Direct Release: Kreator Clubhouse dari Seluruh Dunia Mengadakan Obrolan 24 Jam Nonstop dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Reading time:
October 12, 2021
  • Acara yang diadakan di 15 negara ini menghadirkan beberapa pembicara inspiratif yang sangat memahami masalah Kesehatan Mental.
  • Di Indonesia, ada tiga pembicara yang mewakili untuk berdiskusi dalam acara ini, yaitu Widya S. Sari, Psikolog Klinis; Adjie Santosoputro, Praktisi MindfulnessDetty Wulandari, Pendiri Klub ‘Mental Health Indonesia’ di Clubhouse dan penyintas bipolar; dan David Irianto, Co-Founder platform kesehatan mental Greatmind Indonesia. Selain itu, acara ini dimoderatori oleh Dwika Putra, CEO Riuh Renjana Creative yang aktif berdiskusi di Clubhouse.

Clubhouse Logo

11 Oktober 2021 – Untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Kreator dari seluruh dunia bersatu di Clubhouse untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental melalui tema tahun ini ‘Mental Health in an Unequal World’. Kreator dari setiap negara bertujuan untuk menghadirkan percakapan yang edukatif dan inspiratif seputar kesehatan mental saat ini di Indonesia dan, cara menghadapi stigma seputar kesehatan mental di tengah masyarakat.

Clubhouse telah menjadi platform sosial berbasis audio yang berhasil menyatukan komunitas di seluruh dunia untuk bergabung di panggung global ini dengan menyediakan ruang diskusi (room) yang berjalan selama 24 jam nonstop pada 10 Oktober 2021 dengan total 15 negara peserta. Diskusi tentang masalah kesehatan mental dibawakan dalam bahasa Indonesia dan berlangsung di Mental Health Matters Club, yang dibentuk oleh Nidhi Tewari, seorang Terapis dan Konsultan Pelatihan EMDR Bersertifikat EMDRIA di Richmond, Virginia, Amerika Serikat.

24 Hours Discussion Mental Health in an Unequal World

Selain panggung utama di mana para kreator dan Clubhousers dapat terlibat dalam diskusi, acara ini juga mendorong Clubhousers untuk terhubung secara pribadi melalui Backchannel (fungsi DM Clubhouse) dengan Clubhousers lainnya. Fitur ini juga berguna untuk saling mengajukan pertanyaan dan mengobrol dengan sesama kreator, dan Clubhousers. Fitur lain yang dapat dimanfaatkan Clubhousers adalah Wave  dimana Clubhousers dapat terhubung lebih baik dengan sesama Clubhousers di ruang (room) pribadi. Kedua fitur ini tentunya memungkinkan Clubhousers untuk memelihara hubungan yang lebih bermakna dan merasa lebih terhubung dimanapun mereka berada dengan sesama Clubhousers.

Widya S. Sari, seorang Psikolog Klinis menjelaskan dalam acara ini bahwa, “Dengan membicarakan kesehatan manusia tentu tidak terlepas dari aspek mental. Terdapat berbagai hal yang dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Keunikan individu, interaksi dengan lingkungan, dan faktor-faktor lainnya, menghasilkan dinamika kondisi dan gangguan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, melalui acara ini, diharapkan para pendengar mendapatkan pengetahuan dan manfaat, serta pemahaman yang mampu meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan mental. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan mental, salah satunya dengan membangun support system dari orang-orang terdekat yang memiliki peran signifikan, dimulai dari keluarga”.

Adjie Santosoputro, seorang Praktisi Mindfulness yang turut berbicara dalam acara ini menyatakan, “Acara ini merupakan bentuk kepedulian terhadap isu yang sering dihadapi selama pandemi ini, yaitu pentingnya pengetahuan tentang kesehatan mental dan mindfulness. Dengan adanya acara ini, masyarakat luas dapat lebih memahami kesehatan mental dan mindfulness, khususnya tentang bagaimana menjaga kesehatan mental selama pandemi dan secara spesifik bagaimana menghadapi trauma dan kesedihan.”

Detty Wulandari, Pendiri Klub ‘Mental Health Indonesia’ di Clubhouse yang juga seorang penyintas bipolar turut berpartisipasi dalam acara ini mengatakan bahwa , “Kesehatan jiwa di Indonesia sendiri sudah cukup banyak terdengar, namun informasi lebih dalam mengenai cara menghadapi stigma dan diskriminasi dari masyarakat masih perlu ditingkatkan. Suatu kehormatan bagi saya untuk dapat berbagi pengalaman sebagai penyintas bipolar, termasuk bagaimana saya mengendalikan diri dan menghadapi masyarakat. Saya turut senang dapat memberikan dukungan, dorongan dan informasi yang relevan tentang kesehatan mental untuk orang di luar sana  yang membutuhkannya.”

David Irianto, Co-Founder platform kesehatan mental Greatmind Indonesia, yang juga hadir sebagai pembicara pada acara ini, mengatakan bahwa, “Salah satu hal terpenting untuk dapat mengendalikan emosi dan perasaan seseorang dapat dilakukan dengan memahami pentingnya bagaimana orang dapat menerima diri mereka terlebih dahulu. Diskusi publik seperti ini dapat memberikan banyak wawasan penting tentang bagaimana menerima diri sendiri sehingga kita dapat berkawan dengan perasaan sendiri.”

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…