Tak Cuma Performa Prosesor, Ini Lima Keunggulan Laptop dengan Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45)

Author
Irham
Reading time:
October 7, 2021

Seperti kita ketahui, Laptop generasi terbaru dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) kini sudah banyak tersedia di pasaran termasuk di Indonesia.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

Prosesor dengan teknologi paling canggih dari Intel tersebut memang membawa banyak daya tarik terutama dari sisi performa yang kini jauh ditingkatkan dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi, seperti sudah menjadi tradisi, dalam menghadirkan prosesor terbaru Intel tidak hanya menjadikan performa sebagai nilai jual utamanya

Baca Juga: Intel Core 11th Gen ‘Rocket Lake’ Resmi Rilis, Core i9-11900K Flagship Dihargai pada 539 USD • Jagat Review

Ada banyak hal baru yang dibawa berbarengan dengan hadirnya prosesor Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) yang membuat Laptop yang menggunakannya punya keunggulan tersendiri. Apa sajakah itu? Ini dia daftar lima keunggulan laptop dengan platform Intel Core Generasi ke 11 Tiger lake-H (H45)

Thunderbolt 4

Konektor yang punya kecepatan super kencang ini memang spesial sekali karena dapat meng-Upgrade GPU di Laptop. Yap! Upgrade GPU. Bukan sekedar Upgrade RAM atau Storage.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

Kini pengguna dapat menambahkan Discrete GPU tambahan jika di Laptop mereka ada konektor Thunderbolt dengan menggunakan perangkat External GPU. Jumlah Discrete GPU yang ditambahkan bahkan bisa lebih dari satu buah. Ekstra performa grafis yang ditawarkan oleh External GPU tentunya akan disukai salah satunya oleh mereka yang bergerak dibidang animasi 3D.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (6)

Pada pengujian kami, waktu Rendering paling tidak dapat dipangkas hingga setengahnya dengan menggunakan tambahan satu External GPU. Bayangkan jika ada tambahan dua External GPU lagi yang dipasangkan.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

External GPU juga membuat performa grafis Laptop tetap bisa kekinian meskipun performa Discrete GPU di dalam laptop, yang mungkin diwaktu mendatang sudah ketinggalan. Konektor Thunderbolt 4 juga telah memenuhi standar spesifikasi USB4 yang seharusnya akan mulai populer dalam beberapa tahun ke depan.

Simak Juga: Video – Review Intel Core Gen-11 H45 “Tiger Lake” di Laptop ASUS ROG Zephyrus S17 GX703HS • Jagat Review

Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) yang kami jumpai rata-rata sudah dilengkapi konektor Thunderbolt 4 paling tidak satu buah. Yang dilengkapi dua buah juga ada

SSD PCI Express Gen 4

Sekencang-kencangnya Laptop, Data yang diolah tetap akan diambil dari Storage. Kalau Storage-nya lamban maka performa keseluruhan sistem akan ikut terpengaruh.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 15

Prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) telah dilengkapi teknologi PCI Express Gen 4 yang menawarkan Bandwidth hingga dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Ini berarti Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) dapat menggunakan SSD PCI Express Gen 4 yang super kencang. Kecepatannya jangan ditanya lagi. Hampir dua kali lipat SSD PCI Express Gen 3 atau sekitar 6000-7000 MB/s.

RAID 0

Prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) kini menawarkan konfigurasi RAID 0 yang terhubung langsung ke prosesor melalui jalur PCI Express Gen 4. Tentunya saat dua SSD PCI Express Gen 4 di RAID 0, kecepatannya akan melambung lebih tinggi lagi.

Raid 0

Kami pernah menjumpai kecepatan SSD lebih dari 12000 MB/s di Laptop yang menggunakan konfigurasi RAID 0. Dengan kecepatan setinggi itu, tentunya Laptop yang telah menggunakan konfigurasi RAID 0 siap untuk standar kecepatan SSD yang lebih tinggi lagi di masa depan.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 19

Memang tidak semua Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) akan langsung dilengkapi konfigurasi RAID 0. Bisa jadi karena tidak ada slot M.2 kedua atau slot M.2 kedua kecepatannya tidak sama dengan slot M.2 utama. Atau jikalau mendukung, pengguna perlu menambahkan SSD M.2 kedua dan mengaktifkan sendiri konfigurasi RAID 0-nya

Wi-Fi 6

Perlahan tapi pasti konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax akan mulai menggeser keberadaan Wi-Fi 5/Wi-Fi ac. Terlebih Smartphone modern mulai banyak yang menyediakan dukungan konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax yang bukan tidak mungkin akan mulai diikuti oleh Laptop.

WiFi 6E

Dibandingkan pendahulunya, konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax menawarkan kecepatan lebih tinggi dan tingkat Latency lebih rendah. Ini berarti Transfer Data ukuran besar dengan cepat tidak harus menggunakan kabel.

Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) rata-rata sudah dilengkapi konektivitas Wi-Fi 6 atau bahkan Wi-Fi 6E yang lebih canggih lagi. Belum lagi modul untuk konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax juga datang dengan standar Bluetooth V5.2 yang paling canggih saat ini.

Dukungan AV1 Codec

Integrated Graphics di prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) telah mendukung akselerasi secara Hardware untuk Video Codec AV1.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (26)

Video Codec AV1 kini mulai populer digunakan seperti di layanan Video Streaming Youtube, aplikasi Video Confrencing Cisco Webex, bahkan di aplikasi Video Editor DaVinci Resolve. Di masa depan bukan tidak mungkin Video Codec AV1 akan semakin populer digunakan di aplikasi-aplikasi ternama.

Kami sendiri pernah membandingkan jika Video AV1 di Youtube punya ukuran lebih kecil dibandingkan Video VP9 yang juga ada di Youtube. Dengan ukuran lebih kecil Video AV1 akan lebih hemat Bandwith dan tidak memakan banyak kuota.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (26)

Video dengan Codec AV1 memang bisa saja ditangani oleh prosesor atau Discrete GPU tetapi itu akan memakan Resource besar yang bisa menghabiskan baterai dengan cepat saat Laptop tidak menggunakan Charger. Tentunya penggunaan Integrated Graphics akan membuat penggunaan Resource jauh lebih kecil.

Kesimpulan

Tentu saja, produsen laptop bisa memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan fitur-fitur yang kami bahas kali ini. Akan tetapi, kami sudah menemukan banyak yang menggunakan sebagian atau bahkan semuanya. Setidaknya, untuk WiFi6 dan kemampuan AV1 seharusnya sudah tersedia.

Sementara itu, untuk thunderbolt 4, kami masih melihat ada beberapa laptop dengan prosesor Intel H45 yang tidak menggunakannya. Tapi sudah kian banyak yang memakainya, bahkan ada yang menggunakan hingga 2 port.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (3)

Untuk SSD PCI Express Gen 4, juga sama. Kami sudah melihat banyak laptop gaming kelas menengah atas dengan Intel H45 yang menggunakannya. Akan tetapi, mungkin dengan alasan harga, masiha da juga yang menggunakan SSD dengan kecepatan di kisaran 3000an GB/s.

Kemampuan RAID0 menggunakan 2 atau lebih SSD PCI Express Gen 4 mungkin agak sulit ditemukan. Akan tetapi, di laptop gaming kelas atas, sudah ada beberapa yang kami temui di pasaran Indonesia.

Pada akhirnya, Intel Core Generasi ke-11 “Tiger Lake-H” atau Intel H45 ini memang hadir tidak sebagai peningkatan performa prosesor saja. Akan tetapi, kami melihatnya sebagai peningkatan kemampuan platform secara menyeluruh.

Ini adalah hal yang menarik. Karena, yang membeli laptop berperforma tinggi, pada umumnya bertujuan untuk memakainya untuk jangka waktu panjang. 3-4 tahun, atau bahkan lebih. Seiring dengan waktu, konektivitas, dukungan codec, dan kecepatan storage tentu akan meningkat. Sementara, laptop yang menggunakan fitur-fitur ekstra yang kita bahas tadi, akan terasa tetap up to date dalam jangka waktu yang cukup lama.

Simak video 5 keunggulan Keunggulan Laptop dengan Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) berikut ini.

Load Comments

Gadget

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…

Laptop

October 22, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-b0064TX: Laptop Gaming HP Kelas Atas yg Paling Murah

Belum lama ini kami sudah sempat beberapa kali me-Review sejumlah…
October 21, 2021 - 0

Apa Itu Chromebook? Laptop Unik, Murah, Mudah Digunakan, Feat. Zyrex Chromebook

Memahami keunggulan sebuah produk, terkadang memang membutuhkan pola pikir yang…
October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Spesifikasi Hardware dan Performa merupakan beberapa hal yang dipertimbangkan saat…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Seperti kita sudah ketahui, Intel menetapkan persyaratan yang sangat berat…

Gaming

October 22, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Grand Theft Auto The Trilogy: The Definitive Edition

Abaikan sementara nama super panjang lebar yang entah mengapa, dirasa…
October 22, 2021 - 0

Resident Evil 4 VR Buang Aksi Intip Rok Ashley

Serahkan urusan kepada Capcom dalam upaya untuk membawa salah satu…
October 22, 2021 - 0

Emulator PS3 – RPCS3 Kini Bisa Booting Semua Game Playstation 3

Progress yang diperlihatkan emulator Playstation 3 – RPCS3 selama beberapa…
October 22, 2021 - 0

PUBG: New State Rilis November 2021

Apakah battle-royale masih jadi genre yang terhitung relevan di industri…