Teaser Arsitektur Intel Alder Lake : Efficient Core, Performance Core, DDR5, PCIe Gen5

Reading time:
August 20, 2021
0 AlderLake LOGOs

 

Pada ajang Intel Architecture Day 2021, Intel memperkenalkan sebuah arsitektur prosesor baru, yang dikenal dengan codename ‘Alder Lake‘. Arsitektur ini nantinya akan digunakan pada sejumlah prosesor next-gen Intel untuk segmen Client (‘non-server’) seperti Desktop dan Laptop. Prosesor Alder Lake memiliki beberapa hal yang tergolong baru pada segmen-nya, seperti penggunaan 2(dua) macam cpu core yang memiliki karakteristik berbeda, penggunaan memori tipe baru seperti DDR5, dan juga tipe interkoneksi baru seperti PCIe Gen5.

Alder Lake akan dibuat pada fabrikasi baru bernama ‘Intel 7‘ (dulu dikenal dengan nama Intel Enhanced 10nm Superfin). Mari lihat beberapa detail seputar prosesor ini!

 

Intel CPU Cores : ‘Coves’ & ‘Monts’

2 AlderLake OldRoadmaps

Berikut ini beragam codename CPU core dari Intel yang mungkin sudah kita kenal, seperti core Sunny Cove yang digunakan pada Core 10th Gen ‘Ice Lake’, dan Willow Cove yang dipakai oleh Core 11th Gen ‘Tiger Lake’, dan core Tremont yang dipakai pada Pentium Silver ‘Jasper Lake’.

Intel mengklasifikasikan prosesor ini menjadi beberapa kategori yakni ‘Coves‘ sebagai prosesor yang memiliki prioritas pada performa (a.k.a ‘Performance’ Cores), dan juga ‘Monts‘ yang memiliki prioritas pada konsumsi daya rendah dengan efisiensi daya tinggi (a.k.a ‘Efficient Cores’).

Di tengah kedua kategori ini ada kategori ‘Hybrid‘ yang merupakan gabungan Cove dan Mont dalam satu chip, seperti Lakefield yang menjadi CPU Hybrid pertama Intel.  Lakefield memiliki 1(satu) Sunny Cove Core untuk high-performance task, dan 4(empat) Tremont Core untuk power-saving.

Sebagai tambahan, Anda mungkin cukup sering melihat desain CPU core yang asimetris ini diaplikasikan pada prosesor/SoC Smartphone, menggunakan teknologi seperti ARM big.LITTLE.

Baca Juga : Mengenal Lakefield Hybrid CPU

Lakefield 0 LOGO

Pada Architecture Day 2021 ini, Intel memperkenalkan Golden Cove dan Gracemont , dimana keduanya akan masuk ke dalam sebuah chip yang disebut ‘Alder Lake‘.

Intel akan menggunakan Golden Cove sebagai ‘Performance Cores’ (P-Cores), dan Gracemont sebagai ‘Efficient Cores’ (E-Cores).

 

 

Alder Lake : ‘Performance Hybrid’

3 AlderLake PerformanceHybrids

 

Baik core Golden Cove maupun Gracemont sudah mengalami peningkatan performa dari generasi sebelumnya. Golden cove mengalami peningkatan cukup besar dari segi performa singlethreaded (‘per core performance’), sedangkan Gracemont mengalami peningkatan yang kentara dalam hal Multithreaded performance (‘All core performance’). Namun, ada konsep yang berbeda saat kedua core ini digabungkan dalam satu chip Alder Lake.

Perangkat yang memiliki dua buah core berbeda pada umumnya akan menggunakan prosesor-nya secara ‘bergantian’, dimana core high-performance-nya hanya menyala pada load berat, sedangkan pada load ringan core yang digunakan adalah core hemat daya.

Alder Lake akan dioptimalkan untuk mengoperasikan kedua tipe core ini secara bersamaan untuk mencapai performa tinggi, tentunya juga sekaligus mendapat konsumsi daya rendah saat load ringan.

