dan premium, khas Envy series.

Sekilas terlihat mirip seperti HP Envy non-convertible yang pernah kami review sebelumnya. Perbedaan terletak pada bentuk engselnya, karena ini merupakan laptop Convertible. Terdapat logo HP kelas premium pada balik layar, dan logo Envy pada bagian engsel.

Baca Juga: Review HP Pavilion 13-bb0062TU: Elegan, Gak Mahal!

Review HP Envy x360 13

Warna yang dihadirkan disini yaitu Pale Gold Alumunium, yang terlihat seperti warna silver namun masih cenderung keemasan. Atau berwarna emas, tapi sedikit terlihat agak pucat.

Review HP Envy x360 13

Untuk dimensinya, laptop ini memiliki panjang 30,6 cm, dengan lebar 19,4 cm. serta tebal 1,55 cm. Sementara untuk bobotnya, berat laptop ini yaitu sebesar 1,24 Kg, yang ditambah dengan adaptor charger sebesar 190Gram, sehingga total beban yang akan diangkut pengguna yaitu sekitar 1,43 Kg.

Review HP Envy x360 13

Beralih ke display, perangkat ini memiliki layar 13.3 inci (Memenuhi syarat EVO; Ukuran layar 12-15.x Inch) dengan resolusi Full HD (Memenuhi syarat EVO, Resolusi minimal Full HD), dengan refresh rate 60 Hz. Panel yang digunakan yaitu IPS, dengan cakupan warna 100% sRGB serta tingkat kecerahan yang diatas rata-rata yaitu 400 nits.

Review HP Envy x360 13

Touchscreen pada layar ini mendukung multi-touch, dan tentunya juga mendukung penggunaan stylus pen. Lapisan layar bagian luar hadir dengan teknologi HP Brightview Display, (istilah HP untuk menyebut layar dengan lapisan glossy), sehingga warna pada layar terlihat lebih cerah. Laptop Touchscreen memang pada umumnya memiliki layar Glossy.

Baca Juga: Review HP Spectre x360 14: Laptop Tipis OLED 2-in-1 Terbaik?

Bagian permukaan hingga bezel, seluruhnya tertutup dengan kaca atau disebut HP dengan teknologi Edge-to-edge glass, dimana laptop ini dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass NBT (Tahan goresan). Sementara untuk bezelnya menggunakan desain Micro-edge display, dimana bezel didesain tipis 4-sisi yang membuatnya memenuhi syarat EVO untuk bezel tipis. Kamera terletak di bagian atas layar, dengan sensor 720p 30fps (Memenuhi syarat EVO, User Facing Camera 720P @30 FPS).

Untuk operasional layar Touchscreen diberikan HP Rechargeable MPP 2.0 Tilt Pen pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti membuat catatan atau menggambar. Stylus ini mendukung Microsoft Pen Protocol 2.0 dan dilengkapi fitur Palm Rejection.

Terdapat software HP Pen Control yang dapat digunakan untuk mengkonfigurasi fungsi dua tombol pada stylus pen. Stylus ini menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, dan Dilengkapi konektor USB Type-C untuk isi ulang baterai. Untuk daya tahannya diklaim bisa digunakan hingga 30 hari.

Terdapat indikator lampu di ujung sebelah atas Stylus yang menunjukkan status Charging dan baterai. Stylus dapat dibawa bersama Laptop dengan ditempelkan pada sisi samping bodi.

Di aspek audio, HP Envy x360 13 memiliki 2 Speaker Stereo by Bang and Olufsen. Speaker iniTerletak di bagian bawah kanan-kiri laptop. Terdapat software Bang & Olufsen Audio Control untuk mengubah equalizer dan preset audio. Kualitas suaranya cukup jernih dan bagus, meskipun tidak begitu lantang.

Sementara untuk konektor, laptop ini memiliki diantaranya:

  • Kiri
    Review HP Envy x360 13

    • 1x Audio Jack Combo 3.5mm
    • 1x USB 3.2 Gen 1 Type A (5 Gbps)
    • 1x Thunderbolt 4 yang mendukung
      • Data transfer dengan protokol USB 4 (40 Gbps)
      • USB Power Delivery
      • Display output dengan protokol DisplayPort 1.4
      • Fitur HP Sleep and Charge – mengisi daya perangkat lain saat laptop sleep
      • Penggunaan perangkat Thunderbolt 4 seperti eGPU dan external drive (Memenuhi syarat EVO – Ada konektor Thunderbolt 4)
  • Kanan
    Review HP Envy x360 13

