Review HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU): Laptop 2-in-1 Unik, Harga Bersahabat!

Author
Irham
Reading time:
June 9, 2021

Mungkin kita akan berfikir cermat ketika ada yang merekomendasikan sebuah laptop dengan prosesor Intel Core i3 dengan harga Rp 9 jutaan. Karena biasanya, laptop dengan spesifikasi tersebut mungkin bisa ditemui dengan harga yang lebih rendah. Tapi untuk laptop yang satu ini, yaitu HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU), sepertinya kita harus melihat review lebih lengkap sebelum menilai.

HP Pavilion x360 Convertible 14 adalah sebuah laptop convertible dengan body yang ramping, yang ditujukan untuk aktivitas harian mendasar, baik untuk bekerja maupun aktivitas belajar bagi kalangan pelajar.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Meski mengusung prosesor Core i3, namun spesifikasi dari prosesor terlihat berbeda dari Core i3 11th Gen yang biasa kita temui. Bisa dibilang prosesor untuk laptop yang satu ini sangat unik!

Penasaran dengan kemampuannya, dan apa saja yang ditawarkan pada laptop convertible yang satu ini? Simak review HP Pavilion x360 Convertible 14 berikut ini.

Desain

Secara form factor, HP Pavilion x360 Convertible 14 tentunya adalah laptop Convertible dengan empat mode penggunaan. Diantarnya yaitu Laptop Mode, Reverse Mode, Tent Mode dan Tablet Mode. Laptop ini juga sudah mengadopsi bentuk dan lekukan bodi Laptop Pavilion generasi terbaru yang mewarisi desain Premium dari seri Envy.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Terdapat beberapa perbedaan dibandingkan pendahulunya. Posisi Speaker dipindah dari sisi sebelah atas Keyboard ke sisi bawah Laptop. Desain seperti ini membuat posisi Keyboard lebih dekat ke komponen engsel yang secara otomatis membuat area Palmrest dan Touchpad menjadi lebih luas.

Desain secara keseluruhan terlihat bersih dan minimalis tetapi tetap tampak elegan berkat logo HP berlatar Chrome-finish pada punggung layar. Tampak pula logo Pavilion yang menghias bagian engsel.

Material yang digunakan yaitu material alumunium dan plastik hasil daur ulang sehingga ramah lingkungan. Untuk warna HP Pavilion x360 Convertible 14 yang kami review yaitu Warm Gold, disamping warna lain yang tersedia yaitu Natural Silver. Ukuran dimensinya yaitu Panjang 32,2 cm, Lebar 20,9 cm, serta tebal 2,06 cm. Ketebalan yang cukup wajar untuk sebuah Laptop Convertible.

Baca Juga: Review HP Pavilion 13-bb0062TU: Elegan, Gak Mahal!

Dari segi berat, laptop ini memiliki bobot 1.13 kg, ditambah dengan adaptor charger sebesar 170gram. Sehingga total beban yang diangkut pengguna hanya sebesar 1,3 Kg. Cukup ringan, apalagi untuk sebuah laptop convertible, dengan bobot yang masih dibawah 1.5 kg.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Beralih ke display, perangkat ini memiliki layar Touchscreen berukuran 14 inci, dengan panel IPS beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan memiliki refresh rate 60 Hz. Cakupan warna-nya yaitu 45% NTSC dengan tingkat kecerahan 250 nits.

Permukaan layar glossy dengan Edge-to-edge glass, yaitu  seluruh permukaan tertutup kaca, termasuk bingkai layarnya. Permukaan layar memang memantulkan sedikit bayangan tetapi hal itu membuat warna pada layar laptop terlihat lebih cerah.

Review HP Pavilion x360 Convertible 14

Selain itu untuk bezelnya mengusung desain Micro-edge Display, yaitu dengan bingkai kanan-kiri layar yang paling tipis, kurang lebih 7 mm. Sementara bingkai bawah sudah dibuat lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Bingkai atas masih agak tebal karena terdapat kamera 720p 30fps.

Baca Juga: Review HP Spectre x360 14: Laptop Tipis OLED 2-in-1 Terbaik?

Untuk operasional layar Touchscreen diberikan HP Rechargeable MPP 2.0 Tilt Pen pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti membuat catatan atau menggambar. Stylus Mendukung Microsoft Pen Protocol 2.0, dilengkapi fitur Palm Rejection dan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Stylus dilengkapi konektor USB Type-C untuk isi ulang baterai, yang diklaim punya daya tahan hingga 30 hari. Terdapat indikator lampu di ujung sebelah atas Stylus yang menunjukkan status Charging dan baterai. Stylus dapat dibawa bersama Laptop dengan ditempelkan pada sisi samping bodi

Untuk Audio-nya, terdapat 2 Speaker Stereo yang terletak di bagian bawah kanan-kiri laptop. Terdapat software B&O Audio untuk mengubah preset audio. Kualitas suara ternyata cukup menggelegar. Bukan yang paling kencang, tapi jelas suaranya cukup berisi.

Sementara untuk Konektor, terdapat diantaranya:

  • Kiri
    Review HP Pavilion x360 Convertible 14

    • 1x HDMI 2.0
    • 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
      • Mendukung display output menggunakan protokol DisplayPort 1.4
      • Mendukung USB Power Delivery
      • Mendukung fitur HP Sleep and Charge – mengisi daya perangkat lain saat laptop keadaan Sleep
    • 1x Audio Jack Combo 3.5mm
  • Kanan
    Review HP Pavilion x360 Convertible 14

    • 1x Micro SD Card Reader
    • 2x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
    • 1x DC-IN

Keyboardnya menggunakan desain Chiclet dengan Layout khas HP Pavilion. Sisi kanan ada tombol navigasi pgup/page down home/end dan Tombol arrow atas dan bawah berukuran setengah dibanding tombol lainnya.

Tombol power menyatu dengan layout keyboard, namun pengguna Tidak perlu khawatir tertekan, karena bukan berada di pojok kanan atas. Pojok kanan atas tetap tombol delete. Seandainya tertekan pun, tidak langsung mematikan laptop secara paksa. Terdapat backlit putih dengan 2 tingkat kecerahan yang dapat diatur menggunakan tombol F4.

Touchpad-nya kini hadir dengan ukuran yang jauh lebih besar dibanding pavilion x360 generasi sebelumnya. Tracking dan menggerakkan cursor jadi jauh lebih nyaman. Untuk posisinya Terletak sedikit melebar ke kanan dari space-bar, dan tidak terdapat klik kanan dan kiri. Touchpad telah mendukung Windows Precision Driver.

Untuk fitur keamananya, terdapat fingerprint sensor yang mendukung fitur Windows Hello. Pengguna tentunya dapat Login ke Windows tanpa mengetik password dan PIN. Posisi fingerprint terletak di bawah tombol anak panah pada keyboard.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…