 

 

Efficient Core (E-cores) ‘Gracemont’ : Performance per watt lebih tinggi dari Skylake

4 AlderLake efficientCores Screenshot 266s

 

Dengan Gracemont, Intel menargetkan untuk membuat core dengan efisiensi daya tinggi. Intel sempat menambahkan bahwa 1 Core 1 Thread dari Gracemont memiliki performance lebih tinggi 40% dari sebuah 1 Core 1 Thread Skylake pada power yang sama, dengan kata lain, Gracemont memiliki daya 40% lebih rendah untuk mencapai performa setara Skylake. Tentu, ini adalah estimasi internal Intel menggunakan SPECrate_2017_int_base, tidak dijelaskan pada berapa power level dimana Gracemont ini memiliki performa 40% lebih tinggi dari Skylake.

Perlu diketahui, pada ukuran die area yang bisa memuat 1 core Skylake, Anda bisa memuat 4 core Gracemont.

5 AlderLake Performance Screenshot 264s

 

Performance Core (P-Core) ‘Golden Cove’ : Performa meningkat 19% rata-rata dari Rocket Lake

7 AlderLake PerfCores Screenshot 276s

Berikutnya pada Performance Core, Intel sudah menyiapkan berbagai peningkatan yang diklaim setidaknya memberikan ekstra performa rata-rata 19% dari Cypress Cove 11th Gen (Rocket Lake) pada clock yang sama.

Meskipun nilai ini bukan perbandingan ke core Willow Cove dan hanya dibandingkan ke Cypress Cove, kami melihat rata-rata peningkatan 19%  ini bukan angka yang buruk. Perlu diingat, perbedaan performa ini terjadi pada clock sama (3.3Ghz).

7 AlderLake IPC Screenshot 275s

Dari tabel di atas pada bagian makin ke kanan, kita bisa melihat ada workload yang cukup drastis menunjukkan peningkatan pada Alder Lake, dan Intel menyebutkan bahwa ini lebih mungkin terjadi pada software/workload modern.

Pada sisi kiri, terlihat penurunan performa dibanding cypress cove, dan menurut Intel ini terjadi pada beberapa benchmark spesifik yang memanfaatkan instruksi AVX512, sedangkan Alder Lake sendiri tidak memiliki dukungan AVX 512.

Tidak ada AVX512 pada Alder Lake

Intel menyebutkan bahwa pada segmen Client (Desktop & Laptop) dari Alder Lake, tidak ada dukungan instruksi AVX512, Ini terjadi karena untuk menggunakan teknologi Hybrid ini baik Performance Cores maupun Efficient Cores harus memiliki dukungan instruction set yang sama.

Pada Golden Cove dan Gracemont, Intel hanya memberikan dukungan AVX hingga versi AVX2.  Ini menyebabkan beberapa benchmark sintetis menunjukkan nilai sedikit turun dibandingkan Rocket Lake yang memiliki dukungan AVX512.

 

Intel Thread Director

8 AlderLake ThreadDirector Screenshot 281s

Untuk membuat sistem bekerja optimal pada konfigurasi prosesor dengan core berbeda jenis ini, Intel menerapkan sebuah solusi bernama Intel Thread Director. Solusi hardware ini akan bekerjasama dengan scheduler pada OS, terutama OS Windows 11. Intel Thread Director akan memberikan informasi penting pada OS untuk membagi pekerjaan pada core yang tepat.

Beberapa contoh pekerjaan yang akan ditangani Thread Director dan OS Scheduler misalnya :

  • Memastikan Priority Task (latency sensitive) dijalankan pada P-core
  • Menjalankan Background Task pada E-core
  • Saat ada program yang ‘menunggu’ saat eksekusi, dipindahkan ke e-core
  • Ketika ada program yang dimulai pada E-core namun ternyata memberikan load signifikan, dipindahkan ke P-core

 

Alder Lake : Berbagai Contoh Konfigurasi Core

9 AlderLake Cores Screenshot 286s

Intel menyebutkan bahwa Alder Lake akan dibuat cukup fleksibel, dimana produk berbasis Alder Lake ini bisa mencakup ultra-mobile laptop, hingga ke high-powered desktop.

