Direct Release: VMware Percepat Terwujudnya Modernisasi Aplikasi Pelanggan di Segala Cloud

Author
Irham
Reading time:
October 13, 2021

VMworld 2021 (13 Oktober 2021) – Meningkatnya kesadaran organisasi bahwa dunia digital-first saat ini makin menjadi hal yang lumrah berimbas pula pada makin meningkatnya kebutuhan untuk melakukan digitalisasi dan modernisasi operasional. Modernisasi kini kian menjadi hal yang imperatif. Namun di sisi lain, modernisasi juga membawa banyak hal yang sama-sama perlu mendapatkan prioritas. Ini karena bahwa upaya digitalisasi dan transformasi yang sejati tentulah membawa kompleksitas tersendiri, luas dan keduanya harus bisa diwujudkan tanpa harus mengkompromikan kemampuan perusahaan dalam mendukung setiap kebutuhan bisnis.

VMware Tanzu World

Perusahaan tertantang untuk bisa mengembangkan aplikasi yang lebih andal, aman, cerdas, adaptif, serta dihadirkan dengan cepat, dalam skala yang tepat, apapun jenis cloud yang digunakan. Melalui pagelaran VMworld 2021, VMware menampilkan sejumlah peningkatan pada portofolio VMware Tanzu yang mendukung manajemen dan operasi aplikasi dalam skala yang tepat, serta mampu menghadirkan otonomi kepada pengembang dalam membangun dan menggelar aplikasi-aplikasi di segala jenis cloud yang mereka gunakan.

“Terakselerasinya transformasi digital menghadirkan tantangan baru bagi tim pengembang yakni bagaimana mereka dapat membangun aplikasi yang makin andal, aman, cerdas, dan adaptif dalam waktu yang lebih singkat dan sesuai dengan skalabilitas yang dibutuhkan apapun cloud yang mereka gunakan. Ini tentu menjadi isu yang harus diantisipasi oleh organisasi yang tengah giat melakukan modernisasi,” ucap Ajay Patel, senior vice president and general manager, Modern Apps & Management Business Group, VMware. “Dengan portofolio Tanzu yang lengkap, VMware mendukung pelanggan di tahap manapun mereka saat ini dalam menyediakan peranti, pelatihan, dukungan, serta layanan yang akan mengakselerasi kemajuan proses modernisasi aplikasi apapun infrastruktur, aplikasi, dan cloud yang mereka terapkan.”

VMware Tanzu Application Platform Tambah Sejumlah Kapabilitas Baru dalam Rilis Beta

Pertama kali diperkenalkan dalam versi beta1 pada gelaran VMware SpringOne 2021, Tanzu® Application Platform™ kini mampu menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi pengembang dalam membangun dan menggelar aplikasi-aplikasi dan API di semua Kubernetes yang mereka gunakan. Platform ini mendukung tim dalam melakukan produksi dengan cepat dan menopangnya dengan mengotomatisasikan sumber ke pipeline produksi dan melakukan koordinasi dalam setiap upaya pengembangan dan operasional yang dilaksanakan oleh tim pengembang di perusahaan.

Di VMworld kali ini, VMware mengumumkan sejumlah kapabilitas baru pada Tanzu Application Platform Beta sebagai bentuk dukungan bagi para pengembang dan operator agar mereka dapat merasakan pengalaman baru secara menyeluruh, dalam hal:

  • Koreografi rantai pasokan: kapabilitas ini berdasarkan pada proyek kartografer sumber terbuka, mendukung operator aplikasi dalam membangun lajur produksi yang sudah disepakati sebelumnya sehingga pengembang bisa mengintegrasikan sumber-sumber Kubernetes dan rantai peranti yang ada.
  • Penyediaan peranti bagi pengembang, termasuk IDE plugins: memungkinkan pengembang berinteraksi dengan platform maupun komponen sumber terbuka yang ada dengan mudah dan efisien, sehingga bisa mengeksekusi tugas-tugas pengembangan penting dan yang sering dijadikan sebagai komitmen bersama.
  • Keamanan intrinsik:  fitur baru untuk signing, pemindaian, dan penyimpanan imaji, sekaligus lajur ke produksinya.
  • Service binding: operator bisa menentukan sendiri seperti apa endpoint dan kredensial dari layanan data tersebut akan diekspos ke workload melalui cara yang lebih ringkas dan dalam Kubernetes-native
  • Pengontrol sumber:  mendukung pengembang aplikasi untuk membuat atau memperbarui workload dari kode sumber setempat.
  • Layanan konvensi: sebuah framework untuk operator platform dalam mengkonfigurasi penerapan kebijakan workload yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya, agar penerapan seluruh workload sesuai dengan praktik terbaiknya.

