Review HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU): Laptop 2-in-1 Unik, Harga Bersahabat!

Author
Irham
Reading time:
June 9, 2021

Mungkin kita akan berfikir cermat ketika ada yang merekomendasikan sebuah laptop dengan prosesor Intel Core i3 dengan harga Rp 9 jutaan. Karena biasanya, laptop dengan spesifikasi tersebut mungkin bisa ditemui dengan harga yang lebih rendah. Tapi untuk laptop yang satu ini, yaitu HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU), sepertinya kita harus melihat review lebih lengkap sebelum menilai.

HP Pavilion x360 Convertible 14 adalah sebuah laptop convertible dengan body yang ramping, yang ditujukan untuk aktivitas harian mendasar, baik untuk bekerja maupun aktivitas belajar bagi kalangan pelajar.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Meski mengusung prosesor Core i3, namun spesifikasi dari prosesor terlihat berbeda dari Core i3 11th Gen yang biasa kita temui. Bisa dibilang prosesor untuk laptop yang satu ini sangat unik!

Penasaran dengan kemampuannya, dan apa saja yang ditawarkan pada laptop convertible yang satu ini? Simak review HP Pavilion x360 Convertible 14 berikut ini.

Desain

Secara form factor, HP Pavilion x360 Convertible 14 tentunya adalah laptop Convertible dengan empat mode penggunaan. Diantarnya yaitu Laptop Mode, Reverse Mode, Tent Mode dan Tablet Mode. Laptop ini juga sudah mengadopsi bentuk dan lekukan bodi Laptop Pavilion generasi terbaru yang mewarisi desain Premium dari seri Envy.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Terdapat beberapa perbedaan dibandingkan pendahulunya. Posisi Speaker dipindah dari sisi sebelah atas Keyboard ke sisi bawah Laptop. Desain seperti ini membuat posisi Keyboard lebih dekat ke komponen engsel yang secara otomatis membuat area Palmrest dan Touchpad menjadi lebih luas.

Desain secara keseluruhan terlihat bersih dan minimalis tetapi tetap tampak elegan berkat logo HP berlatar Chrome-finish pada punggung layar. Tampak pula logo Pavilion yang menghias bagian engsel.

Material yang digunakan yaitu material alumunium dan plastik hasil daur ulang sehingga ramah lingkungan. Untuk warna HP Pavilion x360 Convertible 14 yang kami review yaitu Warm Gold, disamping warna lain yang tersedia yaitu Natural Silver. Ukuran dimensinya yaitu Panjang 32,2 cm, Lebar 20,9 cm, serta tebal 2,06 cm. Ketebalan yang cukup wajar untuk sebuah Laptop Convertible.

Baca Juga: Review HP Pavilion 13-bb0062TU: Elegan, Gak Mahal!

Dari segi berat, laptop ini memiliki bobot 1.13 kg, ditambah dengan adaptor charger sebesar 170gram. Sehingga total beban yang diangkut pengguna hanya sebesar 1,3 Kg. Cukup ringan, apalagi untuk sebuah laptop convertible, dengan bobot yang masih dibawah 1.5 kg.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Beralih ke display, perangkat ini memiliki layar Touchscreen berukuran 14 inci, dengan panel IPS beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan memiliki refresh rate 60 Hz. Cakupan warna-nya yaitu 45% NTSC dengan tingkat kecerahan 250 nits.

Permukaan layar glossy dengan Edge-to-edge glass, yaitu  seluruh permukaan tertutup kaca, termasuk bingkai layarnya. Permukaan layar memang memantulkan sedikit bayangan tetapi hal itu membuat warna pada layar laptop terlihat lebih cerah.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Selain itu untuk bezelnya mengusung desain Micro-edge Display, yaitu dengan bingkai kanan-kiri layar yang paling tipis, kurang lebih 7 mm. Sementara bingkai bawah sudah dibuat lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Bingkai atas masih agak tebal karena terdapat kamera 720p 30fps.

Baca Juga: Review HP Spectre x360 14: Laptop Tipis OLED 2-in-1 Terbaik?