Belum ada detail secara spesifik mengenai spesifikasi tiap-tiap lineup Alder Lake (clock, TDP, dkk), namun berikut hal yang diumumkan :

  • Konfigurasi Alder Lake tertinggi akan terdiri dari 8 P-core dan 8 e-Core (total 16 Core).
  • Setiap P-core akan memiliki 2 Thread karena dukungan SMT (a.k.a Hyperthreading)
  • E-Core TIDAK memiliki SMT, sehingga hanya memiliki 1 Thread.
  • Tersedia up to 30MB Last Level Cache (LLC), ini akan di-share antara P-core, E-Core, dan komponen lain.
  • Tidak ada info TDP secara spesifik, tapi versi dekstop tertinggi akan memiliki rating 125W TDP

 

Berikut contoh konfigurasi Alder Lake :

10 AlderLake Models Screenshot 284s 11 AlderLake Models2 Screenshot 285s

Terlihat bahwa :

  • Alder Lake Desktop memiliki konfigurasi tertinggi, up to 8 P-core + 8 E-core (’16 Core 24 Thread’)
  • Alder Lake Mobile akan memiliki up to 6 P-core + 8 E-cores ( ’14 Core 20 Thread’)
  • Alder Lake Ultra Mobile memiliki up to 2 P-core + 8 E-cores (’10 Core 12 Thread’)
  • Integrated Graphics pada Alder Lake adalah Intel Xe-LP (a.k.a ‘Gen12 Graphics’)
  • Desktop Alder Lake hanya memiliki 32 EU Xe-LP, Mobile Alder Lake memiliki hingga 96 EU
  • Mobile Alder Lake memiliki Thunderbolt support pada SoC-nya.
  • Desktop Alder Lake akan menggunakan PCH/chipset terpisah pada motherboard, Mobile Alder Lake akan menggunakan semacam on-package PCH

 

Dukungan 4(empat) macam Memori : DDR4, LPDDR4X, DDR5, LPDDR5

12 AlderLake RAM Screenshot 287s

Alder Lake akan mendukung 4(empat) macam memori, mulai dari DDR4-3200 dan LPDDR4X-4266 yang sudah ada sekarang, hingga ke standar baru seperti DDR5-4800 dan LPDDR5-5200.

Ini bukan berarti Alder Lake akan mendukung memori yang berbeda pada satu sistem, tapi ini menunjukkan bahwa ada sejumlah konfigurasi yang bisa dipilih oleh produsen board (baik desktop / laptop).

 

PCIe 5.0 : Up to 64GB/s Transfer Rate

13 AlderLake PCIeS creenshot 288s

Selain mendukung DDR5, Alder Lake mendukung standar PCIe Gen 5.0 yang diklaim memberikan bandwidth hingga 2x lebih besar dari PCIe Gen 4.0. Dari diagram yang diberikan, nampak kalau PCIe 5.0 ini didukung pada lane PCIe yang ada pada prosesor.

Ada total 20 Lane yang didukung prosesor, 16x PCIe Gen 5.0, dan 4x Gen 4.0. Dan Intel nampak menunjukkan juga bahwa akan ada chipset (kemungkinan besar bagi Alder Lake Desktop) yang akan memiliki 12x lane PCIe Gen 4.0, serta extra 16x lane PCIe Gen 3.0.

Belum disebutkan apa solusi kartu grafis maupun periferal lain yang mendukung transfer rate PCIe 5.0 ini.

