Direct Release: Analisa Iklan Game Mobile di Asia Tenggara Pada Semester 1 Tahun 2021

Author
Irham
Reading time:
July 22, 2021

2021 sudah berlalu setengah jalan, di bawah normalisasi epidemi, industri game seluler telah menjadi salah satu dari sedikit industri yang dapat tumbuh secara terbalik. Dalam hal ini, Asia Tenggara jelas menjadi pasar yang tidak bisa diabaikan.

Lantas, bagaimana situasi iklan game seluler di Asia Tenggara pada paruh pertama tahun 2021? Apa saja permainan dan materi yang representatif? Artikel ini akan menggunakan data yang diambil oleh banyak platform besar untuk mengomentari pertanyaan di atas satu per satu.

Ikhtisar iklan game seluler di Asia Tenggara

Seiring dengan semakin matangnya industri, mekanisme peninjauan setiap platform secara bertahap menjadi ketat, dan pada saat yang sama estetika pemain game secara bertahap meningkat, game dengan kualitas buruk dan kasar menjadi semakin sulit untuk bertahan. Menurut sejumlah data di BIG DATA, pada semester pertama tahun ini jumlah pengiklan di Asia Tenggara turun sekitar 17% dari semester pertama tahun lalu, hanya sekitar 10.300.

1

Namun melihat jumlah materi yang disampaikan, sudah meningkat 2,6 kali lipat, dan jumlah total materi yang diserahkan pada paruh pertama tahun ini mencapai 7,5 juta. Dapat dilihat bahwa di bawah persaingan industri yang semakin ketat, selain menempa kualitas game mereka sendiri, penting juga untuk membuat materi iklan berkualitas tinggi dan meningkatkan penayangan.

Dari perspektif tren iklan, sebelum akhir Maret 2021 kemarin intensitas iklan menunjukkan tren kenaikan yang sangat jelas. Puncak iklan terkonsentrasi pada akhir Maret, jumlah orang yang beriklan dalam sehari mencapai hampir 6.100 orang. Nilai maksimum materi iklan dalam sehari melebihi 4 juta. Setelah memasuki bulan April, materi dan pengiklan menurun secara signifikan.

Hingga saat ini, belum ada tren perubahan dari penurunan ke peningkatan. Pada paruh pertama tahun 2021, jumlah pengiklan di enam negara di Asia Tenggara atau jumlah materi yang disampaikan tidak jauh berbeda.

Menurut data dari sejumlah besar platform besar, pasar Thailand berada di posisi terdepan di antara enam negara dengan keuntungan kecil dari 6,3 ribu pengiklan dan 4,1 juta dalam materi iklan. Jumlah pengiklan di lima negara lainnya di atas 5,5 ribu, dan jumlah materi dalam iklan juga di atas 3,4 juta.

Dilihat dari sebaran jenis game, di antara para pengiklan di Asia Tenggara, pengiklan game ringan (game kecil) menyumbang proporsi yang relatif tinggi. Di antara mereka, pengiklan game kasual menyumbang 15,43%, proporsi pengiklan di game puzzle (game teka-teki) telah mencapai 11,91%.

Selain itu, permainan role-playing (RPG) selalu memiliki antusiasme tertentu di pasar Asia Tenggara. Oleh karena itu, jumlah pengiklan jenis game ini masih memiliki peringkat yang sangat tinggi, menyumbang sekitar 12,6%, dan berada di peringkat kedua.

Dilihat dari jumlah rata-rata materi yang diiklankan, game strategi memiliki proporsi tertinggi. Salah satunya karena biaya pengembangan game strategi relatif tinggi, dan jumlah pengiklan relatif sedikit. Alasan lain karena game strategi berkembang lebih matang di luar negeri, dan pengembang lebih bergantung pada iklan. Oleh karena itu, rata-rata jumlah materi yang disampaikan oleh setiap pengiklan jenis game ini mencapai 1145.

Analisis pengiklan populer

Dalam daftar teratas, Idle Arks, Rise of Kingdoms, dan Ta Là Quan Lão Gia semuanya memiliki terminal ganda iOS dan Android dalam daftar. Di antara mereka, Idle Arks double-ended menempati posisi teratas.

Dalam hal distribusi jenis permainan,selain dua game kasual idle BHome,5 game yang tersisa semuanya adalah game sedang hingga berat.Meliputi jenis permainan seperti SLG (Simulation Game), RPG, dan menembak.

6

Selain itu, lebih dari setengah peringkat teratas adalah pabrikan dari Cina. Dapat dilihat bahwa game seluler China memiliki penetrasi dan pengaruh yang relatif baik di pasar Asia Tenggara.

