Direct Release: Acronis Luncurkan Cloud Data Center Pertama di Indonesia

Reading time:
August 19, 2021

Data center baru melengkapi pusat layanan mitra dengan solusi perlindungan siber yang komprehensif, saat memberikan akses lebih cepat, ketahanan data lebih besar dan terhadap pelanggan

acronis

Jakarta, 19 Agustus 2021 – Acronis, pemimpin perusahaan dalam bidang perlindungan siber, pada hari ini mengumumkan dibukanya Acronis Cyber Cloud Data Center di Indonesia. Data Center satu dari 111 data center terbaru yang digunakan perusahaan, memberikan akses layanan terhadap mitra bisnis berupa solusi perlindungan siber dimana mereka dapat membangun layanan baru saat memberikan akses lebih cepat, ketersediaan data yang konstan, dan data tertinggi bagi pelanggan mereka.

Kemampuan tersebut merupakan kunci bagi penyedia layanan Indonesia saat ini, sebagai cyberthreats loom diatas tatanan bisnis dan aksesbilitas, privasi, dan sesuai tuntutan pertumbuhan kepatuhan. Sesuai Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012 perihal Pelaksanaan Sistem Elektronik dan Transaksi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bahwa data strategis seperti indikator yang terkait dengan keamanan negara dan kecerdasan, atau populasi data, akan disimpan secara local .

“Memberikan dampak bencana serangan dunia maya dan dengan lanskap ancaman dunia maya yang terus menerus berkembang – serangan dunia maya di Indonesia hampir berlipat menjadi lebih dari 495 juta (menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN))—perlindungan siber dan data kepatuhan yang merupakan prioritas uatama bagi perusahaan di Indonesia”, kata Rendy Maulana Akbar, Chairman, Association Cloud Hosting Indonesia. “Kami sangat bergembira memiliki vendor perlindungan siber yang dikenal secara global, Acronis, meluncurkan lokal data center di Indonesia.  Saat ini, perusahaan-perusahaan Indonesia akan dapat menyimpan data strategik mereka di Indonesia.”

Pembukaan data center di Indonesia merupakan bagian dari AcronisGlobal/Local Inisiatif, upaya yang mencakup seluruh data manajemen global untuk data terpusat, redudansi geografik, untuk mengontrol mitra lokal, dan lokasi pemulihan bencana—seluruhnya dengan biaya yang kompetitif. Tujuan dari inisiatif ini adalah penyedia layanan tidak akan mengalami kesulitan atas kepatuhan yang terus mengalami perubahan, data kedaulatan, dan kinerja mereka dalam menghadapi persyaratan pelanggan mereka.

Jaringan global dari Acronis Cyber Cloud Data Centers sudah termasuk lokasi di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Swiss, Perancis, Jerman, Jepang, Australia, Selandia Baru, Bhutan, Korea Utara, India, dan Singapura. Dengan adanya data center di Indonesia, penyedia jasa lokal akan memiliki lokasi di negaranya dimana mereka dapat menyimpan data kritikal bisnis bagi pelanggan mereka. Managed Service Providers (MSPs) juga akan mendapatkan manfaat dari kelengkapan dari managed cloud solutions dan solusi perlindungan siber yang tesedia melalui Acronis Cyber Cloud platform.

“Kehadiran lokal data center adalah kebutuhan mutlak bagi bisnis cloud modern dan kami bangga memberikan Acronis Cyber Cloud Data Center di Indonesia, salah satu fokus utama Acronis di APAC, daerah berkembang yang paling cepat”, kata Neil Morarji, General Manager, Acronis APAC. “Ini merupakan sesuatu yang diinginkan mitra kami saat ini—memiliki  Acronis Cloud Data Center di Indonesia. Sekarang mereka dapat menjaga data lokal pelanggan dan mereka mengetahui bahwa mereka didukung mitra global yang siap dalam 24/7/365 untuk menangani masalah. Bersama mitra jaringan pusat data, kami mampu mengimbangi meledaknya jejak data dan mengirimkan solusi perlindungan siber terbaik ke penyedia layanan dan pelanggan mereka.”