 

Software yang Tersedia Bebas untuk Mencicipi Pengalaman VMware Tanzu

VMware Tanzu Community Edition terbaru kini tersedia bebas, mudah dalam mendukung pengelolaan platform Kubernetes bagi pengguna yang masih dalam proses belajar. Distribusi software sumber terbuka yang didukung oleh komunitas ini bisa diinstal dan dikonfigurasikan sebelumnya dalam waktu singkat di workstation setempat maupun di cloud yang mereka pilih. Software ini mendukung otomasi penghantara aplikasi secara menyeluruh. Software ini memiliki platform yang lengkap bagi pengembang, operator IT, hingga bagi rekayasawan DevOps.

VMware Tanzu Community Edition memiliki sejumlah kapabilitas bagi pengguna maupun mereka yang baru saja mempelajarinya:

  • Bisa mengeksplorasi Tanzu secara mandiri dengan dukungan software dan layanan yang tersedia bebas. Pengguna bisa mengunduh software sumber terbuka dengan gratis dan tidak ada batasan penggunaan atau fungsional. Dengan ini, mereka bisa memelajari dan berlatih dengan leluasa. Mereka juga akan mendapatkan arahan dari komunitas yang didukung oleh pakar-pakar yang punya pengetahuan mendalam mengenai hal ini.
  • Makin mantab hadapi semua kendala dengan dukungan software yang sama seperti yang digunakan di Tanzu edisi komersial. Software kelas enterprise ini mendukung otomasi dalam penghantara aplikasi secara menyeluruh. Kemampuan, pemahaman dan peranti yang sudah dimiliki bisa dialihkan penggunaannya dengan Tanzu edisi komersial.
  • Penyiapan cepat dan bisa segera dijalankan di workstation lokal atau di lingkungan cloud yang dipilih. Pengguna bisa membangun platform berbasis Kubernetes lengkap dengan cepat sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri dan menjalankannya pada workstation lokal, di vSphere, maupun di public cloud secara ringkas, dengan konfigurasi node tunggal maupun multi klaster.

Dalam kesempatan yang sama, VMware juga mengumukan tersedianya tier bebas untuk Tanzu Mission Control. Tanzu Mission Control merupakan solusi manajemen Kubernetes multi klaster dan multi cloud yang tersedia dalam bentuk layanan SaaS. Pengguna bisa memanfaatkan Tanzu Mission Control Starter untuk melihat bagaimana visibilitas dan kontrol kebijakan diterapkan di klaster Kubernetes, di manapun lokasinya, baik yang ada di premis maupun di public cloud.

Pengguna bisa menggabungkan Tanzu Mission Control Starter dengan Tanzu Community Edition sehingga mereka bisa cepat mulai menjalankan dan mengelola aplikasi-aplikasi terkontainerkan berbasis Kubernetes tanpa dipungut biaya. Dan bagi mereka yang saat ini tengah menggunakan Tanzu namun menjalankan Kubernetes dengan penyedia lain, seperti AKS, GKE, EKS, klaster-klaster yang ada bisa disematkan pada Tanzu Mission Control Starter sehingga mereka bisa mengelola klaster-klaster tersebut secara terpusat.

Load Comments

Gadget

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…

Laptop

October 22, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-b0064TX: Laptop Gaming HP Kelas Atas yg Paling Murah

Belum lama ini kami sudah sempat beberapa kali me-Review sejumlah…
October 21, 2021 - 0

Apa Itu Chromebook? Laptop Unik, Murah, Mudah Digunakan, Feat. Zyrex Chromebook

Memahami keunggulan sebuah produk, terkadang memang membutuhkan pola pikir yang…
October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Spesifikasi Hardware dan Performa merupakan beberapa hal yang dipertimbangkan saat…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Seperti kita sudah ketahui, Intel menetapkan persyaratan yang sangat berat…

Gaming

October 22, 2021 - 0

Resident Evil 4 VR Buang Aksi Intip Rok Ashley

Serahkan urusan kepada Capcom dalam upaya untuk membawa salah satu…
October 22, 2021 - 0

Emulator PS3 – RPCS3 Kini Bisa Booting Semua Game Playstation 3

Progress yang diperlihatkan emulator Playstation 3 – RPCS3 selama beberapa…
October 22, 2021 - 0

PUBG: New State Rilis November 2021

Apakah battle-royale masih jadi genre yang terhitung relevan di industri…
October 22, 2021 - 0

The Dark Pictures: The Devil in Me Mengemuka!

Berdiri di bawah bendera Bandai Namco, Supermassive Games memang langsung…