“Idle Arks: Build at Sea” adalah game seluler bisnis simulasi yang diluncurkan oleh BHome, sebuah perusahaan game di China. Pemain akan diceburkan ke dalam laut dalam permainan dan harus hidup di laut. Dengan menyelamatkan korban lainnya, membuat bahtera, membangun kembali kota, menjelajahi peradaban yang tidak dikenal, dan menciptakan kembali kemakmuran masyarakat manusia.

Idle Ark

Strategi penempatan dan kreativitas material Idle Arks secara keseluruhan relatif sederhana,sejalan dengan karakteristik iklan game kasual yang berbiaya rendah namun efisien, memiliki signifikansi referensi tertentu untuk jenis pengembang dan pengiklan game yang sama. Selanjutnya, mari kita analisis secara singkat:

Dari sudut pandang lokasi channel distribusi, fokus Idle Arks terutama pada channel Facebook. Proporsi pengiklanan antara semua channel pada dasarnya sama. Dari perspektif tren peluncuran, Idle Arks meningkat dua kali lipat dari awal tahun hingga pertengahan Maret, dan dari akhir Maret hingga pertengahan Mei, jumlah pengiklanan material berada dalam tren menurun sejak pertengahan Mei.

Kreativitas periklanan selalu menjadi mata rantai yang sangat penting dalam konversi. Ide periklanan yang sangat baik dan inovatif dapat secara langsung merangsang pengguna untuk mengunduh game.

Dari perspektif kreativitas periklanan, Idle Arks menggunakan hampir semua materi video. Konten kreatif pada dasarnya adalah mode tampilan video + gameplay kecil, terutama termasuk tiga jenis berikut:

Perkiraan H2 untuk Pasar Game Seluler Asia Tenggara

Pada paruh pertama tahun 2021, di antara pengiklan di Asia Tenggara, jumlah pengiklan game kasual memimpin setiap bulan, proporsi telah dipertahankan sekitar 15% untuk waktu yang lama. Selain itu, biaya pengembangan game kasual lebih rendah daripada game menengah hingga berat, dan sebagian besar siklus pengembangan berlangsung singkat, game baru meningkat lebih cepat. Di bawah normalisasi epidemi, kebutuhan pengguna untuk mengurangi stress meningkat, ketertarikan pada game kasual akan terus berlanjut untuk beberapa waktu.

10

Di antara pengiklan populer di pasar Asia Tenggara,ada banyak permainan untuk tujuan pendidikan seperti musik dan perkembangan otak. Dikombinasikan dengan pertumbuhan pendidikan offline di bawah epidemi, diharapkan jenis permainan ini akan lebih dihargai dan diminati.

Meskipun pengiklan yang saat ini berjalan di Asia Tenggara masih lebih memilih saluran Facebook,tetapi pengaruh platform video pendek TikTok yang baru muncul juga menjadi semakin kuat. Semakin banyak pengiklan yang memilih untuk beriklan di platform ini.

Dilihat dari distribusi orang yang beriklan di platform Douyin di wilayah tersebut, saat ini, RPG, balap, aksi, dan game sedang hingga berat lainnya memiliki proporsi yang relatif tinggi. Saat ini, beberapa game ringan seperti game kasual telah mencoba platform ini.

Dilihat dari data pada paruh pertama tahun ini, volume iklan pengiklan di Asia Tenggara meningkat. Mempertimbangkan lingkungan kompetitif saat ini di pasar game seluler, diperkirakan pada paruh kedua tahun ini, semua perusahaan akan lebih meningkatkan upaya periklanan mereka. Selain itu, persaingan mengarah pada diversifikasi dan kreativitas periklanan berkualitas tinggi akan menjadi salah satu cara penting untuk mendapatkan pelanggan. Pengiklan akan meningkatkan investasi mereka dalam kreativitas periklanan selain memperluas pembelian dan pemasaran.

Berdasarkan analisis di atas, industri game seluler di Asia Tenggara masih booming. Persaingan semakin ketat. Bagaimana produsen besar akan menyusun strategi periklanan mereka sendiri, mari kita tunggu dan lihat.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 19, 2024 - 0

Tolak Langsung Blokir Game Online, KOMINFO Tegaskan Sudah Ada Sistem Rating Umur

Terlepas dari fakta bahwa sumber masalahnya bisa datang dari mana…
April 18, 2024 - 0

Usia Studio 10 Tahun, Dev. It Takes Two Akan Bagi Info Baru Tahun Ini

Ada banyak kasus dimana bukan visualisasi luar biasa realistis, musik…
April 18, 2024 - 0

2K Punya Pengumuman Terkait Franchise Mafia?

Di tengah barisan game open-world yang tersedia di pasaran saat…
April 18, 2024 - 0

Pocketpair Bangga “Tiruan” Palworld di Pasar Mobile Bermunculan!

Sebuah sensasi, sebuah fenomena, tidak ada lagi kalimat yang sepertinya…