    • 1x Micro SD Card Reader
    • 1x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) yang mendukung fitur HP Sleep and Charge
    • 1x DC-IN

Masih terasa kurang? HP Juga menyediakan HP USB-C to Multi-Port Hub dengan output

    • 1x USB Type-C (Mendukung USB Power Delivery)
    • 1x HDMI
    • 1x USB 3.2 Gen 1

Keyboard yang digunakan memiliki desain chiclet dengan layout dan design tombol boxy khas HP Envy, dimana keyboard juga dilengkapi denagn backlit dengan dua tingkat kecerahan. Tombol navigasi page up/page down full-size di sisi kanan. Tombol anak panah atas dan bawah berukuran setengah tombol lainnya.

Baca Juga: Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

Tombol power menyatu dengan keyboard, Tidak berada di pojok kanan atas, meminimalisir salah tekan. Tekanan yang dibutuhkan untuk menekan tombol power lebih berat dibanding tombol lainnya. Saat tidak sengaja tertekan, laptop tidak langsung mati.

Sedangkan untuk Touchpad, desainnya Touchpad melebar seperti HP Envy non-convertible. Cenderung melebar ke sisi kanan space bar. Tidak ada tombol klik kanan/kiri, namun sudah mendukung Windows Precision Driver.

Laptop ini juga memiliki Fingerprint sensor, sebagai syarat memenuhi standar EVO yaitu memiliki keamanan biometrik.  Fingerprint sensor Terletak menyatu dengan layout keyboard, di sebelah tombol anak panah, yang biasanya diisi oleh tombol ctrl kanan. Fingerprint sensor Mendukung Windows Hello, sehingga Login ke Windows tanpa perlu mengetik password/PIN.

Review HP Envy x360 13

Fitur keamanan lainnya adalah Camera Shutter yaitu penutup kamera Laptop yang diaktifkan secara digital dengan menekan tombol khusus di sebelah kiri tombol Power. Saat aktif, lapisan kaca pada kamera akan berubah menjadi penutup berwarna putih dan modul kamera tidak di deteksi lagi oleh Windows. Saat dimatikan, lampu indikator warna jingga pada tombol juga akan menyala, sehingga pengguna tahu kalau kamera sedang dimatikan.

Disediakan pula tombol khusus untuk mematikan mikrofon Laptop dengan cepat (Menyatu dengan tombol F8). Saat dimatikan, lampu indikator warna jingga di tombol akan menyala, sehingga pengguna tahu kalau mikrofon sedang dimatikan.

Spesifikasi Dasar

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5-1135G7, yang tentunya juga telah memenuhi syarat EVO, yaitu menggunakan prosesor Intel Core i7/Core i5 Generasi ke-11. Prosesor dengan arsitektur Tiger Lake 10nm SuperFin ini memiliki TDP Range 12-28W, dengan konfigurasi 4-Core/8-Thread. Base Frequency-nya di 2.4 GHz, sementara Max Turbo Frequency mencapai 4.2 GHz. Prosesor ini juga memiliki 8 MB Intel Smart Cache.

Review HP Envy x360 13 3

Untuk memorinya, menggunakan RAM dual channel 8GB DDR4-3200, yang juga telah memenuhi syarat EVO, (Kapasitas minimal 8 GB Dual Channel). Sayangnya ini terpasang secara On-Board, dan tidak ada slot SO-DIMM untuk upgrade.

Review HP Envy x360 13 4 Review HP Envy x360 13 5

Sementara untuk storagenya, menggunakan 512 GB SSD PCIe NVMe, yang juga telah memenuhi syarat EVO (Kapasitas minimal 256 GB SSD NVMe PCIe). Sayangnya juga Tidak terdapat slot M.2 ataupun slot SATA 2.5 inci tambahan.

Review HP Envy x360 13 6

Urusan grafis, laptop ini mengandalkan IGP Intel Iris Xe Graphics yang memiliki 80 Execution Unit. Performanya tentunya sudah cukup untuk berbagai kebutuhan standar bahkan untuk editing video ringan. Ini juga lagi-lagi membuatnya memenuhi standar EVO.

Baca Juga: Review HP Envy 13-BA1033TX: Tipis, Elegan & Kencang

Review HP Envy x360 13 8

Konektivitasnya menggunakan Intel WiFi AX201, Support WiFi 6/WiFi AX serta mendukung MU-MIMO. Selain itu juga telah menggunakan Bluetooth v5.2, sehingga secara konektivitas juga telah memenuhi syarat EVO, yaitu Wi-Fi 6 dan Bluetooth V5.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…