 

Penutup

IntelArchDay ADLs

Ada cukup banyak hal yang dibahas Intel pada Architecture Day 2021, namun sesi Alder Lake adalah satu hal yang cukup menarik perhatian kami. Prosesor Alder Lake dengan gabungan dua macam core berbeda ini akan menjadi prosesor desktop x86 pertama yang menggunakan teknologi ‘hybrid’.

Pada saat ini, belum banyak detail yang diberikan seputar performa, walaupun kami sendiri agak penasaran dengan alasan Intel menggunakan konfigurasi seperti ini. Untuk notebook yang membutuhkan extra battery life, nampak jelas bahwa power efficiency dari E-Cores akan sangat berguna di sini. Namun bagi prosesor Desktop yang umumnya tidak memiliki limitasi power dan battery, Alder Lake harus bisa membuktikan klaim Intel dimana gabungan P-core dan E-Core ini masih bisa menunjukkan performa tinggi.

Yang akan jadi tantangan bagi Intel adalah Alder Lake dengan total ’16-core’ (konfigurasi tertinggi Desktop, 8 P-core + 8 E-Core) ini nantinya punya potensi dibandingkan dengan prosesor Desktop serupa yang memiliki 16-core, meskipun lawan Alder Lake akan terdiri dari ’16 performance core’ tanpa ‘efficient core’.

Pada sebuah sesi diskusi, kami sempat bertanya seputar penyebutan jumlah core prosesor ini, dan nampaknya Intel akan berusaha menyebutkan jumlah Performance Core dan Efficient Core, bukan ‘digabung’. Kami masih penasaran bagaimana eksekusi dari rencana ini nantinya.

 

Alder Lake nampak akan menjadi salah satu perubahan besar-besaran dari desain prosesor Intel, dan pastinya akan makin banyak detail lagi seputar prosesor ini yang akan muncul saat kita semakin dekat dengan launch day (yang belum diketahui secara pasti). Pastinya, ini akan menjadi tugas cukup berat bagi reviewer, karena banyak sekali variabel yang harus dievaluasi, seperti :

  • Analisis performance/Power P-core dan E-corenya secara terpisah,
  • Bagaimana overclocking akan bekerja pada prosesor Hybrid ini,
  • Seperti apa scaling performance dengan DDR5,
  • Sejauh mana Windows 11 dan Intel Thread Director bisa mengalokasikan pekerjaan dengan optimal, dan masih banyak lagi

Kami berharap saat prosesor ini datang ke lab, setidaknya diberikan waktu 2-3 minggu untuk melakukan testing dengan menyeluruh.

Sampai jumpa pada pembahasan kami yang berikutnya!

 

 

 

 

 

 

Load Comments

Gadget

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…

Laptop

October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Spesifikasi Hardware dan Performa merupakan beberapa hal yang dipertimbangkan saat…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Seperti kita sudah ketahui, Intel menetapkan persyaratan yang sangat berat…
October 11, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-c0093AX: Super Kencang dengan AMD Ryzen 9 dan RTX3070!

Laptop gaming keluaran tahun 2021 punya tren yang berbeda dibandingkan…
October 11, 2021 - 0

Review Lenovo Legion 5i (2021): Laptop Gaming Kencang & Super Lengkap

Performa kencang memang menjadi nilai jual utama dari sebuah Laptop…

Gaming

October 18, 2021 - 0

Gotham Knights Perkenalkan Antagonis – Court of Owls

Hype yang mengitari nama Gotham Knights memang sedikit meredup sejak…
October 18, 2021 - 0

Organisasi FIFA: Kami Terbuka Bekerjasama Dengan Dev. Lain

Kerjasama 10 tahun yang langsung memburuk begitu diskusi kedua organisasi…
October 18, 2021 - 0

Steam Larang Game Berisikan Crypto, EGS Terima dengan Tangan Terbuka

Rajin berselancar di internet, bahkan pada saat membaca berita ini,…
October 18, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel’s Guardians of the Galaxy

Langkah Marvel untuk kembali aktif di industri game memang terhitung…