Review Razer Viper 8K Hz: Untuk Profesional Gamer!

Author
Irham
Reading time:

Razer meluncurkan mouse terbarunya yaitu Viper 8K Hz yang kini telah hadir di meja pengujian Jagat Review. Mouse gaming ini disebut-sebut paling terdepan di industri saat ini, dengan membawa teknologi polling rate tertinggi saat ini yaitu HyperPolling.

review Razer Viper 8K Hz

Teknologi ini memberikan kemampuan polling rate yang sangat tinggi pada mouse ini, yaitu 8000Hz atau 8KHz. Angka ini delapan kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata mouse gaming yang ada di pasaran saat ini, yaitu di 1000Hz.

Baca Juga: Review Tiga Keyboard Mechanical Switch dari Cherry

Dengan polling rate yang lebih tinggi, Viper 8K Hz diklaim dapat menawarkan performa lebih cepat, pergerakan yang lebih halus serta latensi yang sangat rendah.

Nah tentunya ini membuat kita penasaran, sehebat apa mouse ini? langsung saja simak review mouse Razer Viper 8K Hz berikut ini.

Desain dan Spesifikasi

Razer Viper 8K  memiliki body yang ringan dan cukup ramping di genggaman. Bagi pengguna dengan tangan besar ini akan terasa kekecilan, tapi untuk tangan yang sedang atau kecil, ini akan sangat cocok.

review Razer Viper 8K Hz

Secara ergonomi, mouse ini terasa sangat ringan yang mungkin agak jarang kita temui pada perangkat mouse gaming. Bobotnya yaitu hanya sebesar 71 gram, sudah termasuk kabel, dengan dimensinya yaitu 126.73 mm x 57.6 mm x 37.81 mm.

Baca Juga: Review ONEX-FX8: Gaming dan Kerja Jadi Super Nyaman

Warna yang dihadirkan yaitu hitam secara keseluruhan, baik pada body mouse, tombol-tombol maupun kabel. Akan tetapi, mouse ini memiliki lampu RGB dengan logo Razer, yang baru akan terlihat saat mouse dinyalakan (dihubungkan ke PC).

review Razer Viper 8K Hz

Mouse ini hadir dengan desain Ambidextrous, dengan bentuk yang sangat simetris antara sisi kanan dan kiri, cocok digunakan untuk pengguna dengan dominan tangan kanan maupun kiri, juga dengan tombol-tombol yang dapat diatur sesuai selera.

Permukaan body atas mouse terasa halus, dengan teksutr karet yang agak kasar di bagian sisi kanan maupun kiri. Ini memberikan grip yang cuup baik di tangan pengguna saat digenggam.

Untuk tombol, terdapat dua buah tombol di bagian atas (kiri-kanan), dengan tombol scroll di bagian tengah. Lalu dibagian sisi kanan dan kiri, terdapat masing-masing dua tombol yang dapat dikustomasikan fungsinya sesuai keinginan pengguna.

Untuk mengatur fungsi tombol dapat diakses melalui aplikasi Razer Synapse, yang terlebih dahulu perlu diinstal pengguna. Selain itu, di bagian bawah terdapat tombol DPI switch untuk mengubah DPI secara langsung dari mouse.

Secara keseluruhan desain, mouse ini ringan dan ramping, dengan tombol yang cukup lengkap dan dapat dikustomasi. Mungkin “ringan dan ramping” akan pas bagi sebagian pengguna, tapi bisa jadi tak begitu cocok bagi pengguna lainnya. Ini hanya masalah preferensi masing-masing pengguna.

review Razer Viper 8K Hz

Razer Viper 8K Hz memiliki sensitivitas yang sangat tinggi yaitu mencapai 20,000 DPI. Pengaturan DPI ini terdapat juga diaplikasi Razer Synapse, dimana terdapat beberapa opsi mulai dari tingkatan DPI paling rendah, hingga paling tinggi.

Ya, dengan sensitivitas tinggi hingga 20.000 DPI, ini akan sangat cocok bagi pengguna dengan layar monitor berukuran besar dan resolusi tinggi, atau pun yang menggunakan multi monitor. Sehingga tidak perlu repot-repot menggerakan mouse dengan jarak yang jauh.

Baca Juga: Review Razer Kiyo Pro: Praktis, Gambar Jernih!

Selain itu, Razer Viper 8K Hz menjadi mouse pertama di dunia yang memiliki polling rate hingga 8KHz atau 8000 Hz. Saat ini, standar mouse dengan polling rate tertinggi yaitu hanya sebesar 1000 Hz. Ini artinya Razer Viper 8K Hz memiliki respon 8x lebih tinggi dibandingkan mouse yang ada pada standar industri saat ini.

review Razer Viper 8K Hz

Dengan respon yang lebih tinggi ini, pergerakan kursor akan terlihat lebih halus dan presisi hingga 8x lipat, serta memiliki latensi yang sangat rendah yaitu mencapai 0,125ms. Dalam waktu 1 detik, mouse dapat mengirimkan 8000 data reports untuk diolah di perangkat PC.

Web Razer 5

Bagi para gamers Esports, perangkat mouse dengan respon yang lebih tinggi hingga 8x lipat ini, tentunya akan memberikan pengaruh pada performa mereka saat bermain game. Pada game shooter misalnya, bidikan akan lebih akurat, dan kecepatan menembak juga akan meningkat.

Kabel mouse memiliki panjang sekitar 180cm, dengan desain yang disebut Razer™ Speedflex Cable. Kabel dibungkus dengan material fabric braided, namun tidak terasa kaku. Ini memberikan fleksibilitas yang tinggi.

review Razer Viper 8K Hz

Kabel tidak dapat dilepas, karena terpasang secara permanen ke perangkat mouse. Karena kabel mouse ini diklaim menggunakan teknologi yang khusus untuk mendukung transfer data yang sangat cepat.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…