Pendekatan komprehensif terhadap perlindungan siber ini semakin penting bagi organisasi untuk berhasil di industri TI saat ini. Seperti terungkap dalam Laporan Cyberthreats Report Mid-year 2021 yang dikeluarkan oleh Acronis baru-baru ini, empat dari lima organisasi mengalami pelanggaran keamanan siber yang berasal dari kerentanan pada ekosistem vendor pihak ketiga, hanya dalam paruh pertama tahun 2021. Pada saat yang sama, rata-rata biaya pelanggaran data naik menjadi sekitar $3,56 juta, dengan rata-rata pembayaran ransomware melonjak 33 persen – menjadi lebih dari $100.000.

Di antara solusi yang sekarang tersedia melalui data center baru adalah Acronis Cyber Protect, yaitu integrasi yang unik dari backup, pemulihan bencana pada sistem, antimalware generasi berikutnya, keamanan siber dan endpoint management tools – semuanya dikelola melalui satu panel kaca. Solusi yang bersertifikasi VB100 dan kemampuannya yang unik tersebut membuat Acronis Cyber Protect mendapatkan Penghargaan Inovasi Produk Baru 2020 untuk Perlindungan Data dari Frost & Sullivan.

Mitra Acronis di Indonesia menyatakan kegembiraannya tentang kemampuan dan peluang data center yang baru akan membuat lebih yakin mereka menawarkan ke pelanggan.

“Acronis merupakan mitra yang penting bagi Datacomm dan peluncuran ini merupakan salah satu contoh komitmen dan posisi perusahaan dengan data keamanan dan bisnis yang berkelanjutan bagi pelanggan dan bisnis di Indonesia. Kami bangga dapat sejajar dengan Perusahaan yang fokus dalam memberikan keamanan data lokal dan solusi bisnis berkelanjutan bagi mitra kami,” kata Tan Wie Tjin, Presiden Direktur di Datacomm Diangraha.

“Mengambil kendali dari data menjadi lebih penting, dan perlindungan siber adalah persyaratan dasar bagi setiap organisasi saat ini. Dimana data tersimpan dan menjamin Informasi tetap aman menjadi semakin penting bagi mitra kami. Mitra dan pelanggan kami diseluruh daerah dapat melihat kedepan memiliki solusi perlindungan locally-hosted yang dapat memberikan mereka ketenangan dan keamanan”, kata Rudy Setiawan, CIO at Wowrack.

“Saat ini pasar mulai bergerak maju cepat untuk solusi cloud, sekumpulan data adalah data yang sama pentingnya seperti sebuah wilayah. Ditengah dunia pandemi, investasi yang dilakukan Acronis memasuki cloud data center yang baru menjamin kebutuhan kritikal karyawan yang bekerja jarak jauh terpenuhi”, kata Lie Heng, Solution Business Director, PT Synnex Metrodata Indonesia.

Solusi Acronis Cyber Protection mengatasi Lima Faktor Perlindungan Cyber yaitu memastikan keamanan, aksesibilitas, privasi, mempertahankan keaslian dan mengaplikasikan keamanan (SAPAS) data. Dengan cara yang sama, Acronis Cloud Data Centers dirancang untuk memberikan tingkat tertinggi dari ketersediaan data, keamanan, dan keselamatan—dengan masing-masing kemudahan fitur dengan perangkat yang mutakhir serta operasional terbaik dan pengawasan keamanan.

Bagi penyedia layanan yang berminat untuk mempelajari lebih lanjut dari solusi perlindungan siber tersedia melalui Acronis Cyber Cloud platform dapat menghubungi Aviantri Faiza, Acronis Indonesia Channel Head at Aviantri.Faiza@acronis.com.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…