AWS Bawa SDM Digital Indonesia Lebih Dekat dengan Cloud

Reading time:
August 21, 2021

AWS, salah satu raksasa cloud computing dunia, sudah sejak lama berkomitman untuk meningkatkan kesiapan Indonesia di era cloud ini. Mereka memiliki beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM Indonesia di bidang cloud. Beberapa waktu lalu, AWS Indonesia memaparkan seperti apa program mereka tersebut dan hasil apa yang sudah didapatkan sejauh ini.

AWS Indonesia
Bapak Gunawan Susanto dari AWS Indonesia, bersama beberapa narasumer, saat pemaparan online program AWS mendekatkan SDM Indonesia dengan cloud.

Pelatihan Cloud dalam Laptop for Builders

Salah satu program yang telah dijalankan oleh AWS adalah pelatihan terkait cloud ke guru dan murid dari sekolah-sekolah di 30 kota di Indonesia. Tidak kurang dari 200 sekolah telah merasakan program yang masuk ke dalam inisiatif “Laptop for Builders” ini. AWS mengajal beberapa narasumber yang telah merasakan hasil dari program tersebut, yaitu Bapak Hatim Gazali, Pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdatul Ulama dan dosen di Universitas Sampoerna; Ibu Sri Suharyanti, guru di SMA Negeri 1 Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Bima Mukhlisin, pemenang Cloud Computing Club Competition Yogyakarta kategori SMK dan siswa SMK Negeri 2 Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bapak Hatim dan Ibu Sri menjelaskan bahwa AWS telah memberikan pelatihan cloud ke tempat mereka masing-masing. Pelatihan tersebut dinilai berguna bagi mereka, karena selama ini pelatihan terkait teknologi terkini seperti itu masih minim di tempat mereka. Langkah AWS ini dinilai membuka pintu bagi pihak-pihak yang selama ini belum berkesempatan mempelajari teknologi baru yang akan berguna untuk karir mereka nantinya, dalam hal ini diharapkan nantinya mereka bisa turut menjadi pengembang-pengembang asli Indonesia yang berprestasi.

Selain pelatihan cloud, sesuai nama program, Laptop for Builders, AWS juga menyumbangkan laptop ke sekolah dan organisasi yang disertakan dalam program ini. Laptop ini tentunya akan membantu dalam proses pembelajaran cloud dan teknologi terkini seperti AI dan IoT. Terlebih lagi, untuk murid-murid di tempat Bapak Hatim dan Ibu Sri, laptop masih dipandang sebagai barang mewah.

Langkah AWS dalam menghadirkan program ini tentu saja akan membantu mendorong lahirnya sumber daya manusia Indonesia yang siap untuk bersaing di era cloud ini. Menariknya, program ini tampaknya sudah mulai menunjukkan hasil. Bima Mukhlisin, siswa SMK di Kabupaten Kulonprogo, yang berkesempatan mendapatkan pelatihan cloud berhasil memenangkan kompetisi terkait cloud computing di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Very Second
Situs belajar sejarah interaktif kreasi Bima dan rekannya

 

Bima bersama dengan rekannya membuat situs interaktif pendukung belajar sejarah dengan memanfaatkan fitur-fitur cloud computing dari AWS. Proyek ini diharapkan membuat belajar sejarah menjadi lebih menarik, dengan situs interaktif, dibandingkan dengan cara konvensional dengan menggunakan buku. Situs interaktif ini bisa dibuka di sini.

Kerja Sama dengan Dicoding untuk Pelatihan Cloud

Selain hasil dari program Laptop for Builders, AWS Indonesia juga memaparkan bahwa mereka juga bekerja sama dengan Dicoding. Mereka menggelar program beasiswa untuk pelatihan pengembangan back end untuk 100.000 peserta pertama yang mengikutinya. Program ini memungkinkan peserta mendapatkan pelatihan kurikulum Back-end Developer Learning Path secara gratis.

Kurikulum ini sendiri berisi beberapa materi pelatihan, mulai dari dasar-dasar arsitektur aplikasi, perkenalan back end untuk pemula, hingga materi lebih lanjut. Hal ini diharapkan membuat banyak orang memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjadi back end developer. Menurut Dicoding, ini adalah salah satu posisi yang paling banyak dicari di bidang IT saat ini.

Tags:

Load Comments

Gadget

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…

Laptop

October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Spesifikasi Hardware dan Performa merupakan beberapa hal yang dipertimbangkan saat…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Seperti kita sudah ketahui, Intel menetapkan persyaratan yang sangat berat…
October 11, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-c0093AX: Super Kencang dengan AMD Ryzen 9 dan RTX3070!

Laptop gaming keluaran tahun 2021 punya tren yang berbeda dibandingkan…
October 11, 2021 - 0

Review Lenovo Legion 5i (2021): Laptop Gaming Kencang & Super Lengkap

Performa kencang memang menjadi nilai jual utama dari sebuah Laptop…

Gaming

October 18, 2021 - 0

Gotham Knights Perkenalkan Antagonis – Court of Owls

Hype yang mengitari nama Gotham Knights memang sedikit meredup sejak…
October 18, 2021 - 0

Organisasi FIFA: Kami Terbuka Bekerjasama Dengan Dev. Lain

Kerjasama 10 tahun yang langsung memburuk begitu diskusi kedua organisasi…
October 18, 2021 - 0

Steam Larang Game Berisikan Crypto, EGS Terima dengan Tangan Terbuka

Rajin berselancar di internet, bahkan pada saat membaca berita ini,…
October 18, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel’s Guardians of the Galaxy

Langkah Marvel untuk kembali aktif di industri game memang terhitung…