JD.ID Gelar Virtual Tour ke Pusat Logistik Robotik Canggih Milik JD.com

Author
Irham
Reading time:
August 20, 2021

JD.com, induk perusahaan dari JD.ID baru-baru ini telah mendapatkan pencapaian positif dimana perusahaan tersebut menempati peringkat ke-59 dalam daftar Fortune Global 500. Melanjutkan pencapaian positif tersebut, JD.com saat ini tengah membangun jaringan pusat logisitik e-commerce dengan skala terbesar dan tercanggih di dunia.

JD.ID Virtual Media Tour to JD.com

Para awak media pun berkesempatan mengunjungi pusat logistik terbaru dan terbesar milik JD.com yang berlokasi di Beijing, China, melalui virtual tour. “Pusat logistik JD, Asia No. 1 Beijing adalah contoh utama dari otomatisasi di tempat kerja,’ ujar Yuchuan Wang, Senior Manager of Global Corporate Affair JD.com.

Baca Juga: Induk Perusahaan JD.ID Masuk Urutan ke-59 Fortune Global 500

Pusat logistik terbesar miliki JD.com ini dioperasikan pada tahun 2017. Asia No.1 Beijing memiliki luas lebih dari 120.000 meter persegi, dan mampu menangani sebanyak 800.000 pesanan per hari berkat inovasi sistem 19-storey shuttle – yang meningkatkan kapasitas penyimpanan.

JD.ID Virtual Media Tour to JD.com

Selain itu juga mengadopsi Automated Ground Vehicles (AGVs), yang digunakan untuk membantu alur ekspedisi dengan menyortir pesanan dan mengantarkan ke petugas untuk dikemas, serta penyortiran otomatis berkecepatan tinggi.

JD.ID Virtual Media Tour to JD.com

Dengan mengadopsi teknologi otomatisasi dan robot, perusahaan kini dapat memenuhi lebih dari 90% pesanan ritelnya dari lebih dari 500 juta pelanggan aktif dalam waktu 24 jam, tingkat yang tidak dapat ditandingi oleh perusahaan lain di dunia. Hingga saat ini, JD.com telah mengoperasikan 32 proyek Asia No. 1, sebagai bagian dari 1.000 gudang di seluruh China.

Warehouse JD.ID Juga Terapkan Sistem Logistik JD.com

Di Indonesia sendiri, sejak hadir pada Oktober 2015, JD.ID pun menerapkan sistem logistik JD.com, mulai dari tempat penyimpanan (gudang), penyortiran, hingga transportasi dan menjadi pionir sistem pengiriman 24 jam di Asia Tenggara.

JD.ID memiliki lebih dari 100.000 Stock Keeping Unit (SKU) dari 23 kategori pilihan produk, dan melayani lebih dari jutaan pelanggan di seluruh Indonesia Hingga saat ini, JD.ID telah memiliki 13 warehouse yang berlokasi di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar dan Pontianak.

JD.ID Virtual Tour ke Logistik JD.com

“Dengan memanfaatkan armada logistik milik sendiri serta didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.ID dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia dengan jangkauan 365 kota dimana 85% pesanan mampu memenuhi target 24 jam pengiriman.” ungkap Sendy Sopacua, Head of Warehouse JD.ID.

Pelayanan sistem logistik JD.ID ditangani oleh J-Express atau JX sebagai logistic partner sekaligus sister company JD.ID. Layanan ini didukung dengan 250 lebih moda transportasi dan 3.000 lebih tenaga pengantaran (JX Smiling Warrior).

Barry Lim, CEO PT Jaya Ekspress Transindo (JX), “Kami berharap dapat memberikan pelayanan maksimal dan tepat waktu secara cepat yaitu dalam waktu 24 jam sejak order diterima. Dan di tahun 2021 ini, kami bersama JD.ID terus bergerak maju untuk memperluas pasar ke seluruh rantai solusi e-commerce,” ungkapnya.

Pandemi COVID-19 yang telah menciptakan permintaan besar untuk belanja online di seluruh dunia, membawa peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan e-commerce besar untuk memenuhi pesanan pelanggan yang melonjak dengan lebih efisien.

Mengadopsi konsep sinergi manusia-mesin, JD.com dan JD.ID – dengan dukungan dari JX memungkinkan karyawannya menangani tugas dengan cerdas dan cepat dengan bantuan teknologi canggih. “Seiring dipercepat oleh pandemi, industri sedang mengalami transformasi menuju digitalisasi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tutup Yuchuan Wang.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…