Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Author
Irham
Reading time:
August 27, 2021

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari ASUS yaitu ROG Zephyrus M16 (GU603). Ini adalah sebuah laptop yg relatif tipis, super kencang, bahkan untuk gaming dan 3D rendering, serta punya segudang fitur.

ROG Zephyrus M16 adalah laptop high performance kelas atas, yang hadir dengan tubuh ramping serta relatif ringan, tapi bisa handle pekerjaan terberat yang umum dilakukan pada sebuah laptop terkencang, bahkan desktop kelas atas.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Seri Zephyrus dari ASUS ROG sendiri, berarti laptop ini tergolong tipis jika dibandingkan laptop gaming pada umumnya. Selain itu laptop ini Memiliki layar dengan aspect ratio yang unik di laptop gaming yaitu 16:10. Biasanya laptop gaming memiliki layar 16:9.

Laptop ini telah menggunakan CPU dan GPU generasi terbaru yaitu Intel Core generasi ke-11 H45 dan NVIDIA GeForce RTX 3000 series, yang tentunya memberikan performa yang sangat powerful. Penasaran dengan performa sesungguhnya yang ditawarkan oleh laptop ini? Langsung saja kita simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Laptop ini memiliki form factor Clamshell/Laptop Klasik dengan material chassis berbahan metal. Desain yang ditampilkan khas laptop seri Zephyrus, terlihat cenderung tipis dan ringkas dibandingkan dengan laptop gaming pada umumnya.

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (2)

Selain itu juga mengusung desain Prismatic Shine di bagian belakang layar, yaitu dengan Terdapat garis diagonal yang membagi 2 bagian belakang layar. Satu sisinya terlihat polos dengan logo ROG di pojok kiri bawah, dan satu sisinya memiliki desain dot matrix yang tutupnya dibuat dengan proses milling CNC presisi. Di bawahnya terdapat film prismatic yang terlihat berkilau, menambahkan efek kilau halus pada Off-Black yang mencolok.

Baca Juga: Review ASUS TUF GAMING F15 (FX506): Kencang! Punya Thunderbolt 4

Meskipun secara sekilas terlihat simpel dan sederhana, kesan premium tetap tampak berkat uniknya desain bagian belakang layar pada laptop ini.

Dilengkapi dengan “Ergolift 180 derajat”, yaitu kombinasi “Ergolift Hinge Design” yang membuat laptop sedikit terangkat saat layar dibuka, dengan kemampuan membuka layar hingga 180 derajat.

Bagian palmrest dan sekitar area keyboard dilapisi cat matte dengan sentuhan lembut yang mampu meminimalisir noda dan sidik jari. Untuk warna yang ditawarkan yaitu Off Black, yang membuatnya terlihat simple namun elegan.

Untuk dimensinya, perangkat ini memiliki panjang 35.5 cm, lebar 24.3 cm dan tebal 1.99 cm. Sementara bobotnya yaitu 1.93 Kg, yang tentunya terbilang ringan untuk sebuah laptop gaming. Ditambah dengan adaptor charger sebesar 560 gram, jadi total beratnya yaitu 2,49 kg.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Laptop ini memiliki layar dengan Panel IPS-Level berukuran 16 inci, beresolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel). Seperti yang disebutkan diawal, laptop ini memiliki aspect ratio di 16:10 yang terbilang unik untuk sebuah laptop gaming. Refresh ratenya cukup tinggi yaitu 165 Hz, yang tentunya cocok digunakan untuk gaming.

Untuk cakupan warnanya yaiut 100% DCI-P3 – Pantone Validated. Setiap panel dikalibrasi oleh pabrik untuk menjamin kualitas warna pada layar. Ini adalah layar yang sangat-sangat cocok digunakan untuk content creator.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Permukaan layar telah dilengkapi dengan lapisan anti-glare/matte, yang membuatnya nyaman digunakan tanpa pantulan cahaya/bayangan. Layar juga mendukung fitur Dolby Vision dengan menu yang dapat diakses melalui software Dolby Access.

Layar ini memiliki frame dengan desain 4 Super Narrow Bezel – bingkai layar yang sangat tipis di keempat sisi. Screen to body ratio mencapai 94%, membuat laptop ini terlihat seperti sebuah laptop dengan layar 15 inci. Ini juga membuat ukuran keseluruhan chassisnya 5% lebih kecil dibanding Zephyrus generasi sebelumnya. Sisi atas sedikit agak tebal dengan adanya kamera 720p 30fps.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Untuk Audio, laptop ini dilengkapi dengan 4x 2W Woofer dan 2x 2W Tweeter yang terletak menghadap ke bawah laptop. Woofer pada ASUS ROG Zephyrus M16 memiliki teknologi Dual Force-Canceling Woofers. Terpasang 2 Woofer berpasangan di tiap sisi secara berhadapan, untuk meminimalisir resonansi pada chassis Zephyrus M16 yang kecil.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Terdapat menu Dolby Audio pada software Dolby Access untuk mengatur preset suara yang keluar. Kualitas suara yang ditawarkan cukup megah untuk kebutuhan entertainment pengguna.

Baca Juga: Review ASUS VivoBook Ultra 15 (K513): Layar Besar, Tipis, Ringan dan Mudah Di-upgrade

Untuk konektor yang tersedia antara lain:

  • Kiri
    Review ASUS ROG Zephyrus M16 (44)

    • 1x DC-IN
    • 1x HDMI 2.0b
    • 1x Ethernet
    • 1x USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • 1x Thunderbolt 4
      • Mendukung Display Output dengan protokol DisplayPort
      • Mendukung Power Delivery
    • 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
      • Mendukung Display Output dengan protokol DisplayPort
      • Mendukung Power Delivery
    • 1x Audio Jack Combo 3.5mm
  • Kanan
    Review ASUS ROG Zephyrus M16 (44)

    • 1x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
    • 1x Micro SD Card Reader

Beralih ke keyboard, ROG Zephyrus M16 mengusung desain Stealth-Type Keyboard dengan layout khas ROG Zephyrus. Ukuran tombol cenderung besar tanpa adanya tombol numpad. Tombol juga cenderung hening saat ditekan.

Keyboard memiliki travel distance 1.7mm, dan telah dilengkapi dengan Overstroke Technology untuk proses input yang lebih cepat dan presisi. Terdapat empat tombol khusus untuk fungsi Volume Up, Volume Down, Mute/Unmute Mic dan Tombol Armoury Crate.

Dilengkapi dengan satu zona backlit RGB yang memiliki tiga tingkat kecerahan warna. Pengaturan warna dapat diubah melalui software Armoury Crate.

Letak touchpad cenderung melebar ke kanan dari space-bar.Tidak ada klik khusus kanan-kiri pada touchpad, dan touchpad telah mendukung Windows Precision Driver.

Review ASUS ROG Zephyrus M16

Tidak seperti laptop gaming pada umumnya, ASUS ROG Zephyrus M16 telah dilengkapi dengan scanner sidik jari yang menyatu pada tombol power. Ini juga telah mendukung fitur Windows Hello sehingga login ke dalam Windows tanpa perlu mengetik password.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…