Untuk operasional layar Touchscreen diberikan HP Rechargeable MPP 2.0 Tilt Pen pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti membuat catatan atau menggambar. Stylus Mendukung Microsoft Pen Protocol 2.0, dilengkapi fitur Palm Rejection dan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Stylus dilengkapi konektor USB Type-C untuk isi ulang baterai, yang diklaim punya daya tahan hingga 30 hari. Terdapat indikator lampu di ujung sebelah atas Stylus yang menunjukkan status Charging dan baterai. Stylus dapat dibawa bersama Laptop dengan ditempelkan pada sisi samping bodi

Untuk Audio-nya, terdapat 2 Speaker Stereo yang terletak di bagian bawah kanan-kiri laptop. Terdapat software B&O Audio untuk mengubah preset audio. Kualitas suara ternyata cukup menggelegar. Bukan yang paling kencang, tapi jelas suaranya cukup berisi.

Sementara untuk Konektor, terdapat diantaranya:

  • Kiri
    Review HP Pavilion x360 Convertible 14

    • 1x HDMI 2.0
    • 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
      • Mendukung display output menggunakan protokol DisplayPort 1.4
      • Mendukung USB Power Delivery
      • Mendukung fitur HP Sleep and Charge – mengisi daya perangkat lain saat laptop keadaan Sleep
    • 1x Audio Jack Combo 3.5mm
  • Kanan
    Review HP Pavilion x360 Convertible 14

    • 1x Micro SD Card Reader
    • 2x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
    • 1x DC-IN

Keyboardnya menggunakan desain Chiclet dengan Layout khas HP Pavilion. Sisi kanan ada tombol navigasi pgup/page down home/end dan Tombol arrow atas dan bawah berukuran setengah dibanding tombol lainnya.

Tombol power menyatu dengan layout keyboard, namun pengguna Tidak perlu khawatir tertekan, karena bukan berada di pojok kanan atas. Pojok kanan atas tetap tombol delete. Seandainya tertekan pun, tidak langsung mematikan laptop secara paksa. Terdapat backlit putih dengan 2 tingkat kecerahan yang dapat diatur menggunakan tombol F4.

Touchpad-nya kini hadir dengan ukuran yang jauh lebih besar dibanding pavilion x360 generasi sebelumnya. Tracking dan menggerakkan cursor jadi jauh lebih nyaman. Untuk posisinya Terletak sedikit melebar ke kanan dari space-bar, dan tidak terdapat klik kanan dan kiri. Touchpad telah mendukung Windows Precision Driver.

Untuk fitur keamananya, terdapat fingerprint sensor yang mendukung fitur Windows Hello. Pengguna tentunya dapat Login ke Windows tanpa mengetik password dan PIN. Posisi fingerprint terletak di bawah tombol anak panah pada keyboard.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

September 6, 2021 - 0

Review Acer Nitro 5 (AN515-57): Super Kencang, Dingin dan Ada Thunderbolt

Lagi-lagi tim Jagat Review kedatangan laptop Acer Nitro 5 AN515-57…
September 1, 2021 - 0

Review Lenovo ThinkPad X1 Nano: Mungil, Ringan, Kencang, Lengkap dan Keren!

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari…
August 30, 2021 - 0

Cara Maksimalkan Produktivitas di Laptop Huawei dan Ekosistemnya

Dari segi spesifikasi Hardware, Laptop Huawei memang tidak banyak berbeda…
August 27, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari…

Gaming

September 20, 2021 - 0

“Proyek Penting” Pertama Ulang Tahun 25 Persona Berisikan Konser dan Streaming Anime di Jepang

Hype adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil…
September 20, 2021 - 0

Dev. Detroit Become Human Racik Game Star Wars?

Developer yang berfokus mengembangkan game dengan genre “interactive story” memang…
September 20, 2021 - 0

Otak Balan Wonderworld Belajar Bikin Game Sendiri

Berapa banyak dari Anda yang mengenal sosok Yuji Naka? Di…
September 20, 2021 - 0

RPG Baru SEGA Ternyata Game Mobile, Dihujani Dislike

Salah timing? Atau berbagi panggung dengan developer yang salah? Apa…